Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik Begini Cara Kerja Vacuum Cleaner!
cara-kerja-vacuum-cleaner
Elektronik

Begini Cara Kerja Vacuum Cleaner!

  • 20 Jul, 2022 oleh Aileen Velishya
  • 5 menit membaca

Vacuum cleaner atau yang lebih dikenal dalam masyarakat dengan penghisap debu adalah benda ajaib yang bisa membantu pekerjaan membersihkan rumah jadi lebih mudah. Awal kehadiran vacuum cleaner ini ditemukan oleh James Murray Spangler dari Amerika pada tahun 190 di mana keadaan vacuum cleaner digunakan atau dioperasikan dengan listrik dan berukuran sangat kecil dan ringan sehingga mudah digunakan. Sudah tahu cara kerja vacuum cleaner?

Kata ‘’vacuum’’ sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti ‘’ruangan yang hampa udara’’. Maksud dari kata tersebut berarti bahwa tekanan yang berada pada ruangan tersebut lebih rendah daripada tekanan atmosfer. Namun tahukah Pins bagaimana cara kerjanya? Tenang! Kali ini Pinhome akan berbagi informasi menarik tentang cara kerja vacuum cleaner lewat ulasan di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Vacuum Cleaner dan Fungsinya

(Canva)

Vacuum cleaner hadir dengan teknologi yang memudahkan aktivitas membersihkan rumah. Kini dengan adanya teknologi vacuum cleaner mempermudah pekerjaan rumah tangga dan lebih efektif. Vacuum cleaner dapat membersihkan kotoran halus atau debu, selain sulit terlihat kasat mata, dan keberadaan kotoran yang sulit dijangkau. 

Vacuum cleaner juga tersedia dalam beberapa jenis, yaitu seperti penyedot debu upright, canister penyedot debu upright, dan terakhir robotic penghisap debu. Selain memiliki manfaat menyedot debu, vacuum cleaner juga memiliki beberapa manfaat yang wajib kamu ketahui. 

Mengendalikan Serangga

Sebuah studi oleh Ohio State University menunjukkan bawah seringnya menyedot debu akan membunuh 96 persen kutu dan larva yang ada di rumah. Vacuum juga dapat menjangkau dan menangkap serangga seperti lalat atau nyamuk yang ada di sudut langit-langit. 

Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan

Vacuum cleaner mampu menyedot bulu hewan seperti anjing, kucing yang rontok pada lantai, bantal, dan selimut. Jangan lupa rambut rontok berlebih yang ada di lantai juga bisa vacuum cleaner sedot dengan mudah.

Membersihkan Jok, Karpet, dan Bantal

Selain menghilangkan debu pada ruangan yang ada di rumah, vacuum cleaner juga bisa membersihkan dalam mobil, seperti jok mobil, bagasi, dan remah-remah kotoran yang terdapat di karpet mobil.

Baca juga:

Menemukan Benda Kecil

Jika kamu kehilangan barang seperti anting, cincin, paku, atau perabot yang sulit dijangkau Pins tinggal ambil vacuum cleaner untuk menyedot daerah yang sulit dijangkau dan setelah itu Pins bisa langsung membuka kantong kotoran di vacuum cleaner.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dari Vacuum Cleaner

(Canva)

Vacuum cleaner merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang sangat mudah digunakan untuk menyedot debu dan kotoran. Namun, masih banyak orang yang belum memahami menggunakan vacuum cleaner dengan tepat. Nah ini ada beberapa kesalahan menggunakan vacuum cleaner yang masih sering dilakukan.

Tidak Mengosongkan Tempat Penampung Kotoran Secara Rutin

Sebagian besar penyedot debu mulai kehilangan uap saat kantung kotoran sudah agak terisi. Pentingnya periksa kantung kotoran saat akan menggunakan vacuum cleaner. Hal ini supaya membuat vacuum cleaner kamu tetap bekerja secara optimal.

Rawat Vacuum Cleaner dengan Baik

Perawatan pada barang elektronik sangat penting. Hal ini guna menjaga vacuum cleaner bekerja secara efisien. Perlu diingat lagi, jangan pernah menyimpan vacuum cleaner di bawah wastafel, karena air dapat merusak vacuum cleaner

Cara Kerja Vacuum Cleaner

(Canva)

Cara kerja vacuum cleaner bergantung pada komponen-komponen yang ada di dalamnya. Vacuum cleaner akan menjamin benda-benda di sekitar kamu lebih bersih dan higienis. Secara umum vacuum cleaner konvensional terdiri dari beberapa komponen seperti adanya intake port, exhaust port, motor listrik, kipas, filter, dan wadah penyimpan debu.

Prinsip kerja vacuum cleaner adalah proses hisap dan buang dengan menerapkan sejumlah konsep fisika untuk membersihkan kotoran secara efektif. Bagian fan atau kipas akan menghasilkan udara vacuum untuk menghisap debu melalui saluran yang sudah ada, kemudian disaring dan debu yang tersaring dikumpulkan di dalam wadah penyimpanan yang ada di vacuum cleaner. Secara teknis kerja vacuum cleaner sebagai berikut.

Saat kabel mesin dihubungkan ke stop kontak, maka listrik akan menghidupkan motor penggerak yang ada di dalam mesin. Cara kerja mesin vacuum cleaner adalah dengan menggerakkan motor penggerak yang terhubung dengan kipas seperti baling-baling. Ketika motor mulai bergerak maka kipas ini akan otomatis berputar.

Ketika kipas berputar akan memaksa udara dan partikel debu terhisap ke exhaust port melalui intake port karena baling-baling pada kipas didesain untuk menghisap. Partikel udara yang terhisap dan bercampur debu akan disalurkan melalui bagian dalam vacuum cleaner menuju penyaring udara (filter) sebelum menuju saluran ke arah luar. Partikel debu akan tersaring pada filter dan dikumpulkan pada wadah penampung debu di dalam vacuum cleaner. Sementara itu, udara tetap melewati filter.

Begitulah proses bagaimana debu bisa terhisap oleh vacuum cleaner dan tetap berada di wadah sampai kamu membuangnya keluar. Semoga informasi ini bermanfaat ya! 

Baca juga:

Walaupun kegunaan vacuum cleaner untuk membersihkan dan menyedot debu, tetapi vacuum cleaner juga perlu dibersihkan. Sama seperti AC yang harus rajin dibersihkan. Supaya AC yang sudah dibeli tahan lama dan tetap dingin, lakukan servis AC secara berkala. Bila AC tidak bekerja maksimal, pesan jasa perbaikan AC oleh teknisi dari Pinhome Home Service. Dengan biaya yang sesuai standar, Pins bisa mendatangkan teknisi AC profesional sesuai dengan keluhan yang dihadapi melalui layanan Perbaikan AC di aplikasi Pinhome. Download aplikasi Pinhome di sini.

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.