Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 4 Alat Tambal Ban Tubles dan Cara Melakukannya
Otomotif

4 Alat Tambal Ban Tubles dan Cara Melakukannya

  • 31 Jul, 2019 oleh Pandu Pamungkas
  • 4 menit membaca

Memiliki motor dengan ban tubles tentu sangat memudahkan sebagai pemilik ketika ban terkena paku. Ban tubles ketika terkena paku tidak seperti ban biasa. Ketika ban biasa terkena paku akan langsung kempes, untuk ban tubles tidak langsung kempes. Ban bocor ketika sedang di tengah jalan biasa terjadi. Hal yang pertama dilakukan yaitu dengan mencari bengkel tambal ban tubles terdekat. Namun, jika Pins memiliki alat tambal ban tubles, maka motor bisa ditambal sendiri.

Cara tambal ban tubles tidaklah sulit. Ketika ban terkena benda tajam, lubang bekas tertusuk tersebut akan dimasukkan karet. Karet tersebut biasa dimasukkan dengan paksa dan biasanya berwarna merah. Ketahui alat tambal ban tubles lainnya sebagai pelindung ban dari dalam.

Baca juga: Rekomendasi Oli Yang Bagus Untuk Yamaha Vixion

Jenis dan Alat Tambal Ban Tubles

Sistem alat tambal ban tubeless yaitu melapisi bagian dalam ban hingga ke partikel terkecil. Dari situ, akan meminimalisir kemungkinan adanya lubang. Pemakaiannya mudah dan hanya butuh waktu 3 menit saja untuk mengisi ban dalam keadaan kempes. Alat tambal ban tubles di bawah ini bisa membantu menambal ban tubles:

String Tubeless

tambal ban tubles
(Autoguide)

Jenis tambal ban tubless yang pertama yaitu menggunakan string tubeless. Orang awam biasa menyebut jenis tambalan ini dengan tambal cacing. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena bentuk material dari penambalnya seperti cacing. Metode tambalan string tubeless merupakan jenis tambalan yang paling sering dijumpai di tempat tambal ban.

Biasanya, jenis tambalan string tubeless umumnya bertahan sekitar 4 hingga 6 bulan. Setelah melebihi waktu tersebut maka akan sering ditemui angin yang merembes keluar dari ban tempat tambalan tersebut berada.

Peluru

tambal ban tubles
(lazada)

Jenis dan alat tambal untuk ban tubles yang satu ini mirip dengan tambalan cacing seperti yang ada pada jenis sebelumnya. Pada tambal ban peluru, teknik ini membutuhkan material penutup lubang ban yang bocor berbentuk peluru. Selain itu, bodinya berbentuk silinder yang ujungnya tajam. Cara pemasangannya sendiri mirip dengan tambal ban string tubeless, hanya bentuk tambalannya saja yang berbeda.

Tire Patch

alat tamban ban tubles
(Slime)

Teknik tambal ban tire patch lebih bagus dari pada model cacing dan peluru seperti pada jenis sebelumnya. Jika menggunakan teknik ini, ban harus dilepas dari velg karena tire patch akan ditempel di bagian dalam ban.

Untuk cara penambalanna sendiri dilakukan pada bagian yang bocor. Bagian yang bocor tersebut akan dikikis terlebih dahulu sebelum dipasang dengan tire patch. Jika sudah, bagian tambalan tersebut ditekan dengan alat yang diberi pemanas selama beberapa saat agar melekat.

Payung

tambal ban tubles
(Blibli)

Tidak jauh berbeda dengan teknik tire patch, tambalan payung atau kombi juga memerlukan pelepasan ban dari velg. Caranya yaitu menggunakan compressor, lalu tiang penambal lubang dimasukkan ke dalam ban. Apabila tiang tersebut sudah masuk, lalu dikunci dengan klip yang dipasang di atas permukaan ban. Lalu lembaran karet di pangkal tiang dipanaskan dengan suhu kurang lebih 150oC supaya melekat dengan ban.

Baca juga:

Metode dan Cara Menambal Ban Tubles

Metode tambal ban tubeless adalah cara memperbaiki ban tubeless yang bocor atau mengalami kerusakan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki ban tubeless:

  1. Bersihkan daerah yang terluka dengan menggunakan bahan pembersih ban.
  2. Buang udara dari ban dengan menggunakan pompa ban.
  3. Letakkan ban di atas benda yang rata, misalnya sebuah meja.
  4. Buat lubang pada bagian yang bocor dengan menggunakan obeng.
  5. Masukkan cairan tambal ban ke dalam lubang yang telah dibuat.
  6. Ratakan cairan tambal ban dengan menggunakan spatula atau alat yang sesuai.
  7. Tunggu beberapa saat agar cairan tambal ban mengering dan melekat dengan baik pada ban.
  8. Masukkan kembali udara ke dalam ban dengan menggunakan pompa ban.
  9. Cek apakah ban sudah terisi dengan udara dengan cara mengetuknya atau menggunakan alat tes tekanan ban.
  10. Jika ban sudah terisi dengan udara dengan baik, maka tambal ban tubeless sudah selesai dilakukan.

Itulah macam-macam tambal ban dan alat yang digunakan pada tambal ban tubeless. Sekian pembahasannya, semoga dapat memberikan pengetahuan dan manfaat. Sehingga tidak perlu bingung dalam mencari jenis dan alat tambal ban tubles yang cocok untuk ban motor.

Baca juga: Fungsi Kumparan Rotor dan Fungsi Stator Pada Alternator


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.