Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Cara Dempul Mobil yang Penyok Agar Kembali Mulus
cara dempul mobil
Otomotif

Cara Dempul Mobil yang Penyok Agar Kembali Mulus

  • 12 Jan, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Seiring penggunaan, mobil tak jarang mengalami masalah di bagian bodinya. Misalnya saja lecet ataupun timbul penyok di beberapa area. Solusi atas masalah ini adalah dengan cara dempul mobil.

Dempul bisa dilakukan pada motor dan terdiri atas beberapa jenis. Alat dempul mobil berupa hardener yang biasanya sudah satu paket dengan bahan dempulnya. 

Yuk, simak dulu cara mendempul mobil beserta bahan yang dibutuhkannya berikut ini! Ada pula rekomendasi produk dempul yang dapat Pins gunakan nanti.

Baca Juga:

Jenis Dempul Mobil

cara dempul mobil
(builder)

Sebelum mengetahui alat dempul mobil, ketahui dulu jenisnya. Bila dibedakan berdasarkan penggunaanya, ada tiga macam dempul. Berikut jenis-jenisnya.

Polyester Putty

Dempul ini sering pula disebut dengan dempul plastik. Terbuat dari organic peroxide sebagai hardener, dempul ini berbahan banyak pigmen sehingga mampu menghasilkan lapisan yang tebal.

Keunggulannya mudah untuk diamplas dan diaplikasikan memakai kape dempul. Hasil tekstur dempul plastik adalah keras jika sudah mengering. Umumnya, dempul ini digunakan untuk menutupi penyok yang cukup parah.

Lacquer Putty

Bahan utama dari jenis dempul Lacquer Putty ialah acrylic resin dan nitrocellulose. Cara mengaplikasikannya dengan menyemprotkan tipis-tipis yang berfungsi menutupi lubang kecil. Alhasil, goreng pada mobil akan langsung hilang seketika.

Jika noda bodi mobil cenderung kecil, dempul Lacquer Putty dapat menjadi pilihan.

Epoxy Putty

Dempul jenis ini menggunakan dua bahan utama, yakni epoxy resin dan amine sebagai hardener. Keunggulannya adalah memiliki ketahanan yang baik atau anti karat. Daya rekatnya kuat sehingga bodi kinclong dalam waktu lama.

Kekurangan dari dempul Epoxy Putty adalah durasi pengeringan yang cukup lama. Jadi, dalam proses pengeringannya menggunakan oven pengering sehingga lebih cepat kering.

Baca Juga:

Rekomendasi Produk Dempul Mobil

(Hargaper)

Cara dempul mobil harus menggunakan produk yang berkualitas. Berikut beberapa pilihan produk dempul mobil yang bisa Pins pilih.

SanPolac

Ciri dari produk SanPolac adalah memiliki tekstur yang keras sehingga lebih cepat kering. Umumnya, SanPolac dijual bersama dengan resin. Ini berfungsi untuk meratakan bagian bodi yang berlubang atau retak.

SanPolac dapat digunakan untuk mendempul kayu, besi, dan dijual dalam dua varian. Varian pertama berbobot 1 kg dan yang kedua 1.4 kg. Produk dijual mulai dari Rp. 35.000.

Glasit

Glasit adalah merk dempul mobil yang memiliki ketahanan bagus. Harga dempul ini berkisar Rp. 70.000 per kg. Daya rekat kuat dan halus sehingga tampilan mobil dapat kembali seperti baru.

Baca Juga:

Alfagos Body Light

Selanjutnya, ada dempul Alfagos Body light yang dibanderol Rp. 145.000 per galonnya. Ketebalannya sempurna seperti bawaan asli pabrik. 

Daya rekat Alfagos Body light cukup baik. Manfaatnya dapat dijadikan elemen dasar dalam proses perbaikan mobil.

Autolux 66 PE Putty

Produk ini terdiri atas komponen base dan hardener yang berupa resin polyester. Autolux 66 PE Putty dapat diaplikasikan pada permukaan logam. Lapisan pada satu kali aplikasi lumayan tebal. Harga dari dempul ini berkisar Rp. 35.000.

Isamu

Dempul Isamu memiliki tekstur lunak dan lembut. Ada dia versi yaitu 1 kg dan 1.4 kg. Produk dempul Isamu dijual mulai dari harga Rp. 50.000 per unit.

Tanuri

Untuk kelas medium, gunakan merk dempul Tanuri. Harga produk ini mulai dari Rp. 85.000 per galonnya. Produk dempul Tanuri memiliki berat 3 kg per unit.

Baca Juga:

Persiapan Alat dan Bahan

Alat dempul mobil yang perlu Pins siapkan diantaranya adalah dempul sebagai bahan utama. Pins bisa menggunakan dempul sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia. Selain dempul, berikut alat yang dibutuhkan diantaranya:

  1. Thinner yang berguna untuk melarutkan zat pewarna dan zat perekat
  2. Sarung tangan dan masker untuk perlindungan diri
  3. Kertas atau amplas yang berguna untuk meratakan dempul agar hasilnya rata dan mulus
  4. Kain atau lap microfiber yang permukaannya halus sehingga anti gores
  5. Cat dasar yang terdiri atas cat basic abu-abu dan merah
  6. Jidar merupakan alat yang membantu proses pendempulan dalam bidang yang luas. Desainnya memanjang dan lurus sekitar 30-50 cm.

Cara Dempul Mobil

(Lifepal)

Untuk mendempul mobil yang keropos, siapkan bahan yang dibutuhkan. Bersihkan mobil dari debu agar hasil penyok atau goresan terlihat jelas. Setelah itu ikuti langkah mendempul mobil sebagai berikut:

  1. Gunakan sarung tangan dan masker untuk melindungi diri.  Mula-mula persiapkan dulu amplas dan body part fiber yang digunakan untuk dempul bagian atas. 
  2. Setelah itu campurkan zat perekat dan pewarna dengan thinner. Campuran dempul baru dapat digunakan setelah 25 menit. Proses pendempulan dilakukan di atas tatakan. 
  3. Pendempulan dimulai dengan aplikasi campuran cat basic dengan thinner terlebih dulu. Perbandingan antara keduanya adalah 1:1. Cat bagian yang ingin didempul. Setelah itu baru oleskan dempul ke bagian yang penyok.
  4. Pendempulan sebaiknya dilakukan tipis-tipis dan bertahap. Tujuannya agar dempul bisa merata. Tunggu dempul mengering baru setelah itu amplas.

Cara mendempul mobil akan semakin efektif bila mesin kendaraan dalam keadaan dingin. Mobil telah dibersihkan sehingga pendempulan dapat merata. Cara dempul mobil dapat jadi solusi mengembalikan bodi mobil seperti baru, deh.

Mengetahui cara dempul mobil memang penting. Namun, jangan lupa rawat mobil agar tidak cepat rusak dan tampilannya tetap mempesona, seperti mencuci mobil.

Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga:

Featured Image Source: Smartautomotive.org


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.