Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 10 Cara Cepat dan Mudah Membersihkan Kerak Wajan
cara membersihkan kerak wajan
Kebersihan Rumah

10 Cara Cepat dan Mudah Membersihkan Kerak Wajan

  • 30 Mar, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Apakah kamu merasa risih dengan warna hitam pada bagian dasar wajan? Bila iya, yuk coba cara membersihkan kerak wajan yang akan dijelaskan nanti. 

Penyebab timbulnya kerak wajan diantaranya karena nyala api yang terlalu besar. Ini terutama terjadi jika memasak dalam porsi sedikit sehingga akan cepat gosong. Cara membersihkan kerak wajan gosong juga memakan banyak waktu dan tenaga.

Penyebab lainnya adalah minyak yang belum merata sehingga makanan mudah kering saat dipanaskan. Apalagi kalau sering kelupaan menyalakan kompor maka resiko wajan berkerak semakin tinggi.

Ada beragam cara membersihkan kerak wajan yang membandel di bawah ini. Pins bisa memakai bahan di dapur atau pembersih khusus.

Cara Mudah Membersihkan Kerak Wajan

Pakai Soda

(Pixabay)

Cara membersihkan kerak wajan gosong dapat memanfaatkan minuman bersoda. Minuman bersoda seperti Coca Cola mengandung asam fosfat tinggi. Senyawa ini mampu menghilangkan kerak dan karat pada logam.

Rendam bagian berkerak dalam minuman bersoda. Diamkan hingga 1-2 jam lalu gunakan serabut aluminium foil untuk mengikis kerak yang tersisa. 

Bilas dengan air panas untuk membersihkan sisa kerak. Minuman ini juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan kerak pada kendaraan bermotor.

Baca Juga: 10 Merek Regulator Gas Terbaik dan Aman Digunakan

Gunakan Pemutih

(Pixabay)

Untuk mengangkat kerak, Pins dapat pula memanfaatkan pemutih. Ini karena pemutih mengandung klorin yang berfungsi mengangkat noda membandel. Kamu bisa membersihkan bagian pantat wajan yang gosong atau berkerak dengan deterjen ini. 

Pengaplikasiannya tak jauh berbeda dengan soda. Rendam wajan berkerak beberapa jam baru gosok hingga bersih. Apabila memakai sabun cuci piring, sebaiknya gunakan sabun colek.

Sabun colek memiliki sifat abrasif sehingga dapat mengikis kerak pada wajan. Caranya oleskan sabun colek ke pantat wajan yang berkerak dan gosok dengan wol baja.

Rendam Kain Pengering

(Downy)

Cara membersihkan kerak wajan dapat memanfaatkan dryer sheet atau kain pengering. Bahan ini mengandung pelunak yang mampu meluruhkan kerak wajan. 

Pengaplikasiannya sederhana, yakni dengan merendam kain pengering pada air hangat pada wajan. Tunggu beberapa jam hingga air didalamnya berubah keruh.

Gosok perlahan dengan kain tersebut hingga noda hilang. Setelah itu, bilas memakai air mengalir sampai bersih. Hasilnya akan lebih maksimal jika ditambahkan cuka. Dalam satu kemasan dryer sheet biasanya terdiri atas 40-100 lembar.

Manfaatkan Abu Gosok

(Lazada)

Abu gosok adalah salah satu cara membersihkan kerak wajan gosong. Bahan ini telah dikenal dari generasi ke generasi sebagai bahan untuk menghilangkan noda gosong.

Pengaplikasiannya tinggal menaburkan abu gosok pada bagian berkerak. Gosok dengan serabut kelapa dan tambahkan sedikit air untuk meluruhkan noda hitam pada wajan.

Lakukan hal ini secara berulang hingga wajan bersih. Abu gosok juga ampuh membuat piring jadi lebih kesat. Apalagi untuk meluruhkan minyak pada peralatan dapur.

Rebus Lemon

(Pixabay)

Rebus lemon sebagai salah satu cara membersihkan kerak wajan yang membandel. Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat yang tinggi. Asam dari dua atau tiga buah lemon cukup untuk melunturkan noda kerak pada wajan.

Rebus lemon pada wajan berkerak hingga mendidih. Setelah itu, gosok bagian berkerak dengan potongan lemon tersebut. Bilas dengan air hangat agar sisa kerak hilang maksimal.

Baca Juga: 10 Rumah Termahal Di Indonesia, Harga Bikin Telan Ludah

Masukan Ke Kulkas

(Freepik)

Kerak bandel juga mampu dihilangkan dengan menggunakan suhu dingin. Kerak akan semakin sulit untuk hilang jika masih lengket.

Cara membersihkan kerak wajan dengan memanfaat suhu dingin tak perlu memasukkannya dalam freezer. Cukup masukan ke kulkas dan tunggu hingga beberapa jam.

Gosok kerak sampai luruh baru cuci biasa setelahnya. Tambahkan deterjen atau sabun colek untuk menghilangkan aroma gosong.

Baca Juga: 8 Model Dak Teras Rumah Minimalis

Campurkan Cuka & Baking Soda

(Pexels)

Cara membersihkan kerak wajan yang membandel dapat menggabungkan cuka dan baking soda. Dua bahan ini bersifat korosif sehingga noda membandel dapat luntur dengan sendirinya.

Cuka mempunyai kandungan klorin yang mampu membersihkan noda membandel. Baking soda sendiri mampu membasmi bakteri dan kuman yang menempel pada peralatan dapur.

Baking soda juga dapat menghilangkan karat, noda jamur dan kerak. Kombinasi keduanya mampu mengangkat kerak secara maksimal.

Gunakan satu cangkir cuka dan tambahkan dua sendok makan soda kue. Tambahkan satu gelas air lalu rendam pada wajan bergerak. Diamkan hingga 30 menit-1 jam.

Setelah itu gosok dengan spatula kayu. Bilas memakai air hangat hingga bersih.

Baca Juga: Cara Menghitung Appraisal Rumah

Gosok Dengan Beras

(Pixabay)

Selain memakai wol baja, kamu dapat memanfaatkan beras. Tekstur beras kasar sehingga mampu difungsikan sebagai scrub.

Tuangkan beras pada wajan lalu tambahkan perasan lemon. Masukan satu gelas air panas. Gosok dengan bantuan sikat gigi hingga kerak terangkat.

Pins juga bisa menggoyangkan wajan agar butiran beras bergesekan dengan kerak. Bilas memakai air hingga bersih setelahnya.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Desain Interior Rumah Minimalis Makin Cantik

Didihkan Krim Tartar

(Freepik)

Cara membersihkan kerak wajan gosong dengan krim tartar memang unik. Krim tartar adalah produk asam dari proses pembuatan anggur. 

Caranya, tuangkan krim pada wajan lalu tambahkan air. Didihkan krim lalu gosok perlahan memakai spatula kayu. Setelah noda terangkat bilas memakai air mengalir.

Baca Juga: Cara Menghitung Pondasi Batu Kali

Panaskan Diatas Minyak Sayur

(Pixabay)

Cara membersihkan kerak wajan yang membandel terakhir adalah memanfaatkan minyak sayur. Mula-mula panaskan minyak goreng pada wajan yang lebih besar dari wajan berkerak.

Letakan wajan berkerak di atas minyak yang dipanaskan. Diamkan selama 15 menit lalu angkat dan gosok memakai sikat. Bilas memakai air lalu keringkan wajan.

Cara membersihkan kerak wajan lebih efektif bila melalui proses perendaman air panas. Air panas dapat melelehkan noda berkerak pada wajan. Baru setelahnya tambahkan bahan diatas untuk membersihkan sisa kerak.

Baca Juga: 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.