Pinhome Home Service

Beranda Artikel Resep Masakan 6 Cara Membersihkan Kepiting Sebelum Dimasak
Resep Masakan

6 Cara Membersihkan Kepiting Sebelum Dimasak

  • 19 Jul, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Kepiting adalah sajian seafood andalan yang banyak disukai karena rasanya yang lezat dan menggugah selera. Penyuka seafood wajib tahu nih cara bersihkan kepiting supaya bisa masak sendiri di rumah.

Tidak semua bagian kepiting dapat dimakan sehingga perlu dibersihkan dengan benar sebelum dimasak. Kalau kurang bersih, bagian yang seharusnya dibuang ini bisa berpengaruh ke rasa masakan. Nantinya juga cara makannya lebih ribet karena harus membuang bagian yang tidak bisa dimakan.

Karenanya, yuk, pelajari bagaimana cara bersihkan kepiting sebelum dimasak agar olahan seafood-mu makin lezat.

Pastikan Kepiting Masih Segar

(Shutterstock)

Rahasia olahan seafood yang lezat adalah produk yang masih segar. Makin segar, dagingnya makin enak dengan cita rasa yang gurih dan manis.

Sebaliknya, kepiting yang sudah mati lama, bukan saja rasanya kurang enak tetapi teksturnya juga lembek. Kepiting yang sudah tidak segar juga berbau lebih anyir dan dagingnya pun menyusut. Pastinya ketika dimasak hasilnya juga kurang sedap.

Jadi, supaya hasil olahanmu lezat, pastikan kepiting yang akan diolah masih dalam keadaan segar, ya.

Ciri-ciri kepiting segar bisa Pins kenali dari kondisi fisik, tekstur, dan warnanya. Jika kepiting masih bergerak, artinya kepiting masih hidup. Umumnya kepiting yang dijual di pasaran sudah diikat, tetapi Pins masih bisa mengamati gerakan matanya yang berkedip-kedip.

Kepiting yang bagus juga bisa diketahui dari teksturnya tidak lembek dan anggota tubuhnya lengkap. Selain itu, kepiting yang bagus juga berbobot lebih berat, yang artinya dagingnya lebih banyak.

Pins juga bisa mengecek kualitas kepiting dengan mengetuk cangkangnya. Jika bunyinya nyaring, berarti ada ruang udara di dalam cangkang dan dagingnya sedikit. Sebaliknya, kalau diketuk bunyinya tidak nyaring, artinya keseluruhan cangkang terisi daging.

Maka, pilihlah kepiting yang jika diketuk bunyinya tidak nyaring karena dagingnya lebih penuh dan padat.

Tips lainnya saat memilih kepiting adalah hindari membeli kepiting yang terendam air. Pasalnya, kepiting yang terendam air biasanya lebih amis dan dagingnya pun lembek.

Baca Juga:

Rebus Atau Kukus Kepiting

(Shutterstock)

Kalau Pins membeli kepiting yang masih hidup, maka masak dulu agar cara bersihkan kepiting jadi lebih mudah. Pasalnya, kalau dibersihkan dalam keadaan hidup, Pins akan kerepotan dengan serangan capitnya.

Pins bisa memasak kepiting dengan cara direbus maupun dikukus. Jika direbus, pastikan ukuran panci yang digunakan cukup besar sehingga keseluruhan kepiting bisa terendam air. Didihkan airnya terlebih dahulu, baru masukkan kepiting dan masak sekitar 10-15 menit.

Pins juga bisa menambahkan bumbu rempah agar aromanya makin menggugah selera.

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Babat Sapi Agar Tidak Bau

Buang Segitiga di Bawah Cangkang

(Shutterstock)

Cara bersihkan kepiting berikutnya adalah dengan membuang bagian berbentuk segitiga yang berada di bagian bawah tubuh kepiting. Pada kepiting jantan, segitiga ini berukuran lebih kecil dan lancip, sedangkan pada kepiting jantan bentuknya lebih lebar dan membulat.

Segitiga ini biasa disebut apron, dan bisa dibuang dengan mudah dengan cara menarik dari ujungnya hingga terlepas.

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Kaki Sapi Sebelum Dimasak

Lepas Bagian Karapas Kepiting

(Shutterstock)

Setelah membuang bagian berbentuk segitiga di bawah kepiting, cara bersihkan kepiting berikutnya adalah membuang karapas. Bagian karapas ini berupa lubang kecil yang bisa Pins temukan di antara tubuh dan cangkang atas.

Cara membersihkan bagian ini, Pins hanya perlu menariknya hingga terlepas. Setelah karapas terlepas akan keluar cairan “mentega kepiting” yang bisa ditampung untuk ditambahkan saat memasak kepiting.

Buang Insang dan Mandibular

(Shutterstock)

Cara bersihkan kepiting selanjutnya adalah membuang insang yang ada di bagian atas. Insang ini berbulu dan teksturnya tidak enak untuk dimakan. Jadi, buang saja semuanya tanpa sisa.

Setelah insang dibuang, selanjutnya periksa bagian bawah kepiting dan buang mandibularnya. Untuk melepasnya, Pins bisa melepasnya menggunakan benda runcing seperti pisau atau gunting.

Cuci Kepiting Sampai Bersih

(Shutterstock)

Cara bersihkan kepiting yang terakhir adalah mencuci bagian kepiting yang tersisa. Bilas dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel.

Setelah dicuci bersih, kepiting bisa langsung dimasak atau disimpan di kulkas agar tahan lama. Pins juga bisa memisahkan cangkangnya karena nantinya bagian ini juga tidak akan dimakan. Namun, tidak dilepas juga tidak mengapa karena cangkang kepiting mengeluarkan aroma yang lezat.

Kalaupun dilepas, jangan dibuang begitu saja karena cangkang kepiting bisa Pins manfaatkan untuk penyubur tanah. Selain itu, cangkang kepiting juga cocok digunakan untuk kaldu kuah seafood karena aromanya yang khas.

Demikianlah cara bersihkan kepiting sebelum dimasak. Setelah dibersihkan secara sempurna, selanjutnya Pins bebas mengolah kepiting dengan berbagai kreasi.

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

Kepiting yang segar dan bersih tentunya akan menghasilkan olahan yang menggugah selera, entah dimasak sup, dibakar, atau disiram saus. Selain kebersihan kepiting, kebersihan alat memasak dan area dapur juga sama pentingnya.

Selain lebih sehat, dapur yang bersih juga lebih enak dipandang sehingga suasana hati pun jadi lebih nyaman ketika bersantap. Jadi, pastikan Pins selalu menyempatkan waktu untuk bersih-bersih area dapur, ya.

Kalau butuh bala bantuan, ada layanan home cleaning dari Pinhome Home Service yang bisa dipanggil ke rumah. Caranya mudah karena bisa diakses melalui aplikasi Pinhome. Yuk, coba sekarang juga!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.