Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 6 Cara Menghemat BBM Dalam Kehidupan Sehari-Hari
cara menghemat BBM
Otomotif

6 Cara Menghemat BBM Dalam Kehidupan Sehari-Hari

  • 12 Dec, 2021 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Apakah Pins pernah heran kenapa BBM kendaraan lebih cepat habis? Padahal mungkin intensitas kendaraan dipakai tidak sering, atau kendaraan yang digunakan bukan mobil bekas. Lantas, bagaimana cara menghemat BBM?

Bagi pemilik kendaraan, anggaran bahan bakar bisa lumayan menguras kantong. Terlebih lagi, jika Pins sebagai pemilik kendaraan tak tahu menahu soal penggunaan BBM yang benar.  

Baca Juga:

Cara Menghemat BBM Kendaraan

Berikut adalah beberapa alasan kenapa BBM kendaraan bisa cepat habis. Sekaligus ada cara menghemat energi yang berupa BBM khusus untuk Pins di rumah.

Perhatikan Beban Kendaraan

(Unsplash)

Entah itu motor atau mobil, Pins harus selalu memperhatikan bebannya. Ketika kendaraan menghadapi beban terlalu besar, ini bisa berpengaruh pada konsumsi BBM.

Ada beberapa contoh kasus yang bisa Pins pahami. Misalnya, pada saat roda berputar permukaan ban mobil yang menapak jalan akan menopang berat kendaraan. Jika tekanan angin ban kurang, ini bisa membuat tahanan gulir ban meningkat. Akibatnya, BBM jadi boros.

Selain itu, filter udara pada mobil bisa menguras bahan bakar kendaraan. Pasalnya, filter yang kotor menyebabkan mesin bekerja lebih berat untuk menyediakan udara bersih.

Di sisi lain, kendaraan yang mengangkut beban berat bisa menyebabkan konsumsi BBM jadi lebih boros. Terlebih lagi, menyalakan AC mobil saat tidak berjalan bisa memicu penggunaan BBM berlebih.

Ini karena AC nyala pertama membutuhkan tenaga mesin yang lumayan besar. Jadi, pastikan kamu menyalakan AC dengan benar dan saat diperlukan saja.  

Baca Juga:

Hindari Rute Padat Kendaraan (Macet)

cara menghemat BBM
(Unsplash)

Kemacetan bisa jadi pemicu utama kendaraan boros BBM. Ini karena saat macet, Pins akan sering menginjak rem.

Maka dari itu, cara menghemat energi yang berupa BBM bisa Pins lakukan dengan menghindari rute yang macet. Manfaatkan saja Google Maps dan Waze untuk melihat rute mana yang lebih longgar.

Jika ada opsi tol, tidak ada salahnya untuk Pins pertimbangkan. Meski harus membayar untuk lewat tol, ini lebih baik daripada BBM boros kan? Saat lewat tol Pins juga bisa lebih cepat sampai. Jadi, efektif dan efisien.

Jangan Biasakan Isi BBM saat Benar-benar Habis

(Unsplash)

Kapan Pins mengisi BBM? Apakah saat indikator BBM di kendaraan menunjukkan tanda merah? Atau saat kendaraan berhenti tiba-tiba karena habis bahan bakar?

Jika kedua hal di atas menjadi kebiasaan, mulai sekarang tinggalkan.

Ternyata kebiasaan mengisi BBM saat kondisinya sudah habis bisa memicu pemborosan.

Ini karena adanya udara yang masuk ke dalam tangki kosong. BBM menguap lebih cepat sehingga tanpa pemakaian pun mungkin bisa mengurangi jumlah meski tidak signifikan.

Pins bisa menerapkan cara menghemat energi yang berupa bbm dengan isi BBM saat masih sisa setengah tangki.  Dengan begini, Pins bisa menghindari semakin banyaknya udara yang masuk ke tangki.

Baca Juga:

Usahakan Speed Kendaraan Stabil

cara menghemat BBM
(Unsplash)

Siapa yang hobi kebut-kebutan di jalan?

Jika Pins ingin menghemat BBM, buang jauh-jauh kebiasaan ini. Saat laju kendaraan tidak stabil, ini bisa memicu pemborosan pada bahan bakar. Ketidakstabilan ini khususnya terjadi saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, ya.

Akan lebih baik jika Pins menyesuaikan laju kendaraan dengan kondisi lingkungan sekitar. Jangan melaju lalu melambat tanpa alasan. Saat speed stabil, mesin juga tidak akan bekerja terlalu berat. 

Tak hanya mengenai cara menghemat BBM saja, mengusahakan speed kendaraan stabil juga punya manfaat lain yakni safety

Baca Juga:

Hindari Sinar Matahari Langsung

(Unsplash)

Sinar matahari yang mengenai kendaraan secara langsung bisa membuat BBM cepat habis. Ini karena BBM termasuk cairan yang cukup mudah menguap.

Tapi lokasi bahan bakar terdapat dalam tangki, kan? Bagaimana cara menguapnya?

Pins harus ingat, kendaraan dibuat dari material apa. Material ini lumayan bagus untuk menyerap panas. Jadi, meski posisi BBM ada di dalam namun panas akan tetap menyebar.

Inilah yang memicu penguapan.

Untuk itu, Pins bisa memulai cara menghemat energi yang berupa bbm dengan memperhatikan lokasi parkir. Jika tak ada area parkir yang tertutup, Pins bisa memarkir di bawah pohon. Atau mungkin bawa sendiri penutup mobil dari rumah. Lebih aman, kan?

Baca Juga:

Jangan Abaikan Pemeliharaan Kendaraan

cara menghemat BBM
(Unsplash)

Cara menghemat energi yang berupa BBM terakhir adalah dengan pemeliharaan kendaraan. Tak hanya asal merawat dan memelihara saja. Pins harus rajin mengecek kondisi mesin, roda, dan komponen kendaraan lain.

Saat kondisi kendaraan prima, maka mesin bisa bekerja lebih efektif, efisien, dan prima.

Jika tak yakin dengan kemampuan diri sendiri, Pins selalu bisa memanfaatkan jasa profesional. Bawa saja ke bengkel resmi atau swasta yang berkualitas agar kendaraan ditangani dengan lebih baik.

Hindari juga untuk asal mengganti komponen kendaraan. Ini bisa membuat kinerja kendaraan terganggu, khususnya jika komponen yang terpasang tidak cocok dengan spesifikasi yang sebenarnya. 

Terlepas dari kondisi finansial Pins saat ini, menghemat bahan bakar bukanlah ide yang buruk, kan?

Selain bisa menekan anggaran BBM, Pins juga bisa mengalokasikan dana penghematan tadi ke pos lain. Mungkin bisa untuk tambahan investasi atau asuransi?Yuk, lebih bijak dalam hidup dengan berbagai cara menghemat BBM di atas.

Baca Juga:

Featured Image Source: Unsplash

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.