Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 7 Cara Mengendarai Motor kopling Untuk Pemula
Otomotif

7 Cara Mengendarai Motor kopling Untuk Pemula

  • 29 Nov, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Cara mengendarai motor kopling memang berbeda dengan jenis matic ataupun bebek. Perlu adanya keseimbangan antara tangan dan kaki saat berkendara. Pengendara juga perlu sigap dan tidak panik agar motor dapat dikontrol dengan baik.

Kopling adalah komponen yang berfungsi menghubungkan mesin dengan transmisi. Berkat kopling inilah tenaga di mesin transmisi bisa diputuskan atau disambung ketika berpindah gigi.

Cara Mengendarai Motor Kopling Dengan Benar

cara mengendarai motor kopling di jalan
Pexels

Dalam memahami cara mengendarai motor kopling ada baiknya sebelum belajar persiapkan perlengkapan keselamatan dan keamanan terlebih dulu. Seperti jaket, helm, pelindung kaki dan tangan serta baru ikuti langkah dibawah ini!

Cek Komponen Motor

Lakukan pemeriksaan komponen motor kopling sebelum digunakan. Pastikan bahwa gigi motor berada di posisi netral. Tujuannya agar motor tidak sulit untuk distarter ketika Pins memasukan gigi.

Kenali komponen mesin mulai dari tuas kopling, pedal transmisi hingga kondisi ban motor. Sebaiknya periksa motor di tanah yang datar untuk mempermudah pemeriksaan mesin.

Pahami Dulu Sistem Kerja Kopling

Pahami bagaimana sistem kerja motor kopling khususnya bagi pemula. Tuas kopling terletak di sebelah kiri stang motor. Sementara bagian rem terletak di sebelah kanan dan kopling berfungsi untuk memindahkan transmisi gigi.

Saat pedal kopling ditekan secara penuh maka lempeng kopling akan tertahan oleh kampas rem sampai berhenti. Pada posisi inilah bisa memindahkan gigi transmisi.

Nyalakan Mesin

Setelah mengetahui cara kerja kopling kini saatnya menyalakan mesin. Biarkan mesin menyala hingga suara mesin terdengar lebih halus. Pastikan dalam kondisi ini gigi berada di posisi netral.

Untuk melihat posisi netral bisa mengecek panel speedometer. Gigi netral akan ditandai dengan lampu berwarna hijau. Kemudian tarik tuas kopling lalu tahan  dan masukan gigi 1 sambil menahan kopling.

Lepas Kopling Perlahan

Saat melepaskan kopling harus dengan halus dan perlahan-lahan. Rasakan tenaga motor terasa bergerak. Proses ini sangat penting sebab jika terlalu cepat akan muncul hentakan dan akhirnya mesin mati. Semakin besar hentakannya maka mempengaruhi kapasitas mesin motor.

Engine Brake

Keunggulan dari motor kopling adalah sistem kerja engine brake yang dimilikinya. Ketika motor melaju kemudian perlahan berhenti terjadi pengereman oleh mesin. Sistem ini sangat membantu ketika motor melaju dalam kecepatan tinggi.

Engine brake yang dilakukan saat menekan kopling bisa membuat laju motor blong. Biasakan untuk tidak menekan pedal kopling saat ingin berhenti atau ketika kecepatan rendah kecuali saat perpindahan gigi.

Perpindahan Gigi

Untuk melakukan perpindahan gigi transmisi tarik dulu tuas kopling kemudian naikan pedal transmisi. Dalam perpindahan gigi transmisi motor matik akan melakukannya secara manual sehingga perlu kehati-hatian dalam menarik tuas.

Saat Pins menarik terlalu lemah maka gigi transmisi akan kembali ke posisi netral. Untuk membuat gigi transmisi berpindah ke posisi gigi lebih tinggi berikan tarikan dengan tenaga yang cukup.

Cocokan Kecepatan Dengan Tuas Kopling

Cocokan gigi dengan kecepatan motor saat berkendara. Misalnya saat memiliki kecepatan di bawah 20 km/jam sebaiknya gunakan gigi transmisi pada posisi dua. Apabila kecepatan melajunya 40 km/jam maka posisikan pada gigi tiga.

Jika motor melaju dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam maka gunakan gigi transmisi posisi empat. Gigi lima dan enam untuk kecepatan menengah ke atas. Untuk menurunkan gigi cukup tarik kopling dan tekan pedal ke bagian depan.

Baca juga:

Cara Mengendarai Motor Kopling Saat Tanjakan

cara mengendarai motor kopling di tanjakan
Pexels

Pada medan tertentu seperti tanjakan memerlukan skill berkendara yang mumpuni. Begitu pula saat Pins mengendarai motor kopling sebaiknya ikuti langkah ini ketika menemui tanjakan.

  • Jaga kecepatan agar tidak turun agar mampu menaiki tanjakan. Hindari memasuki persneling lebih dari gigi tiga. Tujuannya agar tenaga motor kuat untuk menanjak
  • Saat kecepatan melambat maka segera turunkan persneling ke gigi dua. Motor akan meraung namun daya dorongnya bisa lebih optimal
  • Apabila dirasa tidak kuat menanjak maka segera oper ke gigi satu. Jangan sampai salah oper ke gigi netral karena bisa mengakibatkan motor mundur
  • Jika sudah sampai di ujung tanjakan bisa naikan gigi dan sesuaikan dengan kecepatan berkendara

Baca juga:

Cara Mengendarai Motor Kopling Saat Turunan

cara mengendarai motor kopling di turunan
Pexels

Selain tanjakan, medan turunan juga cukup menantang ketika berkendara dengan motor kopling. Saat turunan gigi transmisi pada posisi tinggi akan mendorong motor melaju lebih cepat.

Apabila ingin mengurangi kecepatan sebaiknya kurangi gigi sebelumnya. Gunakan saja gigi tiga saat turunan dan engine brake untuk pengereman. Waspada saat melaju di turunan apalagi jika ada gang sebab potensi keluar masuk kendaraan dari samping besar.

Tips Berkendara Dengan Motor Kopling

Ketika berkendara dengan motor kopling pahami bagaimana cara memakai rem dengan benar. Gunakan rem kaki daripada rem tangan agar motor tidak berjalan mundur.

Pastikan gigi dalam kondisi netral saat Pins memakai motor kopling. Selain itu jangan lepas kopling mendadak agar motor tidak meloncat. Lepaskan kopling perlahan-lahan kemudian sesuaikan gigi dengan kecepatan motor.

Selain memahami cara mengendarai motor kopling diatas, gunakan pula perlengkapan keselamatan dan keamanan. Dengan begitu resiko  kecelakaan di jalan bisa dihindari.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.