Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik Nah! Begini Cara Kerja Oven Listrik
Elektronik

Nah! Begini Cara Kerja Oven Listrik

  • 17 Aug, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 6 menit membaca

Oven listrik kini sudah bisa dibilang sebagai peralatan utama yang selalu ada di dapur-dapur rumah tangga. Karena selain multifungsi yang memudahkan proses memasak berbagai makanan, oven listrik juga banyak yang memiliki dimensi compact dan tidak memakan tempat. Tapi, ternyata cara kerja oven listrik bisa berbeda untuk beberapa makanan.

Namun sebelum memahami cara kerja oven listrik agar performanya maksimal, ada beberapa hal yang sebaiknya diketahui agar tidak hanya bermanfaat tapi si oven listrik juga memiliki daya tahan dan keawetan yang lama.

Cara Kerja Oven Listrik

cara kerja oven listrik
(Freepik/fabrikasimf)

Sebenarnya cara kerja oven listrik bisa dilihat dari jenis makanan yang akan kamu panggang. Berikut penjelasan lebih detailnya!

Baca Juga: Apa Kegunaan Bahan Keramik dalam Kompor Listrik? Hati-Hati ya!

Untuk Memasak Ayam Panggang

Ayam panggang bisa begitu sedap jika dimasak memakai oven listrik. Untuk ayam panggang, biasanya digunakan suhu 200-225 derajat celcius tergantung dari resep yang digunakan. Jangan lupa untuk memanaskan oven terlebih dahulu sambil Kamu membumbui ayam yang akan dipanggang.

Masukkan ayam ke dalam panggangan di atas rak dengan wadah loyang. Jika memanggang ayam utuh, usahakan dadanya berada di bagian atas. Biasanya, secara bertahap turunkan suhu sampai 190 derajat celcius hingga ayam matang.

Biasanya dibutuhkan waktu selama 60 menit tergantung dari besar ukuran ayam yang dimasak. Jika sudah matang, matikan oven listrik dan keluarkan ayam lalu tata di wadah yang Kamu kehendaki.

Untuk Memanggang Kue Kering

Untuk awal, panaskan terlebih dahulu oven listrik selama 10-15 menit di suhu 200 derajat celcius. Lalu secara perlahan turunkan ke suhu low medium atau sesuai dengan resep yang digunakan agar panas tetap stabil. Baru masukkan loyang berisi kue ke dalamnya dan panggang sesuai kue kering yang akan dimasak berdasarkan resep yang digunakan pula.

Untuk beberapa kue kering, terkadang ada arahan untuk memutar loyang searah jarum jam agar matangnya lebih merata. Tapi tidak untuk semua resep karena proses ini mengharuskan untuk membuka pintu oven.

Matikan oven listrik setelah kue kering matang dan sebaiknya diamkan sejenak hingga kue menghangat tetap di dalam oven namun posisi pintu oven terbuka sedikit. Setelah kue mendingin baru disimpan di wadah sesuai selera.

Baca Juga: Review! Oven Listrik Kirin vs Mito

Untuk Memanggang Kue (Cake, Bolu dan Sejenis Lainnya)

Mirip seperti memanggang kue kering, panaskan terlebih dulu oven listrik di suhu tinggi sekitar 200 derajat celcius selama 10-15 menit sementara Kamu melakukan proses pembuatan kuenya. Turunkan ke suhu low medium sesuai dengan resep lalu masukkan adonan kue ke dalam oven listrik.

Gunakan mode api atas bawah agar kue matang merata dan sempurna. Usahakan hanya membuka pintu oven dua kali ketika proses pemanggangan. Yaitu pada saat memutar loyang searah jarum jam jika diperlukan, karena terkadang tidak terlalu diperlukan. Lalu pada saat terakhir ketika memastikan kue sudah matang atau belum.

Cara yang biasa dilakukan untuk menentukan kue atau cake sudah matang adalah menusuknya dengan tusukan dari kayu, antara tusuk gigi atau tusukan sate. Jika sudah tidak ada kue yang menempel di tusukan berarti kue sudah matang.

Tips Menggunakan Oven

(Freepik/fabrikasimf)

Setelah mengetahui cara kerja oven listrik, kini kamu juga perlu mengetahui bagaimana penggunaannya yang tepat. Hal tersebut untuk meminimalisir adanya kerusakan.

Baca Juga: Review Oven Listrik Vs Oven Gas, Pilih Mana ya?

Pastikan Untuk Panaskan Oven Sebelum Digunakan

Di setiap resep yang menggunakan oven, Kamu pasti menemukan arahan untuk selalu memanaskan oven sebelum digunakan untuk menghangatkan maupun memasak makanan. Ada alasannya, lho. Yang itama agar panas yang dihasilkan stabil dan kualitas makanan yang dihasilkan juga lebih baik.

Memanaskan oven sebelum digunakan membuat kue tidak bantat atau menghindari kue tidak mengembang. Cukup panaskan oven 10-15 menit sebelum digunakan. Sementara dipanaskan, Kamu bisa menyiapkan atau mengolah bahan makanan yang lain. Jadi proses memanaskan oven ini tidak akan terlalu merepotkan, bukan?

Gunakan Loyang yang Tepat

Ternyata berbeda tipe makanan yang akan menggunakan oven juga sebaiknya menggunakan wadah yang berbeda. Dan umumnya, untuk oven biasanya menggunakan loyang, bukan panci seperti untuk di atas kompor.

Untuk memanggang kue kering, sangat disarankan untuk menggunakan loyang logam warna hitam karena dianggap sebagai penghantar panas terbaik. Jika panas dihantarkan dengan baik dan maksimal, kue yang dihasilkan akan lebih garing atau crispy.

Tapi jika ingin kue dengan hasil warna kecoklatan, coba memakai loyang keramik, kaca atau silikon. Memang tidak sebagus loyang logam hitam dalam menghantarkan panas, tapi dengan begitu tampilan kue akan lebih cokelat dan cantik

Tidak Membuka dan Menutup Pintu Oven

Sangat tidak disarankan untuk membuka dan menutup pintu oven di tengah-tengah proses memanggang. Jika ingin mengecek kematangan, sebaiknya di waktu yang memang dirasa sudah sesuai untuk matang, jangan membuka di tengah proses memanggang.

Karena membuka pintu oven di tengah memanggang bisa membuat kue gagal matang dan tidak mengembang, walaupun setelah itu proses memanggang dilanjutkan. Terutama untuk kue yang harus mengembang seperti chiffon cake, jika dibuka di tengah memanggang, sudah pasti kue ini akan langsung kempes dan tidak bisa mengembang lagi.

Membuka oven juga akan membuat proses memanggang jadi lebih lama. Dengan begitu, daya listrik yang dibutuhkan akan lebih besar dan pasti memakan biaya yang lebih mahal, kan?

Kurang lebih demikian cara kerja oven listrik yang bisa kamu perhatikan dan dilakukan agar hasil makanan lebih maksimal. Namun menjaga kualitas dari oven listrik itu sendiri juga tidak kalah penting ya Pins. Kini, sudah siap membuat makanan atau kue nikmat dengan oven listrik kesayangan? Selamat mencoba tips-tips di atas!

Selain oven yang harus dirawat, alat elektronik AC di rumah juga jangan luput dari perawatan, Pins! Bila AC tidak bekerja maksimal, pesan jasa perbaikan AC oleh teknisi dari Pinhome Home Service. Dengan biaya yang sesuai standar, Pins bisa mendatangkan teknisi AC profesional sesuai dengan keluhan yang dihadapi melalui layanan Perbaikan AC di aplikasi Pinhome. Download aplikasi Pinhome di sini.

Featured Image Source: Freepik/fabrikasimf


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.