Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Ini Dia Cara Mudah Agar Suara Amplifier Jernih
Cara agar suara amplifier jernih
Otomotif

Ini Dia Cara Mudah Agar Suara Amplifier Jernih

  • 14 Jan, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Perangkat audio pada kendaraan memiliki amplifier sebagai penjernih suara. Seiring waktu, kemampuan amplifier bisa berkurang. Namun, kamu bisa mulai memperhatikan jenis kabel dan komponen amplifier sebagai salah satu cara agar suara yang dihasilkan jernih.

Yuk, kenali dulu seluk beluk terkait amplifier berikut ini! Jika sudah mengetahui detailnya, akan mudah memahami penyebab suara amplifier tidak jernih.

Baca Juga:

Apa Itu Amplifier?

(kitaanaknegeri)

Amplifier adalah perangkat elektronik yang berguna memproses gelombang suara masuk. Contohnya saja pada HP dan DVD yang mana amplifier mampu meningkatkan suara jadi lebih besar.

Amplifier sering digunakan pada perangkat audio dengan sound speaker. Selain menguatkan suara, amplifier berfungsi mengatur karakteristik suara. Pins bisa mengubah suara melalui amplifier sesuai kebutuhan.

Fungsi lainnya adalah mampu menyesuaikan suara atau output yang dikeluarkan dari perangkat audio. Umumnya, perangkat pada CD/DVD ataupun MP3 Player memiliki karakter output yang berbeda. Suara yang dihasilkan dapat berubah lebih besar dan jernih. 

Komponen penyusun amplifier adalah trafo sebagai penyuplai arus listrik. Elco atau Electrolyte Capacitor yang berguna menyesuaikan suara input menjadi output.

Transistor final mengalirkan arus listrik positif dan negatif pada amplifier. Cara kerja transistor final membutuhkan heatsink atau pendingin agar tidak overheat. Tone control berguna mengatur volume, treble, middle, balance dan bass.

Baca Juga:

Cara Kerja Amplifier

Cara agar suara amplifier jernih
(Pinterest)

Cara kerja amplifier dimulai dari tahapan penguat tegangan sampai tahap output berupa suara. Cara kerjanya dapat disimpulkan melalui tiga tahap di bawah ini.

Tahap Penguat Tegangan

 Pada tahap ini ada penguat tegangan berupa sinyal dari input yang akan dialirkan ke amplifier. Ada kisaran milivolt yang mampu menggerakkan tahap berikutnya. Tegangan dapat dicapai memakai dua atau lebih amplifier.

Tahap Driver

Tahap ini menampilkan aplifikasi tegangan dan output. Dalam tahap ini dibutuhkan daya yang cukup sehingga output yang dikeluarkan maksimal.

Tahap Output

Tahap ini terdiri atas dua pilihan, yakni pengaturan push and pull dan transistor tunggal. Kebanyakan orang akan memilih memakai push – pull. 

Alasannya pengaturannya lebih efisien dengan out daya yang relatif tinggi. Kelebihan lainnya adalah adanya pembatasan arus DC serta pembatalan harmonik.

Baca Juga:

Penyebab Suara Amplifier Tidak  Jernih

Amplifier yang mengalami kerusakan akan ditandai dengan output atau suara yang tidak jernih. Suara akan pecah bahkan tidak mengeluarkan output sama sekali. Ada beberapa penyebab kenapa suara amplifier tidak jernih.

Kualitas Kabel RCA Buruk

Ketika suara amplifier jelek, coba cek bagian kabel RCA dan jack RCA. Pasalnya, kabel yang buruk dapat menyebabkan output berkualitas jelek. Solusinya tinggal mengganti kabelnya saja.

Selain kualitas kabel yang buruk, Pins perlu membersihkannya dari kotoran atau karat. Untuk membersihkannya tinggal mengelap memakai lap lembut. Hindari kabel dari area lembab atau air

Transistor Final & Rangkaian Pre Amp Rusak

Bila amplifier suara yang dihasilkan serak, lakukan pengecekan pre amp. Dalam rangkaian ini, ada transistor atau IC OP-AMP. Transistor umumnya menggunakan A733 dan C945.

Transistor final yang rusak dapat menyebabkan suara amplifier tidak jernih. Kekurangan daya juga mampu membuat komponen amplifier mudah rusak. Ganti komponen ini dengan segera. 

Tone Control Atau Trafo Kurang

Tone control memiliki fungsi bass booster, volume control dan subwoofer filter. Bila diarahkan ke tone control, ini akan langsung terhubung ke input PCB amplifier.  

Apabila kapasitas input power tidak maksimal, out yang dihasilkan juga tidak optimal. Apabila speaker berdaya 500 watt ke atas, gunakan trafo minimal 10 A yang memiliki tegangan output AC 32 volt ke atas. 

Sesuaikan trafo dengan speaker. Jika hasilnya tetap buruk, periksa diode bridge dan kapasitor supply.

Baca Juga:

Cara Agar Suara Amplifier Jernih

(Bliaudio.com)

Cara agar suara amplifier jernih, tidak serak dan tidak pecah dapat memperbaiki power supplynya. Adapun cara yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Pemasangan Ground dan Power Supply

Salah satu cara agar suara amplifier terdengar jernih adalah memasang ground dan power supply dengan benar. Periksa lagi apakah potensio menempel dengan body box besi atau aluminium. Selain itu, jangan sembarangan merakit power supply, ya.

Kualitas trafo dan elco juga harus yang terbaik. Dengan begitu performa amplifier mampu optimal.

Cek Kondisi Kabel

Kabel berfungsi menyalurkan input amplifier. Cek kondisi kabel dan tempatkan pada posisi yang tepat. Rakit kabel dengan rapi agar suara amplifier lebih jernih. Kabel yang tidak tepat mampu membuat arus power supply tidak stabil.

Gunakan Pendingin Transistor Bagus

Cara agar suara amplifier jernih dengan memasangkan pendingin transistor berkualitas tinggi. Tujuannya agar final power amplifier tahan lama.  

Semakin bagus pendinginnya, final amplifier akan semakin aman. Pins juga dapat menambahkan kipas untuk meningkatkan pendingin.

Cara Merawat Amplifier

Cara agar suara amplifier jernih
(bliaudio)

Cara merawat amplifier sebenarnya tidak begitu sulit. Kamu hanya perlu menjauhkan alat ini dari tempat yang lembap dan berair. Ini bertujuan mencegah kerusakan pada kabel, seperti berjamur atau karat.

Letakan di tempat kering namun tidak langsung terkena paparan matahari. Hindari getaran maupun benturan. Apabila penggunaanya sudah 10 tahun, ganti komponen ELCO.

Perhatikan stabilitas listrik pada 220 volt. Rajin membersihkan kabel dari debu dan perhatikan ventilasi udara. Cara agar suara amplifier jernih di atas juga membantu bila timbul masalah dari output yang dihasilkan.

Baca Juga:

Featured Image Source: Olx.co.id

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.