Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Intip Perbandingan Biaya Ganti Oli Mobil di Rumah VS di Bengkel
Otomotif

Intip Perbandingan Biaya Ganti Oli Mobil di Rumah VS di Bengkel

  • 9 Mar, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Oli menjadi pelumas mesin sehingga performa kendaraan selalu optimal. Biaya ganti oli mobil tergantung dari jenis pelumas yang digunakannya.

Mobil memiliki 7 jenis oli yang perlu diganti secara rutin. Diantaranya oli mesin, sintetis, transmisi, oli rem, gardan, power steering dan transfer.

Oli mesin biasanya dapat diganti secara mandiri. Walaupun begitu ada yang lebih memilih menggantinya di bengkel dengan tenaga profesional. Lalu bagaimana perbandingan biaya ganti oli sendiri dengan bengkel? Cek dulu disini!

Baca Juga: Fungsi Kunci Pas: Spesifikasi Ukuran Kunci Pas dan Gambarnya

Fungsi Ganti Oli Mobil

Mobil yang jarang dipakai pun tetap harus ganti oli. Oli mesin sendiri memiliki beberapa manfaat pada kendaraan. Gunanya adalah untuk mengurangi gesekan antar komponen.

Bila mesin tidak mendapatkan cukup pelumas maka komponen mesin akan cepat aus. Hal ini menyebabkan mobil turun mesin atau mogok. Fungsi lainnya dari ganti oli ialah mampu mendinginkan mesin.

Gesekan antar komponen ini akan menghasilkan suhu panas yang tinggi. Panas ini berasal dari pembakaran di ruang mesin. Disini pula tugas oli sebagai pendingin komponen mesin baik piston dan dinding silinder.

Suhu yang dingin akan mampu menghindari overheat. Komponen mesin mobil terbuat dari bahan logam. Penggunaan oli mampu mencegah karat pada permukaan logam tersebut.

Tak hanya itu saja oli juga mampu membersihkan mesin. Oli mendorong setiap kotoran seperti sisa karbon maupun partikel logam yang timbul dari gesekan ke bak penampung oli.

Kotoran ini nantinya akan disaring dan terkumpul dengan magnet. Oli mampu membersihkan kotoran hingga ke celah tersempit.

Baca Juga : 15 Merk Charger Mobil Terbaik untuk Hp

Biaya Ganti Oli Mobil Di Rumah

(MrCleanCarWash)

Ganti oli bisa dilakukan secara mandiri namun tetap perlu keterampilan yang mumpuni. Bila dibandingkan dengan ganti oli di bengkel tentu akan jauh lebih hemat.

Pins hanya perlu menyediakan oli mobil dan filter oli saja yang bisa didapatkan dengan harga Rp. 40.000. Misalnya saja untuk oli mobil Agya yang termasuk dalam LCGC hanya membutuhkan 3.5 liter.

Sementara harga oli 1 liter berkisar Rp. 100.000-Rp. 150.000 terkandung dari spesifikasi SAE oli.  Beberapa mobil membutuhkan 9 liter pelumas saat ganti oli misalnya saja Toyota Land Cruiser 1HD-T.

Besaran oli yang dibutuhkan tergantung spesifikasi mobil seperti kapasitas mesin yang dipakai. Ganti oli dilakukan setiap 6 bulan sekali bila kondisi normal atau jika menempuh jarak 10.000 km.

Apabila kondisi berat perlu dilakukan 3 bulan sekali atau 5000 km. Apabila memakai mesin turbo ganti oli ketika indikator oil life atau setiap 6 bulan sekali.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ganti Oli Mobil Sendiri

(Pexels)

Sebelum mengganti oli sendiri pastikan waktu penggantian tepat sesuai dengan yang disarankan diatas. Jika terlambat maksimal 10 % dari waktu usia oli tersebut. Selain itu jangan ganti-ganti spesifikasi oli yang dipakai.

Misalnya saja untuk oli Mitsubishi Xpander menggunakan SAE 0W-20. Jangan sampai mengganti dengan spesifikasi oli lain seperti 5W-30. Penurunan grade spesifikasi oli akan mempengaruhi kinerja mesin kendaraan.

Tidak hanya mempengaruhi kondisi mesin namun juga suara yang dihasilkannya. Pada mobil modern mesin dirancang kompak namun spesifikasinya tinggi. 

Jika salah memilih oli atau tidak sesuai spesifikasi akan membuat piston dan komponen lain berhimpitan dengan jarak dekat. Imbasnya mesin berbunyi kasar, piston baret bahkan kompresi hilang.

Baca Juga : Berapa Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes? Simak Yuk!

Cara Mengganti Oli Di Rumah

(Pexels)

Ketika ganti oli mobil di rumah siapkan ember untuk menampung oli yang bocor. Buka penutup lubang oli mesin yang ada dibawah mesin dan tunggu hingga oli di mesin keluar semua.

Setelah itu buka filter oli untuk diganti dengan yang baru. Setelah itu tutup kembali lubang oli kemudian buka penutup oli di bagian atas mesin. Masukan oli baru dengan tuang sebotol demi sebotol.

Untuk botol terakhir pastikan menuang setengah dari kapasitas oli yang ada di wadah. Setelah itu cek dipstick oli apakah sesuai takaran atau batas maksimal atau belum. 

Baru setelahnya tutup oli mesin di bagian atas kemudian coba hidupkan mesin. Gunanya agar oli baru mampu bercampur ke ruang mesin.

Baca Juga : 12 Rekomendasi Oli Mobil Terbaik

Biaya Ganti Oli Mobil Di Bengkel

(Pexels)

Sebagian orang memilih untuk ganti oli mobil di bengkel karena lebih praktis. Selain itu ditangani oleh tenaga profesional. Pins juga dapat melakukan servis atau memeriksa adanya kerusakan pada komponen tertentu.

Dari segi harga tentu lebih mahal dibandingkan jika ganti oli mobil secara mandiri. Biaya ganti oli tergantung dari jenis oli yang digunakan hanya saja ada tambahan biaya untuk teknisinya.

Selain itu umumnya tersedia paket ganti oli. Selain mendapatkan oli dan filter baru juga engine cleaner. Selain dari segi harga kekurangan ganti oli mobil di bengkel ialah lamanya masa tunggu.

Tak jarang bengkel ramai sehingga Pins harus antri.  Dalam memilih bengkel mobil berkualitas sebaiknya yang mudah didatangi. Jika memungkinkan yang menyediakan layanan 24 jam.

Selain itu memiliki standar operasional yang jelas dan didukung dengan teknisi profesional. Gunakan bengkel resmi yang menyediakan suku cadang asli. 

Jadi Pins pilih mana setelah melihat perbandingan ganti oli mobil di rumah VS di bengkel diatas?



Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Source Feature Image: Bukalapak