Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 6 Cara Mencuci Masker Kain yang Benar, Waspada Virus!
cara mencuci masker kain
Kebersihan Rumah

6 Cara Mencuci Masker Kain yang Benar, Waspada Virus!

  • 14 Mar, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 6 menit membaca

Melapisi masker medis dengan masker kain memang direkomendasikan untuk mencegah penyebaran COVID-19, terutama di tempat ramai. Mengingat masker kain bisa dipakai berulang kali, ada cara mencuci masker kain yang benar agar terbebas dari virus.

Ini karena banyak ahli yang menyarankan untuk segera mencuci masker kain begitu selesai dipakai. Cara membersihkan masker kain cukup mudah. Pins hanya perlu mengikuti panduan ini demi mendapatkan masker yang bersih dari kotoran. 

Cara Mencuci Masker Kain

Cara mencuci masker kain memang terdengar sangat sepele. Namun, mengingat fungsi maksker kain yang sangat penting untuk mencegah penularan Covid 19, tentu ada cara khusus untuk membersihkannya.

Bagaimana cara mencuci masker kain yang baik dan benar? Simak panduannya di bawah ini!

Siapkan Alat yang Diperlukan

(Pexels)

Pada dasarnya cara mencuci masker kain yang benar sama dengan mencuci kain lain pada umumnya. Jadi, mencuci dengan tangan menjadi solusi terbaik agar kuman dan virus terlepas dari masker kain, Pins. 

Sebelum mulai mencuci, Pins tentu perlu menyiapkan peralatan yang diperlukan, seperti:

  • Ember atau baskom besar. 
  • Air hangat. 
  • Deterjen, sabun cuci piring, atau sabun tangan. 
  • Handuk bersih. 

Rendam dengan Air Hangat

Bila peralatan sudah siap, Pins bisa mulai menerapkan cara membersihkan masker kain yang benar. Pertama, isi baskom setidaknya 50 – 60 mililiter (ml) air hangat dan tambahkan beberapa tetes deterjen cair ke dalamnya, aduk hingga berbusa. 

Jika baskom sudah tampak banyak gelembung sabun di dalamnya, Pins tidak perlu menambahkan deterjen lagi, ya. Terlalu banyak deterjen justru menyulitkan Pins mencuci masker kain dengan benar.

Cuci Masker dalam Air

(Pexels)

Cara mencuci masker kain selanjutnya yaitu masukkan masker kain ke dalam baskom tersebut dan rendam hingga basah secara keseluruhan. Bila masker kain kamu memiliki filter yang bisa dilepas, keluarkan filternya dan masukkan ke baskom. 

Jika perlu, rendam masker selama 10 – 15 menit. Setelah itu, kucek masker di dalam air dengan lembut. Pastikan air sabun menyerap ke dalam kain ya, Pins. Kucek selama 30 detik dan diamkan masker di dalam masker selama beberapa menit. 

Baca juga: Cara Mencuci Bantal Dacron Hingga Bersih Tanpa Bau Apek

Bilas dengan Air Dingin

(Pexels)

Bila sudah direndam selama beberapa menit, ambil masker kain dan peras untuk menghilangkan kelebihan air. Selanjutnya, bilas masker dengan air dingin yang mengalir sambil dikucek dengan lembut. 

Dengan begitu, cara ini membantu membersihkan sisa sabun pada masker kain sehingga terbebas dari kotoran dan virus yang menempel. 

Keringkan Masker

Jika sudah selesai dibilas, peras masker kain untuk menghilangkan sisa air sekuat yang Pins bisa. Masker kain memang tetap akan terasa lembap dan kusut sehingga cara mencuci masker kain selanjutnya penting untuk Pins ikuti, lho

Pins bisa bentuk masker kain kembali seperti asalnya dengan menghaluskan kerutan pada bagian depan maupun belakang. Semakin halus masker terasa, tentu akan semakin baik. Pasalnya, ini membantu masker terlihat baik saat sudah kering. 

Pins juga perlu melakukan hal yang sama pada filter masker. Bilas sudah, letakkan masker kain dan filternya di atas handuk kering, diamkan hingga benar-benar kering. 

Setrika Masker Kain

(Pexels)

Bila sudah kering, Pins sebenarnya bisa langsung menggunakan masker kain atau menyimpannya di dalam lemari. Namun, kamu bisa menyetrika masker kain untuk perlindungan ekstra. 

Begini, suhu panas dari setrika membantu membunuh kuman, bakteri, atau virus yang mungkin masih menempel. Setela disetrika, masker kain mungkin akan terasa panas tetapi sudah jauh lebih bersih dibandingkan tanpa disetrika. 

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Setrika yang Lengket dengan Simpel

Cara Mencuci Masker Kain dengan Mesin Cuci

(Pexels)

Walaupun cara mencuci masker kain dengan tangan lebih bersih, bukan berarti Pins tidak bisa menggunakan mesin cuci, ya. 

Hanya saja, satu atau dua masker makin mungkin tidak dapat dicuci langsung di dalam mesin cuci. Pins bisa mencampurkan masker kain ke dalam cucian kotor biasa kamu. 

Setelah itu, kamu bisa menggunakan deterjen cucian biasa dan pengaturan yang sesuai dengan label kain. Dengan teknologi canggih, Pins hanya tinggal menunggu masker bersih tanpa perlu menguceknya, deh

Bila mesin cuci sudah selesai membersihkan masker kain dan cucian kamu lainnya, keringkan di mesin pengering. Jangan lupa atur fitur pengering sesuai dengan anjuran setiap jenis kain ya, Pins. 

Bagaimana, mudah bukan cara membersihkan masker kain dengan mesin cuci? Pins tidak perlu repot-repot mengucek dan mengeringkan masker agar bisa dipakai kembali. 

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih Terampuh

Cara Menyimpan Masker Kain

(Pexels)

Cara mencuci masker kain memang penting agar Pins terbebas dari virus dan kuman yang mungkin menempel. Namun, menyimpan jenis masker yang bisa dipakai kembali ternyata tidak kalah penting, baik dalam keadaan kotor maupun bersih. 

Simpan Masker Kotor di Kantong Plastik

Jika masker Pins basah atau kotor akibat keringat, air liur, atau zat lainnya, simpan di dalam kantong plastik yang tertutup rapat. 

Setelah itu, Pins bisa menerapkan cara mencuci masker kain sesegera mungkin agar tidak berjamur. Penggunaan masker yang lembap tidak dianjurkan karena menyebabkan Pins sulit bernapas dan kurang efektif dibandingkan masker kering. 

Masukkan Masker Bersih di Kantong Kertas

Faktanya, Pins bisa menyimpan masker kain sementara waktu untuk digunakan kembali nanti. Cobalah melepaskan masker dengan benar dan cuci tangan setelah menyentuh masker bakeas. 

Setelah itu, simpan di dalam kantong kertas yang kering agar tetap bersih meski sudah digunakan. Bila ingin digunakan kembali, pertahankan sisi yang sama menghadap keluar. 

Tips ini sebenarnya hanya berlaku bila masker yang disimpan tidak basah atau terlalu kotor. Sebagai contoh, Pins bisa melepas masker dan menyimpannya ketika makan atau minum di luar rumah. 

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan Pins, baik setelah melepas atau menggunakan kembali masker kamu, ya!

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Editor: Syahya R