Pinhome Home Service

Beranda Artikel Resep Masakan 8 Cara Membersihkan Cumi-cumi yang Benar
Resep Masakan

8 Cara Membersihkan Cumi-cumi yang Benar

  • 20 Jul, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Cumi-cumi sering disajikan sebagai olahan asam manis. Cara bersihkan cumi agar tidak amis ternyata butuh banyak tenaga. 

Cara bersihkan cumi yang benar dapat mengikuti langkah dibawah ini. Pins akan memulai membersihkan cumi dari kepala hingga membuang kantong tintanya.

Cara Bersihkan Cumi Yang Benar

Langkah ini bisa digunakan untuk mencuci cumi asin ataupun cumi biasa. Ada pula bahan khusus untuk menghilangkan bahan amis pada cumi tersebut.

Cuci Dengan Air Mengalir

(Shutterstock)

Cara bersihkan cumi sebaiknya dibawah air mengalir. Tujuannya agar kotoran langsung rontok saat dialiri air. Apalagi cumi asin yang mengalami proses pengawetan memakai garam.

Sembari dicuci sebaiknya gosok bagian permukaan cumi agar kotoran yang menempel ikut rontok. Gunakan tekanan air yang rendah sehingga air tidak ciprat kemana-mana.

Potong Bagian Kepalanya

Bagian kepala cumi jarang sekali untuk diolah. Pisahkan dulu bagian kepala cumi dari badannya. Caranya mulai dengan pegang bagian ekor kemudian tarik kepala cumi memakai tangan lain.

Lakukan perlahan-lahan saja dan tidak buru-buru. Bagian kepala ini mudah sekali pecah. Selain itu bila terlalu cepat menarik bagian kepalanya akan membuat kantong tinta ikut pecah.

Baca Juga:

Bersihkan Kantung Tinta

(Shutterstock)

Kantung tinta berada satu garis dengan organ atau jeroan cumi. Setelah melepas bagian kepala maka organ ini akan mudah terlihat. Ambil kantong tinta memakai kuku atau bisa gunakan sarung tangan agar terhindar dari noda hitamnya.

Beberapa orang juga menambahkan tinta cumi-cumi dalam masakan sebagai penyedap rasa tambahan. Untuk mendapatkan tintanya dapat menusuk kantong tinta dan peras dalam satu sendok makan air atau cairan masak lainnya.

Tinta cumi ada di belakang matanya. Beberapa tetes tinta dapat ditambahkan dalam sajian untuk memberi warna khususnya pada hidangan pasta. Bila tak sengaja memecahkan kantung tinta tinggal dibersihkan memakai air keran hingga bersih.

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Babat Sapi Agar Tidak Bau

Potong Tentakel 

(Shutterstock)

Bagian tentakel cumi-cumi umumnya dikonsumsi. Biasanya diolah dengan cara digoreng dengan tepung. Bagian luarnya krispi namun kenyal di bagian dalam.

Pins dapat memotong tentakel dalam bentuk cincin. Langkahnya dengan menempatkan pisau di bawah mata cumi-cumi kemudian potong lurus ke bawah saja. 

Singkirkan Paruh dan Tulang Rawan

Tidak lupa hilangkan bagian paruh bila mengkonsumsi tentakelnya. Paruh cumi sendiri adalah sepotong tulang rawan yang tidak bisa dimakan. Posisinya berada di dasar tentakel dan terhubung ke kepala cumi-cumi.

Cara bersihkan cumi yang benar khususnya paruh adalah peras jaringan ikat di bagian atasnya dan paruh akan keluar dengan sendirinya.  Usai kepala dan tentakelnya dikeluarkan maka bagian ekornya masih tetap ada.

Bagian tabung ekor memiliki sepotong tulang rawan tipis dan bening. Tulang rawan ini disebut dengan sotong. Penampakannya berupa pecahan kaca yang tipis dan tidak bisa dimakan. 

Pegang dulu bagian tulang rawan dengan jari-jari. Tarik dari tabung tubuh cumi secara perlahan-lahan.

Baca Juga:

Buang Kulit Cumi-Cumi

(Shutterstock)

Tidak berhenti disitu saja cara bersihkan cumi  yang benar. Pins perlu membuang kulit cumi-cumi. Walaupun kulit berwarna gelap dan berbintik namun sebenarnya masih bisa dimakan.

Hanya saja sebagian besar juru masak memilih untuk membuangnya agar tampilan masakan lebih menarik. Untuk membuang kulit cukup lepas dari dagingnya dengan dikupas.

Setelah itu cuci bagian dalam tabung tubuh cumi-cumi. Pakai jari untuk mengeluarkan sisa kotoran baru keringkan dulu beberapa menit sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya.

Hilangkan Giginya

Bagi Pins yang ingin memasak bagian tentakel dengan kepala cumi perlu membuang giginya terlebih dulu. Bagian ini umumnya memiliki ukuran kecil berwarna hitam.

Langkah untuk membuangnya dengan cara menekan bagian tersebut dengan perlahan. Setelah itu putar hingga gigi terlepas dengan sendirinya.

Gunakan Bahan Ini Untuk Bau Amis

(Shutterstock)

Satu lagi bagian tersulit saat membersihkan cumi adalah menghilangkan bau amisnya. Kini Pins tidak perlu bingung lagi cukup andalkan bahan dapur ini saja. 

Pins dapat menggunakan asam jawa dengan mengoleskannya ke seluruh bagian cumi. Pins dapat pula merendamnya dengan air mendidih selama 15 menit untuk menghilangkan kotoran tersisa dan membuatnya lebih lunak.

Bila masih kurang cukup untuk menghilangkan baunya dapat diberi perasan jeruk nipis.  Setelah mencuci cumi kemudian peras jeruk nipis. Biarkan selama 15 menit baru dicuci kembali hingga bersih.

Baca Juga : 10 Resep Cumi Bakar Anti Alot dan Enak

Cara Menyimpan Cumi

(Shutterstock)

Cumi bila tidak ingin diolah segera bisa dimasukan ke kulkas. Pins dapat memasukkannya ke wadah kedap udara. Saat membungkusnya dalam wadah tidak lupa masukan beberapa potongan jeruk.

Tujuannya agar tidak membuat kulkas berbau amis walau cumi disimpan dalam waktu lama. Simpan di bagian freezer hingga dalam keadaan beku. Langkah ini tidak akan membuat cumi mudah busuk.

Lamanya cumi bisa bertahan hingga satu bulan. Jika cumi disimpan dalam keadaan matang bisa divakum dan dimasukan ke dalam freezer. Cara bersihkan cumi yang benar akan mampu membuatnya tetap segar.

Ketika mengolahnya jangan terlalu lama direbus agar tidak alot. Masak dengan api kecil. Cumi dapat diolah dalam bentuk tumisan maupun pelengkap sup. Bagaimana mudah bukan cara membersihkan cumi diatas?

Nah, setelah Pins mencoba cara ini, jangan lupa membersihkan area dapur supaya tetap enak dilihat ya! Jika butuh bantuan untuk bersih-bersih dapur, Pins dapat mencoba layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service yang terdapat di aplikasi Pinhome. Harganya mulai 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.