Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Ini Dia Cara Kerja Mesin 2 Tak
cara kerja mesin 2 tak
Otomotif

Ini Dia Cara Kerja Mesin 2 Tak

  • 27 Apr, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 6 menit membaca

Kamu pasti sering mendengar tentang mesin 2 tak atau 4 tak. Apa sebenarnya beda keduanya? Bagaimana cara kerja mesin 2 tak? Apa bedanya dengan mesin 4 tak

Rata-rata kendaraan yang mengaspal di jalan atau beredar di pasaran saat ini memang telah menggunakan mesin 4 tak. Namun, sesekali kamu masih bisa menemui beberapa kendaraan bermotor dengan mesin 2 tak di jalan. Yuk sama-sama kita kulik faktanya!

Apa itu Mesin 2 Tak dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Kendaraan bermotor ini banyak digunakan pada era tahun 80-an sampai akhir 90-an. Di era itu hampir seluruh merek motor Jepang yang menguasai pasar Indonesia memiliki motor dengan jenis mesin ini. 

Beberapa di antaranya yaitu Yamaha RX-King, Suzuki Satria, atau Kawasaki Ninja 150 R yang menjadi favorit. Ciri yang paling mudah dikenali dari kendaraan ini yaitu suaranya yang berisik dan kasar serta asap kendaraan yang terlihat lebih tebal dari kendaraan motor pada umumnya.

Jadi, apa itu mesin 2 tak? “Tak” sendiri adalah istilah yang digunakan untuk mengetahui berapa banyak langkah yang terjadi di ruang pembakaran kendaraan. Mesin 2 tak berarti terdapat hanya dua langkah, sementara 4 tak memiliki empat langkah pemprosesan.

Baca Juga:

Komponen Penting Kendaraan

Bila membahas mengenai detail ruang pembakaran yang ada di dalam motor, ada 5 komponen penting pada kendaraan ini yang perlu diketahui. Hal tersebut pula yang mempengaruhi informasi cara kerja mesin 2 tak.

  • Pertama yaitu crank case untuk menampung campuran udara dan bahan bakar sebelum masuk ke combustion chamber atau ruang bakar. 
  • Kedua combustion chamber tempat terjadinya pembakaran.
  • Ketiga intake port atau saluran masuk udara dan bahan bakar dari karburator ke crank case
  • Keempat ada exhaust port sebagai saluran keluar gas sisa pembakaran. 
  • Terakhir yaitu transfer port yang berfungsi sebagai saluran penghubung antara crank case dan ruang bakar untuk mengirimkan campuran udara dan bahan bakar. 

Cara Kerja Mesin 2 Tak dan 4 Tak

(Kompas)

Setelah mengetahui komponen-komponen pentingnya, kini Pins bisa menelaah bagaimana cara kerja mesin 2 tak sendiri dan perbandingannya dengan kinerja mesin 4 tak.

Baca Juga:

Langkah Kerja Mesin 2 Tak

Cara kerja mesin 2 tak pada prinsipnya terdiri dari langkah hisap dan kompresi yang terjadi  ketika piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA), campuran udara dan bahan bakar masuk ke poros engkol dan dimampatkan pada langkah kompresi yang terjadi dalam satu langkah. Proses kedua yaitu langkah usaha dan buang yang terjadi saat piston bergerak sebaliknya dari TMA ke TMB, pembakaran terjadi akibat busi memantik campuran udara dan bahan bakar yang hasil pembakarannya langsung melalui katup outlet. Kedua tahap ini juga diringkas dalam satu langkah. 

Langkah Kerja Mesin 4 Tak

Sementara pada mesin 4 tak, setiap proses dilakukan dalam empat langkah. Tahap pertama adalah langkah hisap, terjadi ketika katup inlet terbuka, piston bergerak dari TMA ke TMB yang menyebabkan tekanan di ruang bakar vakum sehingga menyebabkan udara bisa masuk ke dalam ruang bakar. Langkah kompresi, terjadi ketika katup inlet tertutup dan piston bergerak dari TMB ke TMA yang menyebabkan campuran udara dan bahan bakar dimampatkan sehingga temperatur meningkat akibat  tekanan yang juga meningkat. 

Ketiga yaitu usaha, terjadi setelah busi memantik api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar sehingga terjadi ledakan di ruang bakar yang membuat piston bergerak dari TMA ke TMB. Langkah buang menjadi langkah keempat yang terjadi saat katup outlet terbuka sehingga piston bergerak dari TMB ke TMA yang menyebabkan gas hasil pembakaran dibuang melewati katup outlet menuju saluran exhaust

Baca Juga:

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 2 Tak

cara kerja mesin 2 tak
(Inews)

Masing-masing kendaraan jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Beberapa poin penjabarannya sebagai berikut.

Baca Juga:

Dari Segi Bahan Bakar

  • Cara kerja mesin 2 tak yang “memangkas” langkah membuat proses pembakaran tidak terjadi dengan sempurna sehingga tingkat emisi yang dihasilkan masih tinggi. Proses pembakaran yang terjadi hanya dua langkah juga menyebabkan konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih tinggi atau boros. 
  • Bahan bakarnya pun tidak sekadar bensin, mesin ini memerlukan bensin yang dioplos dengan oli khusus. Oli tersebut biasa disebut oli samping dan berfungsi untuk melumasi komponen pada silinder mesin. Penggunaan oli samping pada proses pembakaran menyebabkan asap motor 2 tak keluar melalui exhaust sehingga biasanya lebih pekat. 
  • Namun, motor bermesin 4 tak memiliki kelebihan pada penggunaan bahan bakar yang lebih irit serta tingkat emisi yang dihasilkan lebih rendah. Itulah mengapa tingkat polusi yang dihasilkan juga lebih kecil. Alasan lebih ramah lingkungan ini, menjadi salah satu alasan pula saat ini produsen kendaraan bermotor cenderung memilih untuk memproduksi kendaraan jenis 4 tak.

Kinerja Mesin

  • Beberapa kelebihan yang dihasilkan dari cara kerja mesin 2 tak yaitu akselerasi motor lebih tinggi, akibatnya tenaga yang dihasilkan pun lebih besar bila dibandingkan dengan tenaga mesin 4 tak. 
  • Cara kerja mesin jenis ini juga lebih sederhana dengan bobot mesin yang lebih ringan. Kelebihan mesin 2 tak ini sekaligus menjadi kekurangan mesin 4 tak. Akselerasi mesin yang dihasilkan motor jenis ini lebih rendah dan konstruksi mesin yang lebih rumit. 

Setelah mengetahui perbedaan cara kerja mesin 2 tak dan 4 tak, kini kamu bisa memutuskan mana jenis kendaraan yang lebih cocok dengan karakter dan kebutuhan kamu bukan? Butuh kendaraan dengan akselerasi tinggi dengan cara kerja yang sederhana. Mesin yang lebih ringan, tapi boros bahan bakar dengan tingkat emisi tinggi atau sebaliknya. 

Itulah mengapa merawat kendaraan pun menjadi bagian penting nih, Pins! Selain merawat mesin, kamu pun harus merawat tampilannya. Contohnya bila kamu mempunyai mobil. Cuci mobil secara rutin pun bagian dari cara merawat kendaraan yang baik. Pinhome Home Service yang menyediakan layanan cuci mobil datang ke rumah bisa kamu coba secara mudah. Download aplikasinya disini ya!

Baca Juga:

Featured Image Source: Modalin.com

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.