Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 6 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam
Otomotif

6 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

  • 10 Mar, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Beberapa orang pasti pernah mengalami kondisi dimana pintu mobil terkunci dari dalam, terlebih ketika tidak membawa kunci candangan. Untungnya, ada beragam cara membuka pintu mobil yang terkunci tanpa harus memakai kunci mobil.

Selain alasan ketidaksengajaan, ada kalanya jika mobil terkunci dari dalam ini disebabkan oleh faktor internal. Misalnya saja adanya tumpukan kotoran pada handle mobil.

Ini juga bisa disebabkan motor penggerak berkarat ataupun pintu penyok sehingga tuas rusak dan membuat mobil terkunci otomatis. Cara membuka pintu mobil yang terkunci otomatis dapat Pins simak sebagai berikut.

Baca Juga: Fungsi Kunci Pas: Spesifikasi Ukuran Kunci Pas dan Gambarnya

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

Jika kamu mengalami permasalahan mobil terkunci dari dalam, jangan panik dulu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membukanya kembali. Berikut ini cara membuka mobil terkunci dari dalam yang bisa kamu coba.

Buka dengan Obeng

(Pexels)

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan obeng harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Tujuannya agar tidak merusak bagian eksterior dan interior mobil.

Gunakan obeng untuk membuat celah kemudian masukan pencungkil kecil. Dengan begitu, kamu bisa meraik kunci melalui pencungkil. Walau begitu, cara ini cukup berisiko karena tekanan tinggi dapat meninggalkan goresan.

Selain pencungkil, Pins dapat menggunakan simpul tali. Buat simpul hidup pada bagian tengah. Sisakan tali sekitar 5-8 cm pada simpul hidup sehingga lingkaran bisa dengan mudah masuk ke dalam kunci.

Setelah celah dibuat, masukkan tali turun ke dalam mobil. Posisikan simpul hidup terletak di atas kunci manual. Apabila posisi telah pas, kencangkan simpul hidup.

Tarik tali ke arah atas hingga pintu mobil berhasil dibuka. Sebaiknya gunakan pengganjal ketika menahan pintu. Fungsinya agar sudut simpul hidup tidak mudah berubah arah.

Baca juga: Kisaran Biaya Poles Mobil Hingga Kinclong Berhari-hari

Gunakan Besi

(Pexels)

Penggunaan besi sering digunakan sebagai salah satu cara membuka pintu mobil yang terkunci otomatis. Langkahnya tak jauh berbeda dengan memakai obeng.

Besi berguna untuk membuat celah pada bagian atas pintu. Setelah celah berhasil dibuat, gunakan kawat besi. Fungsi kawat besi adalah guna menekan tombol pengunci.

Untuk mempertahankan celah agar tak mudah tertutup, beri ganjalan. Sebelum memasang kawat kecil, bengkokan bagian ujungnya. Panjang kawat sebaiknya 20 cm karena jarak celah dengan tuas lumayan dalam.

Jarak antara celah kaca pintu dengan tuas umumnya 60-80 cm. Pins dapat pula memanfaatkan penggaris besi yang memiliki panjang 30 cm. Masukan penggaris pada bagian karet kaca mobil.

Geser hingga titik panel kunci bisa ditekan naik turun. Cara ini biasanya tidak berhasil pada percobaan pertama kali. Ulangi berkali-kali sampai pintu mobil dapat terbuka kembali.

Baca juga: Mobil Tiba-Tiba Mati dan Tidak Bisa Distarter? Ini Cara Mengatasinya!

Coba dengan Gantungan Baju

cara membuka pintu mobil yang terkunci
(Pexels)

Cara membuka pintu mobil yang terkunci sebaiknya gunakan gantungan baju atau hanger. Hanger yang terbuat dari aluminium mudah dilenturkan atau dibentuk. Cara ini cocok untuk mobil dengan kunci manual. 

Pertama-tama, luruskan gantungan baju lalu tekuk ke salah satu ujung kawatnya. Buat pengait kira-kira 3-5 cm.

Balik posisi pengait kemudian masukkan ke dalam mobil. Pastikan pengait tegak lurus dengan tuas kunci.

Gerakan pengait sampai mampu menangkap tuas kunci. Tarik ke atas hingga pintu mobil berhasil dibuka. Jika tuas kunci sedikit ke belakang lubang kunci selanjutnya masukan kawat beberapa senti sehingga pengait dapat menangkap tuas.

Manfaatkan Bola Tenis

cara membuka pintu mobil yang terkunci
(Pexels)

Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa bola tenis dapat dijadikan cara membuka pintu mobil yang terkunci otomatis. Mula-mula buat lubang pada bola tenis dengan obeng.

Lubang ini Pins gunakan untuk membuka kunci mobil. Arahkan bagian bola tenis yang berlubang di depan lubang kunci yang ada di pintu luar.

Tekan bila tenis hingga udara dari dalam bola tenis mampu menekan kuat ke lubang pintu. Geser bola tenis berkali-kali sampai pintu berhasil di buka.

Baca juga: Biaya Service Kaki Kaki Mobil dan Bagian di Dalamnya

Congkel Pengait Pintu Tengah

Cara ini bisa Pins gunakan tak hanya dari pintu depan namun juga pintu lainnya. Awalnya buka dahulu karet sekat pintu kanan belakang. Jangan sampai terlipat karena beresiko rusak.

Coba intip pada sela kaca dan bodi kemudian temukan besi yang terkait dengan plastik. Posisinya berada di bawah pintu pengait kunci.

Plastik dengan warna putih terkoneksi dengan besi dan pengait kunci. Masukan tali plastik dengan panjang 20 cm. Geser tali hingga menyentuh tali pengait dan pintu terbuka.

Gunakan Inflatable Wedge

Cara membuka pintu mobil yang terkunci otomatis dapat memakai inflatable wedge. Harganya lumayan mahal namun memiliki fungsi dan cara penggunaannya seperti obeng.

Alat ini memakai udara untuk membuka pintu. Inflatable wedge dapat meminimalisir kerusakan ketika pintu dibuka dengan paksa. Penggunaan alat ini mampu menghemat waktu bahkan hanya butuh 1 menit dalam membuka pintu.

Pakai Ponsel Atau Ahli Kunci

cara membuka pintu mobil yang terkunci
(Pexels)

Apabila Pins tidak ingin repot manfaatkan smartphone untuk membuka mobil. Beberapa jenis mobil menggunakan sistem modern sehingga dapat dikunci memanfaatkan aplikasi.

Salah satunya perfectly keyless yang dibuat oleh Bosch. Aplikasi ini mampu mengontrol mobil dari ponsel. Pintu mobil dapat dibuka tutup dengan aplikasi.

Apabila aplikasi tidak terkoneksi dengan kendaraan dapat memanggil ahli kunci. Ahli kunci berpengalaman akan melihat lubang kunci dan mendesain kunci baru.

Waktu pembuatan tidak begitu lama bahkan tak memakan waktu satu hari. Biayanya juga murah meriah. 

Itulah beberapa cara membuka pintu mobil yang terkunci yang patut Pins coba ketika mengalami kondisi tersebut. Selalu gandakan kunci mobil agar bila terjadi hal serupa dikemudian hari tidak perlu repot membuka paksa pintu mobil.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya R