Pinhome Home Service

Beranda Artikel Relaksasi 7 Cara Memakai Body Scrub yang Tidak Melukai Kulit
cara memakai body scrub
Relaksasi

7 Cara Memakai Body Scrub yang Tidak Melukai Kulit

  • 26 Nov, 2021 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Body scrub memang bisa mengangkat sel kulit mati pada tubuh. Sayangnya, sembarangan menerapkan cara memakai body scrub bisa melukai kulit dan menyebab iritasi.

Bagaimana tidak, produk perawatan kulit yang mirip lulur ini hadir dalam bentuk krim dan bubuk dengan partikel butiran yang kasar. Butiran yang kasar ini memang bermanfaat, tetapi salah diaplikasikan bisa melukai kamu.

Baca Juga:

Cara Memakai Body Scrub yang Benar

Guna mencegah hal tersebut, yuk simak bagaimana cara menggunakan body scrub yang benar di bawah ini!

Memilih Body Scrub yang Aman

cara memakai body scrub
(Swiss Cosmetics)

Manfaat body scrub memang berlimpah untuk kulit. Selain mencerahkan dan menyehatkan kulit, produk perawatan ini bisa menghaluskan dan melembapkan kulit, lho.

Walau begitu, kamu harus benar-benar memperhatikan pemilihan body scrub yang aman untuk jenis kulit kamu. Untuk dapat menemukan produk body scrub yang sesuai dengan jenis kulitmu, kamu harus benar-benar tahu karakter kulitmu sendiri.

Apakah kulitmu termasuk sensitif, berminyak, atau kering?

Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan kandungan yang terdapat di dalam body scrub. Apakah produk tersebut mengandung bahan kimia yang berbahaya atau tidak?

Jika belum menemukan body scrub yang cocok, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti kopi, madu, gula dan bahkan teh hijau.

Menurut sejumlah penelitian, kandungan pada kopi dapat membantu memudarkan selulit. Adapun madu berfungsi sebagai zat antibakteri. Kemudian, teh hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk kulit.

Mandi Air Hangat Sebelum Memakai Body Scrub

(Healthshots)

Body scrub mengeksfoliasi kulit dengan cara mengangkat kotoran serta kulit mati. Nah, body scrub akan lebih efektif apabila pori-pori terbuka.

Itu sebabnya, sebelum memakai body scrub, mandilah dengan air hangat sehingga dapat membuka pori-pori kulit. Selain itu, mandi dengan air hangat dan sabun juga dapat mengangkat kotoran sekaligus minyak yang menempel pada tubuh.

Ditambah lagi, mandi air hangat juga akan membuat tubuhmu jadi lebih relaks. Namun, jangan mandi air hangat terlalu lama, ya, karena bisa membuat kulitmu kering. Kini, sudah tahu bukan kapan harus menggunakan body scrub agar hasilnya lebih efektif?

Oleskan Body Scrub ke Seluruh Tubuh

cara memakai body scrub
(Freepik)

Selain membuat kulit tampak mulus dan sehat, penggunaan body scrub dapat membantu penyerapan kandungan skin care.

Setelah mandi dengan air hangat, kamu bisa mengusapkan body scrub ke seluruh tubuh. Untuk body scrub yang menggunakan kemasan tube, kamu bisa langsung menuangnya ke tangan.

Namun, untuk body scrub yang dikemas dalam kemasan jar berukuran besar, ada baiknya menggunakan spatula. Teknik ini bertujuan untuk menjaga body scrub agar tetap higienis. Apalagi, body scrub kemasan besar akan terpakai dalam jangka panjang.

Mulailah mengoleskan body scrub dari bagian kaki terlebih dahulu, kemudian lanjutkan ke area seluruh tubuh, termasuk lengan, dada, leher, dan punggung.

Hindari menggunakan body scrub pada wajah karena produk ini diformulasikan khusus untuk kulit tubuh. Adapun scrub untuk wajah atau face scrub umumnya memiliki butiran yang lebih halus karena kulit wajah lebih sensitif.

Baca Juga:

Oleskan Body Scrub Sembari Memijat

(Freepik)

Jadikan rutinitas menggunakan body scrub sebagai kesempatan untuk self-care. Apalagi, penggunaan body scrub diketahui dapat memperbaiki mood.

Selagi mengoleskan body scrub ke seluruh tubuh, kamu bisa melakukan pijatan lembut. Lakukan gerakan memutar dan menggosok perlahan.

Selain mengangkat kulit mati, pijatan ringan ini akan membuatmu lebih tenang. Efeknya akan langsung terasa, terlebih kalau kamu sibuk dengan aktivitas padat sehari-hari.

Bilas dengan Air Bersih

Setelah menggunakan body scrub ke seluruh tubuh, selanjutnya adalah membilas dengan air bersih. Jika sebelumnya kamu mandi dengan air hangat, sebaiknya basuh dengan air dingin saat dibilas.

Membilas tubuh dengan air dingin sekaligus bertujuan untuk menutup pori-pori. Selanjutnya, keringkan tubuhmu menggunakan handuk lembut.

Gunakan Body Lotion

cara memakai body scrub
(Freepik)

Sempurnakan cara memakai body scrub dengan mengoleskan body lotion yang mengandung pelembap. Hal ini bertujuan menenangkan kulit setelah eksfoliasi.

Di samping itu, kandungan nutrisi pada pelembab juga akan lebih mudah terserap oleh kulit setelah eksfoliasi. Menurut American Academy of Dermatology, penggunaan pelembap 5 menit setelah mandi dapat menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi.

Baca Juga:

Gunakan Body Scrub 2-3 Hari sekali

Penggunaan body scrub dapat mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Alhasil, kulit menjadi lebih cerah, lebih bersih, dan lebih sehat.

Meski penggunaan body scrub ampuh untuk mengangkat kotoran, bukan berarti kamu boleh memakainya setiap hari. Penggunaan body scrub yang terlalu sering justru dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Idealnya, cara memakai body scrub adalah 3 hari sekali. Kamu juga boleh menggunakan body scrub saat kulit terasa kering, kasar, atau mengelupas. Namun, kalau kulitmu termasuk sensitif, sebaiknya gunakan body scrub seminggu sekali saja.

Untuk kulit sensitif, disarankan menggunakan body scrub dengan bahan alami. Pasalnya, body scrub yang tidak cocok dengan jenis kulit bisa menimbulkan iritasi berupa kemerahan, kulit menjadi kering hingga terasa terbakar.

Kalau terjadi reaksi iritasi seperti disebutkan tadi, sebaiknya segera hentikan pemakaian body scrub.

Buat kamu yang baru pertama kali mencoba body scrub, sebaiknya gunakan di sedikit area pada bagian siku. Metode ini berguna untuk mengetes apakah kulitmu cocok dengan kandungan yang terdapat pada body scrub tersebut.

Pemakaian body scrub juga tidak disarankan pada kulit yang terluka, ruam, atau terbakar sinar matahari (sunburn). Buat kamu yang memiliki kondisi kulit tertentu, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Demikian beberapa tips tentang cara memakai body scrub. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Featured Image Source: Popbela

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.