Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 6 Cara Memilih Subwoofer Mobil yang Bagus
cara-memilih-subwoofer-mobil-yang-bagus
Otomotif

6 Cara Memilih Subwoofer Mobil yang Bagus

  • 14 Jun, 2022 oleh Aileen Velishya
  • 5 menit membaca

Jika dilihat sekilas subwoofer dan speaker pada mobil memang sangat mirip. Namun ternyata fungsi keduanya berbeda lho! Speaker adalah media yang digunakan untuk menyalurkan suara dari daya listrik. Sementara subwoofer adalah sistem speaker bass yang dihasilkan dari frekuensi yang lebih rendah. Fungsi utama subwoofer adalah memproduksi suara mulai dari 10 Hz – 200 Hz. Sudah tahu cara memilih subwoofer mobil yang bagus?

Subwoofer akan membantu memperluas respon bass dalam menangkap suara dari musik yang diputar pada mobil. Umumnya speaker pada mobil akan mulai berhenti pada kekuatan 50 Hz. Dalam memilih subwoofer ini, kamu tidak bisa sembarangan lho! Pins harus memilihnya dengan selektif supaya mendapatkan subwoofer dengan kualitas terbaik. Jika Pins ingin memilih subwoofer, perhatikan 6 cara memilih subwoofer mobil yang bagus ini yuk!

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa subwoofer yang ada pada audio mobil akan membuat suara bass dari suara musik yang diputar lebih terdengar. Dengan adanya subwoofer bisa menurunkan distorsi dan mengurangi kebutuhan akustik pada speaker mobil. Selain itu subwoofer juga biasa digunakan untuk membuat respon spektrum penuh pada audio speaker.

Cara memilih subwoofer mobil yang bagus? Memilih subwoofer yang bagus memang cukup mudah dilakukan. Kamu bisa menikmati kualitas audio yang baik dan nyaman didengar bagi semua jenis musik dengan subwoofer berkualitas baik. Berikut ini 6 cara mudah memilih subwoofer.

Kenali Spesifikasi Subwoofer

(Pixabay)

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam memilih subwoofer adalah memahami spesifikasi dari subwoofer itu sendiri. Banyak sekali jenis dan merk subwoofer di pasaran, jadi penting untuk kamu mengenali setiap subwoofer yang masuk ke dalam daftar pilihan. Pastikan untuk memilih subwoofer yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Terlebih jangan sampai memilih subwoofer yang tidak sesuai dengan output amplifier di mobil Pins ya!

Umumnya jika kamu memerlukan daya yang lebih besar, Pins harus membeli juga peralatan tambahan. Selain itu kamu juga harus memeriksa tipe box, sensitivitas dan rentang frekuensi. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan pembelian. Jadi pastikan kamu benar-benar memahami setiap subwoofer yang akan masuk ke dalam daftar pilihan kamu.

Baca Juga:

Tentukan Jenis Subwoofer

(Freepik)

Hal kedua yang perlu kamu lakukan dalam mengikuti cara memilih subwoofer adalah menentukan jenisnya. Pemilihan subwoofer ini harus sesuai dengan selera pendengarnya. Oleh karena itu, Pins harus memilihnya sesuai dengan yang kamu sukai. 

Misalnya saja jika kamu tidak suka dengan suara yang terlalu mengejutkan, kamu bisa memilih subwoofer yang bisa menghasilkan suara lembut namun tetap besar. Hal ini karena umumnya subwoofer memiliki kecepatan yang berbeda dalam menghasilkan suara.

Baca juga:

Perhatikan Selera Musik Kamu

(Pixabay)

Selain memilih jenis subwoofer yang kamu inginkan, kamu juga harus memperhatikan selera musik kamu. Setiap orang memiliki selera genre musik yang berbeda-beda. Hal ini tentu membuat kamu membutuhkan subwoofer yang berbeda juga dengan orang lain. Misalnya saja genre musik jazz atau pop yang memiliki ciri khas dentuman tidak terlalu keras membuat kamu tidak membutuhkan subwoofer dengan suara yang menggelegar. 

Sedangkan jika kamu suka musik dengan genre rock atau metal tentu subwoofer yang menghasilkan suara dengan dentuman keras dan suara yang menggelegar sangat cocok untuk menjadi milik kamu di mobil. Subwoofer ini akan membantu menyalurkan suara dengan sangat baik dari musik yang kamu putar di mobil.

Baca Juga: Sistem Pengapian Konvensional: Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja

Ketahui Ukuran Subwoofer yang Sesuai

(Pixabay)

Cara memilih subwoofer yang bagus selanjutnya adalah dengan mengetahui subwoofer yang tepat dengan ukuran yang tersedia pada mobil. Pastikan bahwa subwoofer yang akan kamu pilih sudah sesuai dengan ukuran amplifier yang tersedia pada mobil. 

Selain untuk tampilan, hal ini tentu juga untuk mempermudah proses instalasi. Memilih subwoofer dengan ukuran yang sesuai dengan ruang yang tersedia akan membuat kamu lebih efisien dan tidak perlu melakukan penambahan ruang pada mobil.

Pastikan Terdapat Ruang Cukup untuk Penempatan Subwoofer

(Pixabay)

Subwoofer yang diletakkan dalam satu box dengan amplifier akan membuat keduanya berfungsi secara maksimal. Desain ini juga akan membuat tampilan keduanya lebih sederhana dan efisien di dalam mobil. Pins jadi tidak perlu membuat ruangan terpisah untuk kedua komponen tersebut. Hal ini juga mempermudah instalasi subwoofer dan amplifier yang membuat keduanya akan terpasang lebih rapi dan efisien.

Baca juga:

Sesuaikan dengan Budget

(Pixabay)

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah budget yang kamu miliki. Harga subwoofer memang cukup bervariatif tergantung kualitas dan spesifikasinya. Semakin baik kualitasnya tentu akan semakin mahal harganya. Dalam memilih subwoofer kamu harus benar-benar memerhatikan budget dengan spesifikasi yang kamu butuhkan dari sebuah subwoofer

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan beberapa orang yang sudah ahli dalam memilih subwoofer. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam pembelian subwoofer yang bisa membuat kamu menyesal telah membelinya.

Itulah cara memilih subwoofer yang bagus yang bisa kamu coba sendiri. Perhatikan setiap subwoofer dalam daftar pilihan kamu agar tidak salah beli ya! Jangan lupa untuk menyesuaikannya juga dengan budget yang kamu miliki.

Selain subwoofer penting juga lho untuk memperhatikan kebersihan mobil. Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60 ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.