Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 17 Cara Inreyen Motor Baru dan Kapan Sebaiknya Dilakukan
Otomotif

17 Cara Inreyen Motor Baru dan Kapan Sebaiknya Dilakukan

  • 25 Jan, 2023 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Ketika motor sudah menempuh jarak tertentu maka perlu dilakukan inreyen. Lalu bagaimana cara inreyen motor baru? Jawabannya bisa Pins temukan di sini!

Inreyen atau break in adalah proses komponen mesin motor baru bergesekan agar saling menyesuaikan. Proses ini dianggap penting karena mampu membiasakan diri pengendara dengan motor baru.

Definisi Inreyen Motor

(Pexels)

Istilah inreyen sebenarnya sudah cukup akrab di telinga pecinta otomotif. Inreyen berguna untuk membersihkan mesin dari sisa serpihan logam saat proses perakitan kendaraan.

Proses inreyen juga mengarah kepada proses adaptasi komponen motor sebelum kayak digunakan. Dengan melakukan inreyen sendiri usia komponen internal akan bertahan lebih lama.

Inreyen juga sangat ditekankan oleh pabrikan sebagai proses yang penting dilakukan setiap pemilik kendaraan. Walaupun motor baru sudah mengalami proses pengujian yang ketat tapi setiap produknya belum tentu dapat langsung digunakan.

Kapan Inreyen Motor Baru?

(Pexels)

Cara inreyen motor baru perlu memperhatikan kecepatan dan ganti oli secara rutin. Masa inreyen motor ditetapkan hingga pemakaian 500 km pertama atau mencapai 1000 km.

Pada masa inreyen motor tidak boleh terbebani dan harus mengontrol kondisi laju kecepatan. Mesin bisa rusak apabila cara inreyen motor baru keliru diterapkan. Panduan inreyen sebenarnya bisa Pins simak dalam buku pedoman pemakaian sepeda motor yang diberikan ketika pembelian kendaraan.

Inreyen motor dilakukan untuk semua jenis kendaraan mulai dari motor bebek, matic hingga motor sport. Saat masa inreyen sebaiknya tidak digunakan dulu untuk berboncengan sebab bisa menambah beban kerja komponen dalam motor tersebut.

Baca juga:

Resiko Motor Tidak Inreyen

Motor baru yang tidak melewati inreyen juga menimbulkan resiko kerusakan tersendiri. Setiap pabrikan melakukan pengujian sebelum motor dipasarkan. Sayangnya motor langsung digeber untuk memastikan kondisi mesin apakah masih bisa hidup atau tidak.

Ketika motor sudah berada di tangan konsumen maka komponen mesin mulai bergerak dan bergesekan. Proses ini akan menghasilkan tingkat kehalusan yang berbeda-beda. Resikonya jika tidak dilakukan dengan benar atau sama sekali tidak melalui proses inreyen adalah komponen mudah mengalami aus.

Baca juga:

17 Cara Inreyen Motor Baru

(Pexels)

Bagaimana cara inreyen motor baru? Sebenarnya ada 17 langkah yang bisa Pins ikuti dalam proses ini yakni sebagai berikut:

  1. Mula-mula atur putaran mesin di rpm yang stabil dan tidak melebihi batas yang sudah dianjurkan pabrik. Untuk melihat batasan rpm bisa langsung membaca buku pedoman yang sudah diberikan saat pembelian motor baru
  2. Pada 500 km pertama batasi kecepatan hanya di kisaran 50 km/jam saja dan jangan terlalu cepat. Tujuannya adalah agar oli dapat masuk ke mesin dengan sempurna
  3. Saat menggunakan kecepatan tinggi di masa inreyen akan mempengaruhi usia komponen dari mesin sebab gesekannya berlebihan sehingga sangat tidak disarankan
  4. Hindari untuk melakukan pengereman mendadak agar kampas rem tidak cepat aus dan rusak
  5. Coba perhatikan kondisi ban motor dan jangan pakai medan basah atau licin agar menghindari resiko terjadinya slip
  6. Perhatikan suspensi dengan menghindari melewati medan ekstrim seperti lumpur dan bebatuan
  7. Dilarang untuk mengangkut beban berat terlebih dulu karena kinerja komponen mesin belum maksimal
  8. Ganti oli setiap motor sudah lewat 1000 km pertamanya
  9. Gunakan oli berkualitas dan yang dianjurkan dari bengkel resmi
  10. Komponen yang rusak saat masa inreyen perlu diganti segera agar performa motor kembali normal
  11. Pakai suku cadang asli sesuai anjuran bengkel resmi
  12. Jangan melakukan modifikasi apapun pada motor sebab memperbesar resiko kerusakan
  13. Lakukan servis motor secara rutin dengan melihat buku catatan servis  yang disediakan
  14. Servis motor sebaiknya dilakukan di bengkel resmi agar ditangani oleh pihak yang ahli di bidangnya
  15. Untuk motor matic akan terdapat komponen v-belt, pastikan kinerja komponen ini stabil dan bila terasa kurang enak saat berkendara langsung cek ke bengkel resmi
  16. Apabila motor sudah melewati 500 km pertama maka wajib dilakukan servis kembali
  17. Setelah dilakukan servis pada 500 km pertama maka Pins bisa memacu kendaraan lebih cepat yakni minimal 80 km/jam

Baca juga:

Kesalahan Umum Saat Inreyen Motor Baru

(Pexels)

Selain memperhatikan cara inreyen motor baru di atas, Pins juga perlu mengamati kondisi mesin setelah inreyen. Ketika melaju pengendara sering menahan posisi gigi dalam kecepatan tertentu dalam durasi waktu yang lama. 

Sebaiknya hal ini perlu Pins hindari karena proses perpindahan gigi sebaiknya tidak mencapai putaran tinggi namun torsi tetap ideal. Ketika motor baru sampai di tangan sebelum digunakan harus dipanaskan terlebih dulu.

Waktu pemanasan singkat yakni tidak sampai 10  menit agar membiarkan mesin hidup dalam kondisi langsam. Tanpa memanaskan mesin maka proses inreyen tidak akan maksimal.

Selama masa inreyen setiap pagi atau setelah motor diparkirkan lebih dari 6 jam maka lakukan pemanasan mesin selama 3 menitan. Tetap jaga performa mesin pasca inreyen dengan memperhatikan kapan sebaiknya servis motor.

Dengan inreyen yang tepat akan berdampak komponen mesin kian presisi. Cara inreyen motor baru tidak boleh membebani kendaraan dengan beban berat. Waktu penggantian oli dan servis dilakukan sesuai anjuran dari pabrik untuk menjaga performa mesin.

Source Feature Image: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah