Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Cara Memeriksa Kabel Busi / Kabel Tegangan TInggi
cara memeriksa kabel busi
Otomotif

Cara Memeriksa Kabel Busi / Kabel Tegangan TInggi

  • 13 Jul, 2018 oleh Budi Santoso
  • 3 menit membaca

Apa sih fungsi kabel busi itu? Fungsi kabel busi adalah untuk mengalirkan arus bertegangan tinggi dari distributor menuju ke busi. Mengingat fungsinya yang sangat penting, maka dari itu komponen ini perlu diperiksa secara rutin terkait dengan kondisinya. Bagaimana cara memeriksa kabel busi dengan benar dan mudah?

Pasalnya bila terjadi masalah pada kabel busi, maka akan menganggu kinerja mesin bahkan bisa membuat mesin susah hidup bila kabel yang rusak lebih dari satu.  

Pemeriksaan kabel busi ini biasanya dilakukan pada saat melakukan tune up mobil, sekalian melepas busi. Karena ketika melepas busi pasti melepas kabel busi juga.

Baca Juga:

Cara Memeriksa Kabel Busi / Kabel Tegangan Tinggi

1. Alat-alat yang perlu dipersiapkan :
b. Kainlap
c. Kunci ring/shock 10 bila diperlukan
 
2. Yang pertama yang perlu dilakukan adalah melepas kabel busi dari tutup distributor. Atau bisa juga melepas sekalian tutup distributornya. Karena nantinya tutup distributor juga akan diperiksa atau dibersihkan. Perlu diperhatikan pada saat melepas kabel busi, cara memegang atau saat menariknya adalah pada bagian ujung atau kepala kabel busi. Bukan pada tengah kabel yang dapat menyebabkan kerusakan pada dalamnya kabel busi.
Memeriksa Kabel Busi
(Toyotaguru.us)
 
3. Setelah terlepas, selanjutnya ambil multimeter, kemudian set ke 1 k ohm. 
Multimeter
(Amazon)
4. Lakukan kalibrasi multimeter dengan cara menghubungkan test lead merah dan test lead hitam, kemudian posisikan jarum sampai di 0. Karena pengukuran ohm, maka jarum seharusnya ada di 0 ohm sebelah kanan.
 
Memeriksa Kabel Busi
(Researchgate)
 
5. Kemudian tes dengan multimeter, bila tahanan kabel busi melebihi 25 k ohm maka kabel busi perlu diganti.
6. Setelah selesai kembalikan lagi seperti semula, bila kabel busi tidak menancap dengan kuat maka perbaiki pada cangkeramannya dengan menggunakan tang. 

Analisa: Kabel yang memiliki tahanan lebih dari batas akan mengurangi besar arus yang melewati, sehingga akan menyebabkan hasil percikan api dari busi tidak maksimal. Mengakibatkan pembakaran tidak sempurna, dan mesin pun bisa jadi tidak stabil (Pincang).

Baca Juga:

Featured Image Source: Kompas.com

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.