Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Ini Dia Cara Kerja Transmisi Manual yang Perlu Kamu Ketahui!
cara kerja transmisi manual
Otomotif

Ini Dia Cara Kerja Transmisi Manual yang Perlu Kamu Ketahui!

  • 1 Apr, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 6 menit membaca

Seiring berkembangnya zaman, kini mobil sudah tersedia dalam dua transimis, yaitu manual dan matic. Beberapa orang menganggap cara kerja transmisi manual terdengar lebih menyulitkan dibandingkan gigi mobil matic. Benarkah demikian? 

Bila kamu ingin tahu bagaimana cara kerja transmisi mobil, simak ulasan di bawah ini yuk agar lebih paham!

Baca Juga: 9 Motor Mirip Harley Dengan Harga Murah

Pengertian Transmisi Manual

cara kerja transmisi manual
(Pixabay)

Umumnya, transmisi manual adalah kotak persneling yang memungkinkan pengendara memilih antara rasio gigi yang berbeda. Dengan begitu, mobil bisa bergerak atau berjalan. 

Rasio roda gigi yang lebih rendah menawarkan torsi yang lebih besar, tetapi kecepatan yang lebih lambat. Sementara itu, rasio roda gigi yang lebih tinggi memberikan torsi yang lebih sedikit dengan kecepatan yang lebih kencang. 

Rasio gigi yang berbeda sering disebut sebagai kecepatan. Artinya, transmisi manual dengan enam kecepatan terdiri dari enam rasio gigi. 

Sederhananya, transmisi manual terdiri dari tiga poros dengan roda gig yang saling bertautan dengan ukuran yang berbeda. Poros input terhubung ke mesin lewat kopling. 

Countershaft (poros penggerak) menyatu dengan poros input dan mempunyai banyak roda gigi. Poros output menghubungkan poros penggerak ke batang penggerak hingga menuju roda. Begini cara kerja transmisi manual bila dijelaskan secara sederhana. 

Sementar itu, poros keluaran terhubung ke kotak transfer terlebih dulu pada mobil. Di samping itu, gigi mundur berada pada poros keempat agar arahnya berubah. 

Baca juga:

Cara Kerja Transmisi Manual

(Pexels)

Perbedaan mobil matic dan manual memang cenderung terdengar rumit. Pasalnya, kamu harus memindahkan sendiri gigi lewat persneling pada transmisi manual. 

Mobil dengan gigi manual pun menggunakan prinsip momen. Maksudnya, adanya perbandingan roda gigi menghasilkan momen yang sesuai dengan beban mesin saat kamu mengendarai mobil. 

Tidak hanya itu, gigi manual bekerja dengan prinsip yang simpel. Perbedaan kecepatan yang dikeluarkan dapat terjadi dengan mengubah rasio roda gigi pada sistem transmisinya. 

Sebagai contoh, mobil yang sedang melewati jalan menanjak membutuhkan torsi yang lebih besar agar bebannya bisa ditahan. Torsi ini didapatkan dengan mengurangi kecepatan putar lewat transmisi sehingga torsi yang lebih besar pada daya yang sama. 

Di sisi lain, torsi yang lebih rendah mungkin akan membutuhkan kecepatan yang lebih besar. Bila dilihat dari cara kerja transmisi mobil manual, ini dibedakan jadi tiga macam, yakni sliding mesh, syncromesh, dan constant mesh

Nah, berdasarkan cara pemindahan gigi maka transmisi manual dibedakan menjadi tiga macam yaitu sliding mesh, constant mesh, dan syncromesh.

Baca juga:

Bagian Transmisi Manual

(Pexels)

Setelah memahami bagaimana cara kerja transmisi manual, jangan lupa kenali komponen dari jenis ini. Dengan begitu, kamu bisa lebih paham bagaimana merawat mobil manual kamu agar lebih tahan lama. 

  • Transmission Input Salt: poros yang berfungsi sama dengan kopling agar gigi dalam gearbox berputar. 
  • Gear Transmission: mengubah input tenaga dari mesin menjadi dari output gaya torsi sesuai kebutuhan. 
  • Synchroniser: penyesuaian gigi agar gigi bisa diubah ketika mesin mobil bekerja. 
  • Shift Fork: bertugas memindahkan gigi pada porosnya agar mudah dipasang atau dipindahkan. 
  • Shift Linkage: tuas penghubung antara persneling dengan shift fork
  • Gear Shift Lever: tuas pemindah persneling agar kamu bisa memindahkan gigi transmisi berdasarkan kebutuhan. 
  • Transmission Case: dudukan bearing transmisi dan poros-poros untuk penyimpanan oli transmisi. 
  • Output Shaft: poros untuk mengalirkan torsi dari sistem transmisi ke gigi dan menjadi dudukan persneling. 
  • Main Bearing: bantalan guna mengurangi gesekan antara permukaan komponen yang berputar pada sistem transmisi. 
  • Counter Gear: penghasil torsi dari gigi input menjadi gigi kecepatan. 
  • Reverse Gear: pengubah arah dari putaran output shaft agar bisa mundur. 
  • Hub Slave: kunci penyesuaian giig percepatan agar output shaft berputar atau berhenti. 
  • Speedometer Gear: menggerakkan kabel sebagai pengukur kecepatan mobil yang sedang berjalan. 

Baca Juga:

Tips Merawat Transmisi Manual

cara kerja transmisi manual
(Pexels)

Dibandingkan gigi matic, cara merawat mobil manual lebih sederhana dan bisa bertahan hingga ratusan ribu kilometer, lho

Bila dilihat dari cara kerja transmisi manual, kamu hanya perlu mengganti gigi oli sesekali. Umumnya, ini dilakukan setiap 40.000 hingga 70.000 kilometer tergantung kondisi dan kebiasaan pengendara. 

Jika kamu sering memacu mobil, penggantian oli gigi mungkin akan sesering setiap 20.000 kilometer. Pasalnya, transmisi manual tidak terlalu panas, oli roda gigi tidak begitu turun, tetapi mengambil partikel roda gigi, bantalan, dan sinkronisasi. 

Selain itu, transmisi manual tidak punya penyaring dan beberapa komponen hanya menyangkut dan tersangkut di tempat lain. Alhasil, bisa memicu keausan lebih cepat. 

Baca Juga: 10 Motor Matic 250cc Dengan Performa Terbaik

Cara Mengendarai Mobil Manual yang Benar

cara kerja transmisi manual
(Pixabay)

Demi mendapatkan mobil manual yang bertahan lama, Pins bisa coba beberapa tips di bawah ini, yuk!

  • Angkat sepenuhnya kaki dari kopling setiap perpindahan gigi untuk mengurangi tekanan yang tidak perlu pada kopling dan gearbox
  • Servis sistem pendingin mesin secara berkala untuk mencegah paparan panas berlebih. 
  • Bersihkan transmisi secara teratur dengan mengganti cairan di dalamnya dan cuci bagian tersebut setidaknya setahun sekali. 
  • Hindari menurunkan gigi saat ingin melambat karena tidak baik untuk mesin atau gearbox manual.
  • Tetap gunakan rem untuk memperlambat atau berhenti.
  • Periksakan transmisi setiap tahun untuk melihat apakah ada kebocoran atau masalah lainnya. 

Nah, itu tadi penjelasan seputar cara kerja mobil transmisi manual dan tips mengendarainya agar bertahan lama. Bila kamu menjumpai masalah pada mobil manual, segera datangi tempat servis terdekat untuk mengetahui apa penyebabnya, ya!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.