Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik Ini Arti Lambang Pada Remote AC secara General
arti lambang pada remote AC
Elektronik

Ini Arti Lambang Pada Remote AC secara General

  • 15 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Memahami arti lambang pada remote AC memang tidak wajib, tetapi pengetahuan ini akan sangat membantumu dalam rutinitas sehari-hari. Pasalnya, kalau kamu menggunakan AC di kantor ataupun di rumah, pastinya kamu perlu melakukan pengaturan dengan remote.

Tombol-tombol remote AC memang tidak selalu sama pada setiap merek karena pabrikan tertentu kerap menambahkan fitur khusus. Namun, remote AC umumnya menggunakan lambang yang sama untuk fitur-fitur umum.

Mau tahu apa saja arti lambang tersebut? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Arti Lambang Pada Remote AC

Power On/Off

(freepik)

Simbol Power On/Off di mana-mana selalu sama. Lambang universal yang digunakan berasal dari angka 1 dan 0 yang disatukan.

Umumnya, tombol ini memiliki warna mencolok dan merupakan tombol paling atas. Fungsinya adalah untuk menyalakan ataupun mematikan AC.

Baca Juga: 15 Mobil Off Road Terbaik

Display

(Cablematic)

Selain lambang pada tombol, display pada remote AC menampilkan informasi pengaturan AC berupa angka dan simbol. Informasi yang ditampilkan berupa suhu, mode, timer, dan sebagainya.

Perlu diketahui, pengaturan suhu pada remote AC tersedia dalam satuan Celcius (C) dan Fahrenheit (F). Di Indonesia, masyarakat lebih familier dengan satuan Celsius.

Itu sebabnya, rentang suhu AC yang terpapar pada layar display adalah angka temperatur terendah 16 derajat hingga tertinggi 30 derajat Celsius.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Mobil Second di Bawah 100 Juta

TEMP

(myenergymonster)

Kode tulisan TEMP merupakan kependekan dari kata Temperature yang artinya suhu. Dalam hal ini, kode tulisan TEMP biasanya dilengkapi dengan tombol berlambang (▲) dan (▼).

Kedua tombol ini berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan suhu. Penggunaannya pun sangat mudah dipahami, yaitu tekan tombol UP (▲) untuk menaikkan suhu dan tombol DOWN (▼) untuk menurunkan suhu.

Semakin rendah pengaturan temperatur, tentunya suhu ruangan akan semakin dingin. Namun, ingat, pengaturan ini akan membuat listrik lebih boros karena AC bekerja lebih berat secara terus menerus.

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

Arti Mode pada Remote AC

(EdgeStar)

Dengan menekan tombol bertuliskan MODE pada remote AC, kamu bisa melakukan pengaturan operasi mode AC sesuai kebutuhan. Ketika tombol ini ditekan, pilihan mode AC akan muncul pada layar display secara bergantian.

Perlu diketahui, pilihan mode pada AC berbeda-beda tergantung merek. Namun, pengaturan AC pada umumnya memiliki opsi mode berikut ini:

Cool mode

Ditandai dengan simbol salju (*). Jika mode ini dipilih, ruangan akan menjadi lebih dingin tetapi konsumsi listriknya juga lebih tinggi.

Dry mode

Ditandai dengan simbol tetesan air. Jika mode ini dipilih, AC akan semakin mengurangi kelembapan udara sehingga udara terasa kering. Pengaturan ini ideal untuk ruang penyimpanan buku atau alat elektronik, tetapi tidak sehat untuk kulit.

Baca Juga: Yuk Kenali dan Pahami Cara Kerja AC Inverter

Auto mode

Ditandai dengan huruf A ataupun simbol anak panah yang tersusun melingkar. Jika mode ini dipilih, AC akan bekerja secara otomatis untuk menyesuaikan suhu ruangan dengan setting temperatur.

Bila suhu ruangan telah tercapai, AC akan beristirahat sejenak. Kalau suhu ruangan mulai naik, AC akan bekerja lagi secara otomatis.

Sleep mode

Ditandai dengan lambang bulan sabit. Arti lambang pada remote AC yang satu ini adalah untuk mengaktifkan pengaturan ideal saat menggunakan AC selama kamu tidur.

Fan mode

Ditandai dengan lambang seperti kipas. Jika mode fan diaktifkan, AC akan berfungsi seperti kipas angin karena fungsi pendinginannya berhenti bekerja.

Baca Juga: 16 Merk AC Terbaik dan Harganya yang Terjangkau

Timer

Tombol timer pada remote AC berfungsi untuk melakukan pengaturan berapa lama AC bekerja. Tombol timer biasanya ditandai dengan lambang berupa jam.

Jika tombol ini timer ON ditekan, remote AC akan menampilkan pilihan pengaturan waktu pada layar display. Kamu tinggal melakukan pengaturan waktu kerja AC dalam hitungan jam dan menit.

Nantinya ketika hitungan timer telah habis, AC akan mati dengan sendirinya. Pengaturan ini sangat berguna kalau kamu ingin agar AC mati secara otomatis saat kamu sudah tidur terlelap.

Jika ingin mematikan mode timer, kamu hanya perlu menekan tombol timer OFF. Semudah itu!

Swing

Istilah swing dalam bahasa Indonesia berarti berayun. Adapun arti lambang pada remote AC untuk swing adalah pengaturan arah embusan udara berdasarkan ayunan bilah kipas.

Dengan menekan tombol swing, Pins bisa mengatur arah embusan AC, apakah ke atas, ke bawah atau ke segala arah.

Baca Juga: Prinsip Kerja Motor Listrik yang Paling Utama

Fan

(Hnosperez)

Jika tombol swing digunakan untuk mengatur arah embusan AC, tombol Fan berfungsi mengatur kecepatan embusan AC. Saat tombol ini ditekan, akan muncul pilihan pengaturan kecepatan kipas pada layar display.

Umumnya tingkat kecepatan kipas ditandai dengan bar dari 1-5 tingkat. Makin tinggi bar yang dipilih, makin tinggi pula embusan kipas AC.

Baca Juga: 8 Perbedaan Air Cooler dan AC, Jangan Sampai Tertukar!

OK

Tombol OK pada remote AC berfungsi untuk menentukan pilihan pengaturan misalnya pada pengaturan timer. Jika tombol ini ditekan, artinya kamu memilih pengaturan waktu sesuai yang terlihat pada layar display.

Kemudian, kamu bisa melanjutkan ke pengaturan berikutnya.

Reset

Tombol reset pada remote AC berfungsi untuk mengembalikan pengaturan remote AC sesuai dengan setting awal dari pabrik.

Nah, itulah beberapa arti lambang pada remote AC beserta fungsinya. Kalau kamu baru pertama kali menggunakan remote AC, wajar bila masih merasa asing.

Namun, tidak perlu khawatir, seiring waktu kamu akan semakin familier dengan fungsi tombol AC dan arti lambang yang tertera. Apalagi, masing-masing lambang berupa simbol yang mudah diingat.

Setelah mengetahui arti simbol pada remote AC, kamu bisa lebih giat menjaga fungsi AC, bukan? Jangan lewatkan juga untuk membersihkan AC kamu agar performanya tetap terjaga.

Agar lebih aman, gunakan jasa cuci AC dari Pinhome Home Service yang bisa dipesan di aplikasi Pinhome. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga: 5 Penyebab Layar Remote AC Tidak Muncul


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.