Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 7 Cara Membersihkan Kaca Aquarium yang Berkerak
cara membersihkan kaca aquarium
Kebersihan Rumah

7 Cara Membersihkan Kaca Aquarium yang Berkerak

  • 6 Apr, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Setiap pemilik aquarium wajib tahu cara membersihkan kaca aquarium. Pasalnya, aquarium tidak akan selamanya bersih. Seiring waktu, aquarium akan berkerak dan buram akibat adanya noda yang mengendap. 

Akibatnya, kamu tidak bisa menikmati keindahan ikan-ikan hias cantik di dalamnya dengan jelas. Untungnya, cara membersihkan kaca aquarium cukup mudah dengan memanfaatkan bahan khusus maupun yang ada rumah. 

Terlebih, kamu bisa membersihkan aquarium tanpa harus mengurasnya. Penasaran bagaimana caranya? Simak tips membersihkan kaca aquarium di bawah ini. 

Cairan Pembersih Khusus

Produk pembersih kaca aquarium banyak beredar di pasaran dan kamu bisa membelinya di toko ikan hias maupun di lapak online. Harganya pun cukup terjangkau dan penggunaannya mudah. 

Ini terbilang cara membersihkan kerak kaca aquarium yang paling mudah. Sebelum membersihkan kaca aquarium dengan cairan ini, kamu perlu menguras air dan memindahkan ikan di dalamnya. 

Lalu, tinggal oleskan cairan pada kaca aquarium di bagian yang berkerak. Jika keraknya ringan, kamu bisa langsung membersihkannya dengan alat khusus pembersih aquarium berupa scraper dan scratcher

Jika tidak punya alat khusus, kamu bisa menyikatnya menggunakan sikat gigi. Bila keraknya sudah parah, diamkan dulu selama beberapa menit agar cairan pembersih bisa mengangkat kerak yang membandel. 

Setelah menyikat kerak sampai habis, jangan lupa bilas sampai betul-betul bersih ya, Pins. Selain membersihkan kerak, umumnya cairan khusus pembersih aquarium juga sekaligus membersihkan lumut, lho.

Pembersih Porselen

Membersihkan kaca aquarium juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan yang sudah ada di rumah. Tidak perlu membeli cairan khusus karena kamu bisa menggunakan cairan pembersih porselen atau pembersih kamar mandi. 

Bila tidak ada, Pins bisa membelinya di warung terdekat karena ini bagian dari barang kebutuhan rumah tangga. Cara menggunakannya pun mudah. Kamu tinggal mengoleskan cairan ini ke kaca aquarium.

Perlu diingat kalau cairan pembersih porselen termasuk cairan keras yang dapat menimbulkan iritasi jika terkena langsung ke kulit. Untuk amannya, pastikan kamu menggunakan sarung tangan karet saat mengoleskannya. 

Sama seperti ketika membersihkan kamar mandi, diamkan sebentar setelah mengoleskan cairan pembersih porselen. Selanjutnya, kamu bisa membersihkannya dengan cara menggosok permukaan aquarium dengan spons untuk kerak ringan atau sikat untuk kerak membandel.

Baking soda

Cara membersihkan kaca aquarium selanjutnya adalah dengan memanfaatkan baking soda. Ya, bahan satu ini memang serba guna. 

Bahan yang dipakai untuk membuat kue ini memang sering dimanfaatkan sebagai pembersih alat dapur. Siapa sangka pula baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan kerak pada aquarium.

Caranya, buatlah pasta baking soda dengan mencampurkan serbuk baking soda dan sedikit air. Lalu oleskan kaca aquarium, gosok hingga bersih, dan bilas menyeluruh.

Pasta gigi

Kerak pada aquarium juga bisa dibersihkan menggunakan pasta gigi. Caranya, oleskan pasta gigi pada bagian yang berkerak, kemudian diamkan hingga pasta gigi mengering.

Langkah selanjutnya adalah menggosok permukaan yang berkerak menggunakan sabut besi. Jika kerak membandel, jangan ragu untuk menggosok dengan keras sampai kerak terkelupas. Bila dirasa kerak sudah terangkat, bilaslah dengan air bersih.

Sabut besi yang digunakan ini adalah sabut yang bisa dipakai untuk mencuci alat dapur berkerak. Kamu bisa membelinya di warung atau menggunakan sabut yang ada di rumah. Pastikan mencuci sabut dengan bersih sebelum dan setelah dipakai, ya.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Mobil Second di Bawah 100 Juta

Jeruk Nipis

Selain menggunakan produk-produk di atas, kamu juga bisa membersihkan kaca aquarium dengan bahan alami yaitu jeruk nipis. Buah ini memang kerap digunakan sebagai alternatif bahan pembersih karena memiliki kandungan zat antibakteri. 

Di samping itu, kandungan asamnya dapat mengangkat lumut dan kerak pada kaca aquarium. Cara memakainya cukup mudah. Pins bisa mulai dengan membasahi aquarium dan menyikat bagian yang berkerak hingga terangkat. 

Selanjutnya, teteskan perasan air jeruk nipis pada bagian yang sudah disikat tadi. Diamkan beberapa saat kemudian sikat kembali hingga semua kotoran terangkat.

Baca Juga: Yuk Intip Interior Innova Reborn Type V

Cuka

Sama seperti jeruk nipis, kandungan asam pada cuka ampuh untuk membersihkan kaca aquarium. Kamu bisa menggunakan campur cuka murni dan air atau campuran cuka, alkohol dan air. 

Untuk campuran cuka dan air, takarannya yaitu 1:4 sedangkan untuk tambahan alkohol takarannya alkohol dan air masing-masing 1 cup, dan cuka 1 sendok makan.

Masukkan campuran tersebut ke botol spray kemudian semprotkan pada permukaan kaca aquarium yang kering. Diamkan 15 menit kemudian sikat hingga bersih. 

Terakhir, bilas dengan air mengalir dan ulangi proses tadi jika masih ada kerak membandel.

Baca Juga: Manfaat Totok Aura

Gunakan Cutter

Bagi kamu yang tidak mau repot-repot menguras, inilah cara membersihkan kaca aquarium tanpa menguras air. Caranya, cukup dengan menggosokkan ujung cutter pada permukaan kaca hingga kerak terkelupas sempurna. Cara ini disarankan untuk aquarium berukuran kecil dengan noda kerak ringan. 

Baca Juga: Prinsip Kerja Motor Listrik yang Paling Utama

Pelihara Ikan Sapu-Sapu

(iStock)

Selain menggunakan cutter, cara ini juga bisa kamu coba untuk membersihkan kaca aquarium tanpa menguras. Ikan sapu-sapu termasuk ikan pembersih yang gemar memakan lumut maupun partikel kecil yang menempel di kaca aquarium. 

Ikan sapu-sapu lebih suka berada di dasar aquarium atau menempel di dinding kaca. Mereka termasuk tenang dan tidak banyak bergerak sehingga aman ditempatkan bersama ikan hias lainnya. Yang paling utama, kehadirannya dapat mencegah adanya lumut dan kerak. 

Nah, itu dia 8 cara membersihkan aquarium agar tampilan aquarium kinclong dan kamu pun bisa menikmati keindahan ikan hias dengan nyaman. Selamat mencoba!

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.