Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 6 Cara Mudah Membersihkan Kulkas Agar Terbebas dari Bau Tak Sedap
cara membersihkan kulkas
Kebersihan Rumah

6 Cara Mudah Membersihkan Kulkas Agar Terbebas dari Bau Tak Sedap

  • 5 Apr, 2022 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Cara membersihkan kulkas perlu dilakukan dengan seksama agar kulkas awet, dan makanan di dalamnya pun terjaga kualitasnya. Selain mengetahui cara membersihkannya, kamu perlu tahu seberapa sering kulkas perlu dibersihkan tergantung penggunaannya. 

Kulkas harus dibersihkan secara menyeluruh paling tidak enam bulan sekali. Jika kamu punya banyak anggota keluarga, pastinya kulkas lebih sering dibuka-tutup dan menampung lebih banyak bahan makanan. 

Akibatnya, kulkas lebih cepat kotor dan bau. Maka dari itu, sebaiknya bersihkan kulkas lebih sering. Lantas bagaimana cara membersihkan kulkas secara menyeluruh hingga kinclong luar dalam? 

Simak langkah-langkah berikut, termasuk cara menghilangkan bau tidak sedap di kulkas.

Baca Juga: 13 Merek Pewangi Ruangan yang Tahan Lama

Cara membersihkan kulkas

Siapkan Bahan Pembersih Alami

(Freepik)

Mengingat kulkas dipakai untuk menyimpan bahan makanan, sebaiknya hindari menggunakan bahan kimia berbahaya. Selain berbahaya, produk pembersih pabrikan umumnya meninggalkan bau dan bisa membuat bahan makanan yang disimpan di kulkas jadi beraroma sabun.

Sebagai gantinya, kamu bisa membuat racikan bahan pembersih sendiri terutama untuk membersihkan bagian dalam kulkas dengan aman. 

Untuk membuat bahan pembersih kulkas alami, kamu akan memerlukan baking soda, air hangat. Cara membuatnya, campurkan baking soda dan air panas dengan perbandingan 1:7 kemudian aduk hingga larut. 

Kalau kamu punya botol spray, masukkan cairan tadi ke dalam botol spray agar lebih mudah digunakan. Jika tidak ada botol spray, kamu bisa menggunakan mangkok atau wadah apa pun dan membasahi lap kain dengan cairan tadi ketika akan membersihkan kulkas.

Keluarkan Isi Di Kulkas Dan Lepaskan Rak Dan Laci Kulkas

(Freepik)

Jika kamu punya kulkas satu pintu, biasanya bagian freezer akan penuh dengan bunga es. Sebaiknya cabut kulkas lebih dulu agar bunga es meleleh. Proses ini biasanya akan membutuhkan waktu yang lama. 

Sembari menunggu es pada freezer mencair, kamu bisa membersihkan bagian lain lebih dulu.

Mulai proses pembersihan kulkas dengan mengeluarkan seluruh bahan makanan yang ada di dalamnya. Pilih dan pilah mana bahan makanan yang masih bagus, dan buang bahan makanan yang sudah kadaluwarsa atau busuk.

Sebaiknya membersihkan kulkas dijadwalkan sejak jauh-jauh hari supaya ketika kamu mengeluarkan isi kulkas, tidak ada es krim, daging, atau frozen food. Sebab, bahan-bahan ini cenderung mudah rusak di suhu ruangan.

Setelah mengeluarkan seluruh bahan makanan dari dalam kulkas, kamu bisa mengeluarkan rak dan laci kulkas agar mudah dibersihkan.

Bersihkan Seluruh Bagian Dalam Kulkas

cara membersihkan kulkas
(Freepik)

Cara membersihkan kulkas sebaiknya dilakukan dari dalam dulu. Sebab, jika dibersihkan dari luar dulu, kemungkinan bagian luarnya nanti akan kotor lagi. 

Baca Juga: Rekomendasi 15 Mobil Second di Bawah 100 Juta

Cuci Rak Dan Laci

Pertama-tama, mulai dengan mencuci rak dan laci kulkas yang telah dikeluarkan tadi. Cuci hingga bersih menggunakan larutan baking soda dan air hangat, lalu lap dan letakkan di tempat bersih.

Gunakan Lap Kain

Selanjutnya, bersihkan interior kulkas dengan cairan baking soda. Semprotkan ke seluruh bagian dalam kulkas dan lap perlahan hingga bersih. Jika ada noda membandel, semprot lagi hingga basah dan tunggu sesaat agar mudah dibersihkan.

Jangan pernah menggunakan benda tajam maupun sabut besi ketika membersihkan bagian dalam kulkas karena bisa menyebabkan goresan.

Bersihkan dari Atas ke Bawah

Membersihkan kulkas juga lebih efektif dilakukan dari bagian atas. Sebab, ketika sedang bersih-bersih kemungkinan akan ada kotoran yang jatuh ke bawah. Kalau membersihkan dari atas dulu, kamu tidak perlu khawatir akan mengotori bagian bawah karena baru akan dibersihkan nanti.

Baca Juga: Manfaat Totok Aura

Bersihkan Bagian Luar

(Pixabay)

Kalau bagian dalam sudah bersih, waktunya membersihkan bagian luar. Untuk eksterior kulkas, tidak masalah kalau kamu mau menggunakan sabun atau produk pembersih pabrikan. Pasalnya, bagian eksterior kulkas tidak bersentuhan langsung dengan bahan makanan.

Baca Juga: 13 Resep Sambal Goreng Kentang

Gunakan Campuran Sabun Cuci Piring Dan Air

Pertama, larutkan sabun cuci piring dengan air. Pastikan sabun cuci piring yang kamu pakai tidak mengandung klorin karena dapat merusak lapisan kulkas.

Kemudian, teteskan cairan sabun pada kain lap dan peras. Kain lap ini hanya perlu lembap saja, tidak boleh basah untuk menghindari risiko merusak perangkat listrik.

Bersihkan Bekas stiker

Pintu kulkas bagian luar sering kali ditempeli stiker, apalagi jika di rumah ada anak kecil. Lama-kelamaan stiker ini akan rusak dan perlu dibersihkan. Untuk membersihkannya, tarik stiker perlahan dan usahakan menarik sebanyak mungkin bagian dari stiker.

Jika ada bagian yang tertinggal dan sulit dibersihkan dengan lap, kamu bisa menggunakan sabut cuci piring. Gosong dengan hati-hati sampai semua sisa stiker terkelupas, kemudian lap dengan kain lembap.

Bersihkan Lapisan Karet Pada Pintu Kulkas

Bagian ini kerap terlupakan karena tersembunyi di pintu. Padahal, cela pada lapisan karet ini bisa kotor sekali lantaran remah makanan yang tersangkut. Untuk membersihkannya hingga ke sela-sela sempit, gunakan sikat gigi. Kamu juga bisa menggunakan sedikit vaselin untuk membersihkan lapisan karet ini dengan lebih mudah.

Baca Juga: 13 Resep Olahan Daun Singkong

Tata Kembali Bahan Makanan

(Freepik)

Setelah interior dan eksterior kulkas bersih, saatnya memasukkan kembali bahan makananmu. Agar makanan lebih awet dan aromanya tidak bercampur baur di dalam kulkas, sebaiknya simpan bahan makanan di dalam wadah tertutup sesuai jenisnya.

Baca Juga: 15 Resep Macaroni Schotel Yummy

Hilangkan Bau Pada Kulkas

(Freepik)

Aroma tidak sedap di kulkas bisa kamu hilangkan dengan cara-cara alami yang mudah dan praktis. Salah satu cara yang ampuh yaitu enggan meletakkan baking soda untuk menyerap aroma tidak sedap. Selain alami, baking soda juga tidak berbau sehingga tidak akan memengaruhi makanan di dalam kulkas. Jangan lupa ganti baking soda ini secara berkala, ya!

Selain menggunakan baking soda, bau kulkas juga bisa kamu atasi dengan memanfaatkan arang aktif yang bisa dibeli secara online. Kalau mau hasil yang lebih cepat, teteskan ekstrak vanila atau jeruk pada kapas dan letakkan di dalam kulkas.

Nah, itu dia beberapa tips cara membersihkan kulkas dan menghilangkan bau di dalamnya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Resep Membuat Seblak


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.