Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 10 Tips dan Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi
10 Tips dan Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi
Kebersihan Rumah

10 Tips dan Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi

  • 15 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Memiliki rumah kecil punya kelebihan tersendiri karena tidak terlalu repot saat membersihkannya. Namun, lain soal kalau sudah berurusan dengan cara menata rumah kecil biar rapi, apalagi kalau barangnya banyak.

Menata banyak barang di ruang yang terbatas menjadi tantangan tersendiri, tetapi tidak mustahil untuk dilakukan. Kami punya beberapa tips yang akan membuat pekerjaan menata barang menjadi efisien tanpa memakan banyak tempat.

Yuk, simak tips cara menata rumah kecil biar rapi berikut ini.

Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi

Ajak Keluarga Rutin Membersihkan Rumah

Tak peduli rumah besar maupun kecil, rumah yang kotor dan berantakan tidak enak dipandang. Itu sebabnya, luangkan waktu untuk membersihkan rumah secara rutin.

Selain membuat rumah lebih bersih, mencicil bersih-bersih setiap hari membuat pekerjaan lebih ringan. Agar tidak terasa berat, kamu bisa membagi pekerjaan membersihkan rumah dengan anggota keluarga lain.

Tidak ada salahnya membuat jadwal piket untuk setiap anggota keluarga. Bagaimanapun, membersihkan rumah adalah keterampilan mendasar, bukan pekerjaan kaum perempuan saja.

Singkirkan Perabotan Yang Tidak Terpakai

Terkadang kita menyimpan benda-benda yang sebetulnya jarang sekali terpakai, atau bahkan sudah tidak terpakai lagi. Padahal, adanya benda-benda ini memakan tempat lho.

Akibatnya, ruang penyimpanan untuk benda lain menjadi berkurang dan rumah pun jadi tampak sumpek.

Solusinya, jual atau sumbangkan saja barang yang sudah tidak terpakai. Sebaiknya tidak langsung membuang barang begitu saja karena hanya akan menjadi sampah yang mengotori lingkungan.

Baca Juga: 10 Jenis Limbah Rumah Tangga dan Cara Mengelolanya yang Tepat

Pilih Furnitur Multifungsi

Selanjutnya, cara menata rumah kecil biar rapi adalah dengan memanfaatkan furnitur multifungsi. Ini akan sangat menghemat tempat karena satu furnitur memiliki beragam fungsi.

Sebagai contoh, gunakan sofabed untuk ruang keluarga. Seperti namanya, sofabed adalah sofa yang bisa difungsikan sebagai tempat tidur.

Furnitur satu ini bisa difungsikan sebagai tempat duduk biasa di ruang keluarga. Nah, ketika ada kerabat yang berkunjung dan menginap, sofa ini bisa disulap menjadi tempat tidur yang nyaman.

Contoh lainnya yaitu dipan yang di bawahnya terdapat laci. Jadi, kamu bisa memanfaatkan laci di bawah dipan sebagai ruang penyimpanan tambahan.

Gunakan Furnitur Yang Bisa Dilipat

Rumah kecil sebetulnya tidak membutuhkan banyak furnitur, apalagi untuk keluarga kecil. Sebagai contoh, meja makan hanya perlu yang kecil saja.

Hanya saja, terkadang ada kerabat yang berkunjung ke rumah, jadi kamu perlu ruang ekstra di meja makan. Nah, meja makan yang bisa dilipat bisa jadi solusi untuk masalah ini.

Untuk keseharian, meja makan bisa dilipat tepinya sehingga menjadi ringkas dan tidak makan tempat. Saat ada tamu, kamu bisa melebarkan daun meja untuk makan bersama keluarga.

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

Tata Furnitur Dengan Tepat

Salah satu penyebab rumah jadi sumpek adalah pemilihan dan penataan furnitur yang tidak tepat. Contohnya, meletakkan tempat tidur sebaiknya berjauhan dengan pintu untuk menciptakan kesan kamar yang lapang.

Pemilihan furnitur juga harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Untuk ruang tamu kecil, tidak perlu membeli satu set sofa lengkap. Agar penataan rapi dan ruang tampak luas, kamu bisa memadukan couch dengan stools kekinian.

Baca Juga: Prinsip Kerja Motor Listrik yang Paling Utama

Simpan Barang Pada Tempatnya

Yang tak boleh dilewatkan untuk menjaga rumah tetap rapi adalah selalu menyimpan barang pada tempatnya. Mungkin terdengar sepele, tetapi benda yang tergeletak begitu saja bisa membuat rumah terkesan berantakan.

Sebagai contoh, setelah membaca buku, kembalikan ke rak semula. Jika membaca majalah atau koran di ruang tamu, kamu bisa menyimpannya di ruang penyimpanan pada meja tamu.

Benda lainnya yang kerap tergeletak begitu saja adalah kunci, entah kunci rumah atau kunci kendaraan. Makanya, ada baiknya kamu memiliki tempat penyimpanan kunci, seperti mangkuk atau gantungan.

Selain membuat rumah tampak rapi, nantinya kamu juga tidak akan kelimpungan mencari kunci ketika akan dipakai.

Baca Juga: Ini Dia Cara Merapikan Tempat Tidur dengan Cepat dan Mudah

Gunakan Penyimpanan Vertikal

Ruang vertikal adalah kunci cara menata rumah kecil biar rapi tanpa memakan banyak tempat. Contohnya adalah rak susun dan lemari yang tinggi.

Tidak tanggung-tanggung, kamu bisa maksimalkan ruang vertikal dengan membuat rak kustom setinggi langit-langit. Dengan begitu, kamu bisa memiliki ruang penyimpanan ekstra untuk barang-barang yang ada di rumah.

Selain lebih hemat tempat, penyimpanan dengan rak juga bisa lebih terorganisir. Teknik penataan semacam ini bisa kamu aplikasikan di mana saja. Mulai dari rak buku, rak bahan makanan, hingga perlengkapan kamar mandi bisa ditata rapi di rak vertikal.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Mobil Second di Bawah 100 Juta

Manfaatkan Ruang Tersembunyi untuk Menyimpan Barang

Selain menggunakan ruang penyimpanan vertikal, kamu bisa menyimpan barang-barang di tempat tersembunyi. Contohnya seperti yang disebutkan tadi, ruang di kolong tempat tidur bisa jadi tempat penyimpanan dengan menambahkan laci.

Contoh lainnya, ruang di bawah tangga sering kali dibiarkan begitu saja padahal bisa dimanfaatkan untuk ruang penyimpanan. Kamu bisa membuat lemari atau rak kustom di bawah tangga untuk menyimpan buku maupun barang lainnya.

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan Jilbab di Lemari Agar Tetap Rapi

Pasang Cermin Untuk Memberi Kesan Ruangan Tampak Luas

Selain menata rumah agar tampak rapi, kamu bisa lho menciptakan kesan luas dengan menambahkan cermin. Kamu bisa memasang cermin pada permukaan dinding agar ruangan tampak seolah berukuran dua kali lipat.

Tambahkan juga lampu di langit-langit sebagai penerangan.

Baca Juga: Yuk Intip Interior Innova Reborn Type V

Beli Barang Seperlunya

Jika mengikuti keinginan, barang-barang kita akan terus-menerus bertambah tiada habisnya. Nah, ini akan jadi masalah baru kalau ruang penyimpanan di rumahmu sudah penuh.

Maka, bijaklah ketika akan membeli barang baru. Pastikan kamu betul-betul membutuhkan barang tersebut.

Yang tak kalah penting, pastikan kamu punya ruang untuk menyimpan barang tersebut di rumah. Jangan membeli baju baru kalau lemari sudah penuh. Jangan membeli mobil kalau belum punya garasi.

Itulah beberapa tips cara menata rumah kecil biar rapi yang bisa kamu terapkan. Semoga menginspirasi!

Baca Juga: 11 Cara Merapikan Kabel TV di Dinding Agar Tidak Berantakan


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.