Pinhome Home Service

Beranda Artikel Relaksasi Yuk Kenali Arti Warna Darah Bekam dan Bekasnya
Relaksasi

Yuk Kenali Arti Warna Darah Bekam dan Bekasnya

  • 22 Mar, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Bekam merupakan pengobatan tradisional yang sudah ada sejak zaman kerajaan Sumeria. Pengobatan yang mengeluarkan darah kotor ini telah dikenal mulai dari Mesir, Tiongkok, hingga Timur Tengah. Nah, setiap warna darah bekam punya arti tersendiri, lho.

Pengobatan yang menghabiskan waktu 20 menit ini dibagi jadi dua macam, yakni bekam kering dan bekam basah. Simak mengenai apa itu bekam serta warna arti darah yang dikeluarkan di sini, yuk!

Apa Itu Bekam?

(Pinterest)

Bekam adalah terapi yang memerlukan bahan yang mudah terbakar. Hal ini termasuk kertas khusus, alkohol, dan racikan herbal yang nantinya akan akan dibakar. Bahan tersebut dimasukkan ke cangkir dan ditempelkan pada permukaan kulit ketika api mati.

Jika cangkir sudah dingin, udara akan menarik menarik otot dan kulit. Akibatnya, pembuluh darah akan melebar dan kulit menjadi memerah. Walau begitu, bekam kering tidak menimbulkan bekas luka.

Sementara itu, teknik bekam basah cenderung menghisap darah ke dalam cangkir sehingga meninggalkan bekas luka. Meski begitu, teknik ini tergolong aman karena kulit akan diolesi dengan salep antibiotik dan perban.

Hal tersebut bertujuan mencegah infeksi di kemudian hari. Pins juga tidak perlu khawatir soal penampilan karena bekas bekam akan hilang sendiri dalam waktu 10 hari, kok.

Baca Juga: Penting! Ini 3 Larangan Setelah Bekam yang Harus Dipatuhi

Manfaat Bekam Bagi Kesehatan

(iStock)

Terapi bekam diklaim mampu mengatasi nyeri, herpes zoster dan jerawat. Hal ini didukung oleh penelitian pada 2012 yang diterbitkan jurnal PloS One. 

Meskipun demikian, laporan ini juga masih perlu diteliti lebih lanjut. Sementara itu ada beberapa manfaat bekam yang baik bagi kesehatan yang bisa Pins peroleh, antara lain:

Mengatasi Kelelahan

Bekam mampu mengatasi kelelahan dan mengurangi ketegangan saraf. Kelelahan ini timbul karena adanya saraf yang kaku. Selain melakukan bekam, tentu perlu diiringi dengan istirahat yang cukup agar hasilnya maksimal.

Mendeteksi Berbagai Penyakit

Pins ternyata bisa mendeteksi berbagai penyakit dalam melalui bekam. Pasalnya, arti warna darah bekam yang keluar bisa menandakan jenis penyakit yang tengah dialami. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penanganan secepatnya, deh.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Tidak hanya saraf yang lebih rileks, bekam memengaruhi kesehatan peredaran darah. Terapi ini membantu penyedotan darah kotor sehingga sirkulasi darah akan lebih lancar setelahnya. 

Membuang Racun

Manfaat lain dari terapi bekam ialah mampu membuang racun, kolesterol, dan angin. Ini terutama berlaku pada darah yang berkumpul dalam lapisan kulit. Angin, racun dan kolesterol ditarik ke luar dengan cara disedot darah kotornya.

Memperbaiki Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik sebab tubuh telah mengeluarkan racun. Bekam mampu meningkatkan aktivitas saraf belakang. Tak hanya itu saja, daya ingat mampu ditingkatkan.

Mengatasi Migrain dan Demam

Jika sedang mengalami gejala demam, ini dapat diturunkan melalui bekam. Bekam mampu menghalau patogen pengganggu dalam tubuh. Patogen tersebut dikeluarkan melalui darah kotor dan angin dalam cup bekam.

Sakit kepala juga dapat tertangani dengan baik. Terapi ini juga mampu mengeluarkan jaringan lemak yang ada di bagian pori-pori. Sistem metabolisme tubuh mampu berjalan dengan baik.

Efek samping dari terapi ini dapat berupa pembengkakan. Meskipun demikian, pembengkakan tidak bertahan lama. Ada pula memar dan lepuh karena kulit menerima sisa pembakaran.

Baca Juga: 10 Titik Bekam Kaki Beserta Manfaatnya

Arti Warna Darah Bekam

(Pinterest)

Seperti yang sudah disebutkan, terapi bekam bisa mendeteksi beberapa penyakit. Hal ini dapat terlihat dari warna darah kotor yang disedot saat proses bekam. Itu sebabnya, kenali apa arti warna darah bekam di bawah ini!

Ungu Gelap (Hitam)

Ungu gelap kehitam-hitam merupakan warna darah bekam yang mengindikasikan kekurangan pasokan darah dari saluran pembuluh darah. Kondisi ini bisa menandakan adanya darah beku akibat sirkulasi peredaran yang tidak lancar.

Ungu Bersama Bercak-Bercak

Bila warna bekas bekam berupa darah ungu dan disertai bercak-bercak, tandanya adanya gumpalan darah. Ada gangguan yang terjadi pada tubuh tapi mungkin tidak Pins sadari.

Merah Cerah

Tak jarang darah bekam berwarna merah cerah. Ini menunjukkan adanya darah panas yang dahsyat terinduksi oleh Yin.

Merah gelap

Sementara itu, arti warna darah bekam merah gelap merupakan lemak yang diindikasi dari aliran darah cukup tinggi. Penyebabnya adalah panas patogen.

Muncul Uap Air

Jika muncul uap air pada gelas bekam, ini menandakan adanya gas patogen. Lokasi gas berada di titik bekam tersebut.

Bintik-Bintik Ungu

Jika ada bintik bintik ungu, ada kelainan darah Qi dan darah statis.

Adanya Lecet

Terakhir, adanya lecet atau blister pada bekas bekam bisa mengindikasikan gangguan gas yang cukup parah pada tubuh. Adanya darah tipis pada blister menandakan reaksi gas panas toksin.

Pantangan Pasca Bekam

Ketika melakukan bekam, ada beberapa larangan yang perlu Pins hindari. Pantangan tersebut diantaranya tidak mengkonsumsi makanan dan minuman mengandung alkohol, susu, kafein dan daging olahan.

Upayakan tidak mengkonsumsinya 4-6 jam setelah bekam. Jauhi paparan panas misalnya mandi air panas atau melakukan sauna. Hal ini karena kulit masih sensitif usai terapi.

Usai terapi bekam tidak boleh melakukan latihan yang intens. Percepat pemulihan dengan lebih banyak istirahat. 

Terapi ini juga tidak disarankan dilakukan oleh ibu hamil dan anak dibawah usia 4 tahun. Wanita yang sedang menstruasi, epilepsi dna memiliki riwayat penyakit kulit juga sebaiknya menghindari terapi ini.

Pasien yang memiliki penyakit pembekuan darah juga tidak diizinkan melakukan bekam. Nah, itu tadi beberapa arti warna darah bekam beserta manfaatnya. Jangan lupa perbanyak istirahat agar bekas luka juga segera pulih.

Selain bekam, kamu bisa memesan layanan Massage dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome untuk tubuh yang lebih rileks. Ada berbagai jenis pijat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan badan Pins, ya. Download aplikasi Pinhome di sini.

Baca Juga: Ikuti Cara Menentukan Titik Bekam yang Tepat Berikut Ini


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.