Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Apa Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder? Ini Jawabannya
apa perbedaan baking soda dan baking powder
Kebersihan Rumah

Apa Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder? Ini Jawabannya

  • 6 Apr, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Apa perbedaan baking soda dan baking powder? Mungkin itulah yang sering jadi pertanyaan. Pasalnya, baking soda dan baking powder memiliki warna putih yang serupa layaknya tepung. 

Begitu juga dengan teksturnya yang tidak jauh beda semakin membuat banyak orang salah kaprah membedakan dua jenis bubuk tersebut.

Tak pernah absen sebagai komposisi ketika membuat sajian kue atau kreasi masakan lainnya, baking soda dan baking powder nyatanya memiliki perbedaan yang mendasar. Terlebih lagi untuk fungsi dan kegunaannya, baking soda dan baking powder akan memberikan efek yang berbeda. Seperti layaknya pada makanan, kedua bahan ini memang berfungsi untuk mengembangkan makanan, atau membuatnya menjadi lebih crispy.

 Lantas, apakah baking soda sama dengan baking powder? Sebelum jauh melangkah mengenal kegunaan dan fungsi baking powder serta baking soda. Ada baiknya, Pins menelaah beberapa fakta terkait serbuk serba guna tersebut.

Baca Juga:

Apa perbedaan baking soda dan baking powder?

(Unsplash)

Baca Juga:

Baking powder

Untuk Pins ketahui sebagai jawaban pertanyaan apa perbedaan baking soda dan baking powder, berikut beberapa fakta dan penjelasannya. 

Baking powder adalah pengembang yang bekerja untuk meningkatkan volume pada adonan. Serbuk berwarna putih ini juga bisa membuat tekstur kreasi makanan yang Pins buat menjadi lebih ciamik setelah dipanggang.

Sementara itu, secara komponennya sendiri, baking powder lebih lengkap jika dibandingkan dengan baking soda, Pins. Baking powder memiliki kandungan natrium bikarbonat atau juga sering disebut asam dan basa seimbang. 

Selain asam dan basa, baking powder juga memiliki beberapa komponen pendukung lainnya, seperti berikut:

  • Fosfor
  • Kalsium
  • Kalium
  • Besi
  • Karbohidrat

 Dari kandungan asam dan basa serta beberapa komposisi penunjang lainnya, sudah pasti akan membuat adonan kue jadi lebih sempurna, Pins. Jika baking powder diklaim sebagai bahan terbaik untuk membuat kue, bagaimana dengan baking soda?

Baca Juga:

Baking soda 

Beda baking soda dengan baking powder sudah pasti berbeda dari sisi komponen serta kegunaannya, Pins. Baking soda yang juga akrab di telinga dengan sebutan soda kue tidak memiliki komponen yang selengkap baking powder, lho.

Melansir dari beragam sumber, baking soda hanya memiliki komponen basa saja. Mengingat tidak memiliki sifat asam, Pins harus menambahkan komposisi asam. Ini bertujuan memaksimalkan soda kue ketika dipakai untuk membuat kue kering.

Substitusi senyawa asam yang dapat digunakan untuk soda kue yaitu lemon atau buttermilk, Pins. Ini yang menjadi alasan mengapa baking powder lebih populer dibandingkan baking soda karena tidak perlu repot-repot menambahkan asam. 

Selain itu, ada alasan tersendiri yang mewajibkan Pins untuk tidak berlebihan ketika menggunakan baking soda. Jika berlebihan menggunakan soda kue saat membuat kreasi makanan, bisa menyebabkan timbulnya rasa pahit.

Dengan begitu, kini terjawab ya pertanyaan terkait apakah soda kue sama dengan baking powder. Walaupun memiliki perbedaan sedikit, baik keduanya tetap dapat digunakan bersamaan untuk kebutuhan lain yang berkaitan dengan pekerjaan domestik.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Telur Gulung

Manfaat baking powder dan baking soda

(Pixabay)

Bukan hanya untuk urusan dapur saja, baking powder dan soda kue memiliki segudang manfaat yang belum banyak orang tahu. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat baking powder yang dapat Pins coba jajal di rumah:

Baca Juga: 13 Resep Olahan Daun Singkong

Membantu pekerjaan rumah tangga

Sebagai informasi, baking powder tidak hanya terbatas digunakan sebagai pengembang kue. Baking powder sangat bisa digunakan untuk menghilangkan gosong atau kerak pada panci yang terlalu sering dipakai.

Caranya sangat mudah. Pins cukup membersihkan kerak panci atau penggorengan dengan menaburkan baking powder ke permukaannya, jangan lupa beri sedikit air.

Lalu, diamkan beberapa saat, dan bilas hingga bersih. Kerak akan menghilang dengan sendirinya. Selain untuk membasmi kerak pada alat masak, baking powder maupun baking soda bisa menghilangkan bau tak sedap di dalam lemari pendingin. 

Pins tinggal melarutkan serbuk baking soda ke dalam mangkuk kecil berisi air. Kemudian, letakkan di dalam kulkas. Hasilnya, aroma tak sedap dari dalam lemari pendingin pun lama kelamaan hilang.  

Baca Juga: 15 Resep Macaroni Schotel Yummy

Membantu merawat tubuh

 Siapa sangka kalau baking powder dapat digunakan untuk merawat tubuh dari ujung kaki ke ujung kepala. Baking powder bisa diandalkan sebagai pemutih gigi alami, Pins. 

Berikut trik memutihkan gigi alami menggunakan baking powder:

  • Larutkan baking powder secukupnya ke dalam segelas air, aduk hingga rata. 
  • Gunakan untuk kumur. 
  • Lakukan secara rutin sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Tidak hanya memutihkan gigi secara alami, baking powder pun bisa digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat. Pins bisa membuat pasta dari baking powder dan oleskan pada permukaan kulit wajah, diamkan beberapa saat. 

Bila sudah, bilas wajah dengan sabun dan keringkan wajah menggunakan wajah bersih.  

Untuk hasil yang lebih memuaskan, kamu harus rutin mengaplikasikannya secara rutin selama seminggu penuh. Bila cocok, baking powder pun bisa mencegah risiko masalah pada mulut, seperti sariawan.   

Jadi, sekarang semakin jelas ya Pins beda baking powder dan soda kue? Supaya kreasi kue bisa mengembang sempurna dan teksturnya ciamik, gunakan baking powder. 

Apabila menggunakan soda kue, pastikan untuk membuat kue kering dan jangan lupa tambahkan sifat asam dari lemon atau buttermilk. 

Selain kebutuhan masak-memasak, memaksimalkan kegunaan serbuk putih ini untuk beberapa keperluan lainnya. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Resep Membuat Seblak


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.