Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 20 Arti Lampu Indikator Pada Mobil yang Wajib Dipahami
lampu indikator pada mobil
Otomotif

20 Arti Lampu Indikator Pada Mobil yang Wajib Dipahami

  • 19 May, 2022 oleh Pandu Pamungkas
  • 7 menit membaca

Tidak semua lampu indikator pada mobil adalah lampu peringatan. Beberapa menunjukkan fitur mobil, sementara sisanya masuk dalam kategori lampu peringatan. Itu sebabnya, penting memahami arti lampu indikator pada mobil. 

Sederhananya, warna pada lampu indikator yang menjadi pembeda, apakah itu peringatan atau bukan. Sebagai contoh, lampu hijau atau biru menandakan sistem sedang aktif atau beroperasi. Lampu oranye menunjukkan mobil perlu diservis. 

Wah, antara satu lampu dengan lainnya ternyata punya ciri khas masing-masing, ya? Maka dari itu, simak apa saja arti tanda lampu indikator pada mobil agar Pins tidak bingung apa yang harus dilakukan!

Baca Juga:

Arti Lampu Indikator Pada Mobil

Suhu Mobil 

(Reader’s Digest)

Arti lampu indikator suhu pada mobil menunjukkan mesin terlalu panas. Ini mungkin disebabkan oleh masalah cairan pendingin atau faktor lainnya. Bila hal ini terjadi, coba matikan AC mobil selama beberapa menit. 

Jika tidak kunjung berhasil, tepikan mobil dan matikan kendaraan. Lalu, dinginkan mesin setidaknya selama 15 menit. Namun, hindari membuka kap mesin dalam kondisi panas karena bisa menyebabkan luka bakar. 

Baca Juga:

Tekanan Oli

(Reader’s Digest Canada)

Jika menjumpai simbol ini, Pins mungkin perlu waspada. Pasalnya, simbol kaleng oli kuno ini memperlihatkan adanya masalah pada sistem tekanan oli mobil. 

Hal tersebut bisa terjadi akibat kehabisan oli atau pompa oli tidak dapat mengalirkan cairan untuk melumasi mesin. Sementara itu, mesin yang tidak terlumasi dengan baik bisa merusak mesin. 

Baca Juga:

Check Engine 

(Reader’s Digest Canada)

Lampu indikator mesin pada mobil ternyata bisa memiliki arti yang banyak.  Ada kalanya simbol ini muncul karena tutup gas yang terbuka, longgar, atau retak. Akibatnya, bahan bakar jadi menguap. 

Di sisi lain, check engine bisa menunjukkan peringatan masalah yang serius, seperti tekanan oli rendah atau suhu mesin terlalu panas. 

Baca Juga: Harga HRV Prestige Terbaru Hingga Spesifikasinya

Minyak Rem

(Reader’s Digest)

Bila Pins melihat simbol minyak rem atau kata “Brake” berwarna merah, rem parkir mobil masih aktif. Lampu inidikator ini juga bisa menandakan adanya masalah pada sistem pengereman. 

Baca Juga: 12 Komponen Rem Cakram Mobil Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Tekanan Ban 

(Reader’s Digest)

Dikenal sebagai Tire Pressure Monitoring System (TPMS), arti lampu indikator pada mobil ini memperlihatkan masalah dengan tekanan ban. Bila simbol tampak solid, tekanan pada satu atau lebih ban mobil terlalu rendah atau terlalu tinggi. 

Jika lampu indikator berkedip selama 60–90 detik ketika mobil dinyalakan dan tetap menyala meski tekanannya sudah benar, sensornya mungkin rusak. 

Di sisi lain, berkendara dengan tekanan ban yang tidak sesuai tentu tidak aman dan bisa menyebabkan kerusakan pada ban. Itu sebabnya, Pins perlu mengatur tekanan ban mobil hingga mencapai angka yang benar sesegera mungkin. 

Bensin

Lampu indikator bensin memang yang paling mudah diartikan dari kebanyakan simbol. Pasalnya, Pins tentu tidak ingin mengendarai mobil dalam kondisi tangki BBM kosong bukan? 

Jika simbol bensin menyala, kamu perlu ke pom bensin terdekat untuk mengisi bahan bakar. Dengan begitu, Pins tak perlu cemas harus mendorong-dorong mobil karena mogok akibat kehabisan bensin, nih

Baterai atau Aki

(Carvaganza)

Bila Pins melihat lampu indikator aki atau baterai menyala, artinya ada masalah pada sistem pengisian kendaraan. Ini bisa terjadi akibat kabel yang longgar atau rusak, masalah pada alternator, atau kerusakan pada sistem kelistrikan lainnya. 

Menyalanya simbol ini terkadang disertai dengan lampu depan yang meredup. Pada beberapa kasus, mobil tidak dapat dinyalakan sama sekali akibat aki soak. 

Baca Juga: Buruan Service Lampu Mobil Jika Kamu Temukan 4 Masalah Ini

ABS (Anti-lock Braking System)

(Kumparan)

Jika Pins mengerem dengan keras, khususnya di jalanan licin, ABS akan menekan rem agar roda tidak terkunci. Nah, lampu indikator ABS pada yang menyala ternyata punya arti ada masalah dengan sistem tersebut. 

Sabuk Pengaman

(Liputan 6)

Seperti pada gambarnya, lampu indikator ini hanya mengingatkan pengendara atau penumpang untuk mengencangkan sabuk pengaman. Lampu yang menyala ini biasanya dibarengi dengan suara alarm agar tidak lupa memakai sabuk pengaman. 

Kontrol Traksi 

(Otomotif Kompas)

Simbol mobil yang seperti berada di jalanan licin adalah lampu indikator yang menandakan sistem kontrol traksi mobil sedang aktif. Sistem ini memanfaatkan rem ABS untuk menentukan apakah satu roda berputar lebih cepat dari yang lain. 

Bila terdeteksi roda tergelincir, sistem akan mengaktifkan rem hingga mobil mendapatkan traksinya kembali. Fitur ini sangat membantu ketika Pins berkendara saat hujan maupun bersalju. 

Airbag

(Kumparan)

Arti tanda lampu indikator pada mobil yang menyala menunjukkanya adanya masalah dengan salah satu airbag atau seluruh sistemnya. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel. 

Airbag pada mobil bertujuan mengurangi dampak kecelakaan ketika mobil terbentur. Jadi, penting untuk memastikan airbag tetap berfungsi dengan baik, ya. 

Rem Parkir

Indikator lampu mobil
(Carvaganza)

Jika Pins melihat indikator yang simbolnya huruf P ditengah lingkaran. Maka symbol tersebut mengartikan bahwa Pins belum melepas rem tangan atau hand rem. Akan tetapi jika Pins sudah mematikan hand rem tapi indikatornya masih menyala. Pins bisa mengecek saklar rem, minyak rem pada tabung reservoir atau minyak rem. Ketiga hal ini juga bisa menyebabkan indikator P menyala.

Wiper

indikator mobil
(CD Icon)

Jika air yang ada di tabung reservoir hampir habis, maka indikator wiper akan menyala. Pins bisa mengisi ulang air yang ada di tabung reservoir jika ingin mematikan indikatornya. Pins bisa membersihkan kaca bagian depan dengan menggunakan wiper dan air yang ada di dalam tabung untuk mengurangi debu.

Traction Control

Indikator lampu mobil
(Practical Motoring)

Jika Pins melihat simbol ini di mobil, maka Pins harus bisa berhati-hati. Karena TRC Off ini akan menyala dan memastikan hanya sedikit putaran roda agar tidak terjadi slip. Pins harus berhati-hati karena biasanya TRC Off akan menyala ketika melewati permukaan yang licin.

Electric Power Steering

Indikator lampu mobil
(Otoblitz)

Simbol setir dengan tanda seru di sebelahnya ini akan menyala ketika mendeteksi adanya kerusakan. Biasanya Pins akan merasakan bahwa setir mobil menjadi lebih berat. Pins harus segera mengecek ke bengkel jika simbol ini menyala. Bisa saja ada kerusakan pada sistem kelistrikan mobil.

Immobilizer

Indikator lampu mobil
(Carvaganza)

Indikator ini akan menyala ketika kunci yang dipakai tidak dikenali. Pins tidak perlu khawatir untuk mengemudi jika indikator ini menyala. Pins bisa mencabut kunci dan memasukannya kembali jika sudah menggunakan kunci yang benar namun indikator masih menyala.

Pintu Terbuka

Indikator lampu mobil
(Agindo)

Jika Pins melihat indikator ini di speedometer mobil, maka Pins harus mengecek semua pintu yang ada di mobil. Karena indikator ini akan menyala jika ada pintu mobil yang kurang tertutup dengan rapat.

Lampu Sein

Indikator lampu mobil
(Liputan6)

Indikator hijau ini tentu tidak asing dilihat Pins di speedometer. Indikator hijau ini akan menyala ketika Pins menghidupkan lampu sein baik kanan maupun kiri.

Fog Lamp

Indikator lampu mobil
(Intersport)

Bukan hanya lampu sein saja yang memiliki indikator ketika menyala. Pada fog lamp juga akan memunculkan indikator berwarna kuning ini jika sedang menyala. Fog lamp sangat membantu ketika kondisi cuaca sedang berkabut.

Key Free

Indikator lampu mobil
(Carvaganza)

Jika Pins menghidupkan mobil tanpa kunci maka indikator ini akan menyala. Untuk menghilangkannya Pins membutuhkan kunci mobil untuk diletakkan di dalam mobil.

Nah, itu tadi beragam arti lampu indikator pada mobil yang perlu Pins ketahui. Perlu diingat bahwa beberapa mobil mungkin memiliki simbol indikator yang berbeda. Bila bingung, Pins bisa membaca buku manual mobil masing-masing ya. 

Selain memahami lampu indikator pada mobil, jangan lupa rawat sebagaimana mestinya, khususnya dengan mencuci mobil. Jika tidak punya waktu luang, Pins bisa memanfaatkan jasa Cuci Mobil Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome. 

Rekan Jasa yang datang akan membantu Pins mendapatkan kembali mobil yang bersih agar tetap percaya diri saat berkendara. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga: 12 Cara Merawat Mobil yang Baik Agar Kendaraan Tetap Awet


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.