Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Apa Itu Amper Hour pada Batera/Aki Mobil?
Otomotif

Apa Itu Amper Hour pada Batera/Aki Mobil?

  • 27 May, 2018 oleh Budi Santoso
  • 2 menit membaca

Apa Itu Amper Hour pada Batera/Aki?– Dalam baterai sering kita temui tulisan yang menyatakan 12 V 60 Ah, atau 12 V 45 Ah. Nah apa sih singkatan dari Ah? Ah adalah ampere-hour yang menyatakan kapasitas baterai, sementara 12 Volt adalah tegangan baterai tesebut, karena ada baterai yang memiliki tegangan 24 volt yang biasa digunakan pada kendaraan-kendaraan besar seperti truk dan bus.

Kembali ke kapasitas baterai, apa itu ampere hour? Ampere hour menyatakan kapasitas baterai, kapasitas baterai merupakan seberapa lama aki tersebut dapat bertahan mensuplai arus untuk beban/load.  Amper Hour menyatakan besarnya arus yang dapat mengalir dalam waktu 20 jam pada temperatur 270 deraja celcius atau 800 deraja fahrenheit pada pengujian dengan tegangan dipertahankan 1,75 volt setiap selnya atau total 10,5 volt untuk enam sel pada baterai dengan 12 volt.

Baterai Aki Mobil
Baterai Aki Mobil

Misalnya :

Baterai dengan kapasitas 60 Ah. Maka baterai tersebut dapat mengalirkan arus sebesar 3 A dalam waktu 20 jam. Karena 60 Ah didapat dari 3 A x 20 jam = 60 Ah.

Baterai dengan kapasitas 45 Ah. Maka baterai tersebut dapat mengalirkan arus sebesar 2,25 amper dalam waktu 20 jam.

Bahan aktif pada plat baterai harus tahan terhadap kondisi penerapan beban lampu-lampu yang membutuhkan daya tertentu saat menyala. Metode pengujian ini disebut juga metode pemakaian baterai 20 jam. Baterai pada umumnya menyatakan kapasitasnya dalam satuan amper-jam.

Baca juga : Apa itu CCA (Cranking Cold Ampere)