Pinhome Home Service

Beranda Artikel Apa Itu Pomade Water Based? Cek 3 Kelebihannya Disini

Apa Itu Pomade Water Based? Cek 3 Kelebihannya Disini

  • 24 Mar, 2023 oleh Maria Talitakumi
  • 6 menit membaca

Bagi para pria, tentu pomade menjadi kebutuhan agar rambut selalu terlihat rapi. Terdapat dua jenis pomade yang sering pria gunakan, namun, tak jarang mereka kebingungan mengenai apa perbedaan pomade water based dan pomade oil based itu. 

Oleh sebab itu, pada artikel ini Pins akan mengetahui definisi dari pomade water based dan perbedaannya dengan pomade oil based. Pins juga dapat memilih salah satu dari antaranya sesuai dengan kebutuhan Pins. Simak selengkapnya berikut ini, ya!

Baca juga: 8 Fungsi Conditioner Rambut, Buat Sehat Mahkotamu!

Karakteristik Pomade Water Based 

apa itu pomade water based
(Freepik)

Pomade pertama yang akan Pins ketahui adalah water based pomade. Apa itu water based pomade dan mengapa namanya water based? Ya, karena produk styling rambut ini terbuat dari bahan dasar air. Memang, daya tahannya tak begitu kuat, namun tetap dapat Pins gunakan untuk dapatkan gaya rambut messy.

Pins dapat dengan mudah membeli water based pomade ini di minimarket. Terdapat salah satu merek pomade water based yang sering menjadi rekomendasi, yaitu AXE Perfect Control Pomade. Pomade ini pun terkenal cukup tahan lama dengan hasil baik.

Pomade water based ini juga memiliki beberapa keunggulan. Pins dapat mengetahui kelebihan dari pomade water based berikut ini.

Pomade Water Based Mudah Dibersihkan

apa itu pomade water based
(Freepik)

Keunggulan pertama dari pomade water based adalah mudah untuk Pins bersihkan. Hal ini karena pomade ini berbahan dasar air, sehingga akan mudah pula dibersihkan ketika keramas. Dengan demikian, residu dari pomade pun akan terbilas sempurna.

Rambut pun akan bebas dari kering, kusam, dan juga kaku. Pemakaiannya pun tidak menjadikan rambut terlalu kaku, sebab pomade water based ini memiliki tekstur yang cukup lembut.

Menghasilkan Gaya Rambut yang Natural

(Unsplash)

Karena pomade ini berbahan dasar air, tentu pomade ini tak terlalu bisa membuat rambutmu tertata sesuai kemauanmu. Namun, pomade ini mampu memberikan hasil natural, dan rambutmu masih akan tetap mudah untuk kamu atur.

Satu lagi, pomade ini juga takkan membuat rambutmu terlihat basah atau lengket. Jadi, penggunaan pomade water based ini takkan terlalu mengganggu kenyamananmu saat beraktivitas.

Anti Gatal atau Iritasi

apa itu pomade water based
(Unsplash)

Keuntungan berikutnya dari penggunaan pomade water based ini adalah Pins tak perlu khawatir akan kepala yang gatal atau iritasi. Sebab, pomade water based ini takkan dapat menyumbat pori-pori kulit kepala.

Namun, setelah penggunaan pomade water based ini, tetaplah ingat untuk mencuci rambut hingga bersih, ya. Dengan demikian, kesehatan rambut dan kepalamu akan terus terjaga.

Cukup aman bukan, penggunaan dari pomade water based? Sekarang, apakah Pins siap untuk mengetahui beberapa karakteristik dari pomade oil based? Simak selengkapnya dibawah ini, ya.

Kelebihan Pomade Oil Based

apa itu pomade water based
(Unsplash)

Nah, sesuai dengan namanya, pomade oil based merupakan produk styling rambut berbahan dasar minyak. Minyak yang terkandung dalam produk ini biasanya alami, seperti minyak kelapa, castor oil, atau white petroleum jelly.

Pomade oil based ini juga memiliki tekstur yang creamy, dan tingkat daya tahannya cukup tinggi dibandingkan pomade berbahan dasar air. Tak jarang barber pomade menggunakan jenis pomade yang satu ini.

Sama seperti pomade berbahan dasar air, pomade oil based ini pun juga memiliki tiga kelebihan yang dapat Pins pertimbangkan. Pins dapat menyimak tiga kelebihan tersebut berikut ini.

Memiliki Tiga Tingkat Daya Tahan

(Unsplash)

Berbeda dengan pomade water based, pomade yang satu ini memiliki tingkat daya tahan yang beragam. Karena berbahan dasar minyak, pomade ini pun terbagi menjadi tiga daya tahan yang bisa Pins pilih salah satunya.

Ada tingkat daya tahan light atau tak kaku, medium, dan juga bold, yang bisa kamu gunakan seharian. Pins bisa memilih pomade sesuai dengan tingkat daya tahannya, menyesuaikan dengan durasi kegiatan Pins di hari tertentu.

Baca juga: Ini Dia 5 Urutan Cara Pakai Skin Care untuk Kulit Kering

Pomade yang Tahan Air

(Freepik)

Keunggulan berikutnya dari pomade oil based adalah pomade ini tahan air. Sebab, bahan dasar minyak dapat membuat pomade ini tidak akan luntur walaupun terkena desiran angin ataupun kejatuhan air hujan sekalipun.

Dengan demikian, Pins yang telah memilih menggunakan pomade ini tak perlu khawatir tatanan rambut akan berantakan atau berubah. Pins pun dapat beraktivitas dengan tenang, tanpa harus terus-terusan styling rambut di tengah berkegiatan.

Harga yang Lebih Terjangkau

(Unsplash)

Keunggulan ketiga dari pomade oil based ini adalah harga yang terjangkau. Ya, dibandingkan dengan pomade water based, pomade berbahan dasar minyak ini jauh lebih murah. Tak heran apabila banyak remaja atau mahasiswa memilih menggunakan ini.

Namun, terlepas dari semua kelebihan yang disuguhkan baik dari pomade water based dan pomade oil based, tentu ada beberapa kekurangan dari keduanya. Namun, Pins dapat tetap memilih yang terbaik, sesuai dengan kebutuhan Pins sehari-hari.

Kelemahan Pomade Water Based

(Freepik)

Bagi Pins yang ingin memilih pomade water based sebagai media styling rambutnya, Pins perlu menyimak beberapa kelemahan dari pomade yang satu ini. Terdapat dua kelemahan yang harus Pins ketahui, dan keduanya akan dijelaskan pada poin-poin berikut ini.

Pomade Water Based Mudah Luntur

(Pexels)

Kelemahan pertama dari pomade water based adalah mudah luntur. Hal ini tidak mengherankan, sebab produk styling ini berbahan dasar air. Tentu produk ini akan mudah hilang saat bersentuhan dengan air.

Namun, kamu masih dapat mengantisipasinya dengan membawa pomade ini kemanapun kamu pergi. Dengan demikian, Pins dapat selalu mengaplikasikannya apabila rambut Pins tak sengaja terkena air hujan.

Harga yang Jauh Lebih Mahal

apa itu pomade water based
(Pexels)

Kemudian, kekurangan berikutnya dari pomade water based terletak dari harganya. Selain tidak awet, pomade ini juga dijual dengan harga yang mahal. Untuk itu, bagi Pins yang ingin menggunakan pomade water based ini, pastikan Pins menyiapkan uang yang cukup, ya!

Kekurangan Pomade Oil Based

apa itu pomade water based
(Vecteezy)

Sementara itu, pomade oil based pun memiliki beberapa kekurangan yang bisa Pins evaluasi sendiri. Terdapat dua kekurangan dari pomade oil based, yang dapat Pins simak berikut ini.

Pomade Terasa Lengket dan Sulit Dibersihkan

apa itu pomade water based
(Vecteezy)

Memang, pomade oil based bagus dalam segi daya tahan, namun disisi lain produk ini juga terasa amat lengket di rambut. Karena berbahan dasar minyak, produk ini juga memberikan kesan lepek pada rambut.

Oleh karena itu, Pins yang memutuskan untuk menggunakan produk ini harus betul-betul keramas berkali-kali hingga rambut bersih kembali. Dengan demikian, residu yang menempel pada rambut Pins dapat hilang dengan sempurna.

Pomade Membuat Iritasi dan Gatal

apa itu pomade water based
(Vecteezy)

Kelemahan kedua adalah Pins akan merasakan gatal berlebihan saat menggunakan pomade satu ini. Iritasi pada kulit kepala pun bisa jadi Pins alami ketika menggunakan pomade oil based ini.

Jadi, bagi Pins yang memiliki kulit sensitif, Pins dapat berpikir ulang untuk menggunakan produk styling yang satu ini. Sebab tak jarang kandungan minyak dapat memberikan reaksi gatal karena alergi pada kulit kepala.

Dari penjelasan diatas, apakah Pins sudah mengenal apa itu pomade water based dan oil based? Dengan penjelasan itu, harapannya Pins mampu memilih yang terbaik untuk kebutuhan rambut Pins sendiri.

Baca juga: 13 Rekomendasi Eyeshadow Palette yang Bagus


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.