Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 10 Cara Membersihkan Kasur Springbed dengan Mudah Hingga Bersih
cara membersihkan spring bed
Kebersihan Rumah

10 Cara Membersihkan Kasur Springbed dengan Mudah Hingga Bersih

  • 15 Mar, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Kasur alias spring bed merupakan investasi yang serius. Pasalnya, kamu tentu ingin menggunakan kasur yang nyaman dan awet, bukan? Untuk mendapatkan itu semua, kamu perlu tahu dulu nih bagaimana cara membersihkan kasus springbed. 

Rutin membersihkan kasur diperlukan terutama untuk kamu yang menderita alergi atau suka makan di atas tempat tidur. Demi memudahkan Pins, berikut cara dan alat pembersih kasur spring bed yang patut kamu coba di rumah! 

Cara Membersihkan Kasur Springbed

Siapkan Alat Pembersih Kasur Spring Bed

Cara membersihkan spring bed tidak akan maksimal bila tidak menyiapkan bahan-bahannya terlebih dulu. Berikut alat pembersih kasur spring bed yang patut kamu kumpulkan. 

  • Deterjen
  • Sabun cuci piring
  • Soda Kue (Baking Soda)
  • Kain Mikrofiber
  • Air Dingin
  • Vacuum Cleaner

Baca Juga: 10 Tips Jitu Memilih dan Membeli Vacuum Cleaner yang Tepat

Lepaskan Sprei dan Cuci

Setelah alat dan bahannya disiapkan, lepaskan sprei, sarung bantal, dan pneutup kasur. Masukkan semuanya ke dalam mesin cuci dan cuci sampai bersih dengan air panas untuk membunuh tungau dan kuman yang menempel. 

Pins mungkin juga bisa mencuci bantal, tetapi baiknya periksa dulu label perawatan yang tertera di bantal, ya!

Vacuum Kasurnya

Jika sudah, cara membersihkan kasur springbed selanjutnya bisa menggunakan vacuum cleaner. Sebelum itu, ganti ujung alat penyedot debu dengan corong yang sesuai untuk membersihkan kasur. 

Sedot seluruh permukaan kasur, termasuk sisi-sisinya. Berikan pula perhatian khusus pada jahitan spring bed dan bersihkan bagian tersebut sehingga benar-benar bersih maksimal. 

Bersihkan Kasur dengan Pembersih

Jika spring bed sudah terbebas dari debu, ini saatnya untuk fokus menghilangkan noda dari bagian tersebut. Hindari merendam kasur atau membasahinya dengan langsung dengan larutan pembersih. 

Ini karena beberapa jenis kasur tidak boleh basah sama sekali sehingga kamu perlu membersihkannya dengan hati-hati, Pins. 

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Bau Pesing Pada Kasur Secara Tuntas

Pakai Sabun Cuci Piring

Salah satu bahan pembersih yang bisa Pins manfaatkan untuk mengangkat noda pada spring bed adalah sabun cuci piring. Campur beberapa tetes sabun cuci piring di dalam botol semprot berisi air dan semprotkan ke kain putih bersih. 

Selanjutnya, bersihkan bagian yang punya noda dengan kain. Seka area yang bernoda dengan air dingin menggunakan kain bersih yang berbeda hingga noda hilang. 

Ini bertujuan agar kasur mendapatkan kelembapan sesedikit mungkin. Cara ini pun cocok untuk mengangkat noda darah, keringat, muntah, urine, dan lainnya, lho

Taburkan Soda Kue di Atas Kasur

Bagi kamu yang tidak dapat menjemur spring bed di bawah sinar matahari, soda kue alias baking soda jadi solusi alternatifnya. Begini caranya!

  • Taburkan soda kue di atas kasur. 
  • Diamkan beberapa jam atau semalaman. 
  • Buka semua jendela di ruangan agar cahaya dan sinar matahari masuk. 

Nantinya, soda kue akan memecah asam dan menyerap kelembapan atau bau yang tersisa. Semakin lama membiarkan soda kue pada kasur, maka makin baik lagi hasilnya, lho!

Baca Juga: Ini Dia Cara Merapikan Tempat Tidur dengan Cepat dan Mudah

Sedot Sisa Baking Soda

Jika soda kue sudah menjalankan fungsinya, bersihkan sisa-sisa yang tidak terserap. Kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan baking soda atau menggunakan sapu lidi, kok

Balikkan Kasur

Kini, satu sisi spring bed sudah bersih. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, cara membersihkan kasur springbed bisa dilakukan dengan membalikkan kasur yang masih kotor.

Setelah itu, ulangi langkah tadi agar kedua sisi sama-sama segar bersih. Pada saat kamu membalikkan kasur, ini perlu dilakukan secara berkala. 

Normalnya, kasur perlu dibalik setiap tiga bulan, tetapi ini hanya berlaku ketika kamu menggunakan kasur pegas. Itu sebabnya, ada baiknya Pins berkonsultasi dengan penjual kasur ketika membelinya agar tahu bagaimana cara membalikkannya. 

Lindungi Spring Bed

Bila spring bed sudah kering dan terbebas dari bau dan kotoran, sudah saatnya kamu menutupinya dengan penutup kasur. Penutup kasur bertujuan memudahkan Pins membersihkan spring bed di kemudian hari. 

Selain itu, alas ini  melindungi kasur dari tumpahan, kotoran, dan berbagai masalah lainnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk membeli aksesoris kasur ini, ya!

Baca Juga: 11 Cara Membasmi Kutu Kasur Paling Ampuh

Pakai Sprei yang Pas

Pins tahu tidak kalau pakai sprei yang pas bisa menjaga area di sekitar kasur tetap bersih. Ini juga membuat tempat tidur kamu tidak terlihat cepat berantakan. 

Namun, jangan lupakan untuk rutin mengganti sprei dan cuci secara teratur, minimal satu bulan sekali. Dengan begitu, kamu mengurangi risiko tertempelnya ttungau atau bakteri yang bisa membahayakan kesehatan. 

Atur Kembali Bantal dan Guling

Bila semuanya sudah selesai, atur kembali bantal dan guling yang sudah dicuci. Pakaikan sarung bantal dan guling sesuai motif sprei baru kamu. Tepuk-tepuk kembali kasur beserta bantal dan guling agar tidur kamu tetap nyenyak. 

Menerapkan cara membersihkan spring bed di atas setidaknya akan memperpanjang masa pakai kasur dan meningkatkan kualitas tidur kamu. Walau rutin dibersihkan, kamu tetap perlu mengganti kasur setidaknya delapan tahun sekali. 

Jika kasur sudah terasa kendur atau tidak nyaman, sudah saatnya untuk melihat-lihat spring bed baru yang sesuai dengan budget dan ukuran kasur.  

Bahan Alami Pembersih Spring Bed

Selain baking soda dan sabun cuci piring, Pins bisa memanfaatkan bahan di bawah ini untuk membersihkan kasur, lho. Ini daftarnya. 

  • Tepung Maizena
  • Alkohol 70%
  • Cuka Putih
  • Obat Kumur
  • Hidrogen Peroksida

Beberapa bahan di atas bisa kamu pakai sesuai kebutuhan dan caranya tidak jauh berbeda dengan pemakaian baking soda. 

Baca Juga: Penyebab Kenapa di Kasur Banyak Semut dan Cara Mengusirnya


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.