Kamus Istilah Properti

Profitabilitas 

istilah properti

Profitabilitas 

Profitabilitas adalah kemampuan untuk memperoleh laba atau keuntungan dalam periode tertentu. Laba bisa dihasilkan pada tingkat penjualan, asset maupun modal saham tertentu.

Pengertian Profitabilitas Menurut Para Ahli

(Lifepal)

Profitabilitas adalah ukuran dalam menghasilkan keuntungan pada tingkat yang dapat diterima. Ada beberapa definisi profitabilitas menurut para ahli diantaranya adalah :

  • Brigham & Houston (2006)

Hasil bersih dari kebijakan dan keputusan yang berlandaskan pada pengembalian total aktiva dan ekuitas saham biasa

  • Sutrisno (2009 : 16)

Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dengan semua modal yang bekerja didalamnya

  • Sofyan Syafri Harahap (2009 : 304)

Gambaran kemampuan perusahaan menghasilkan laba melalui semua sumber daya dan kemampuan yang dimiliki seperti penjualan, modal, kas, jumlah karyawan dan cabang perusahaan serta lainnya.

  • R. Agus Sartono (2010 : 122)

Menurut Agus profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam mendapatkan laba dalam penjualan atau total aktiva dan modal sendiri.

  • Kasmir (2011 : 196)

Kemampuan perusahaan untuk mencari keuntungan

  • Mamdun M. Hanafi (2012 : 81)

Kemampuan perusahaan menghasilkan laba pada aset, tingkat penjualan dan modal saham tertentu

Profitabilitas dapat diukur menggunakan rasio. Tujuannya adalah mengetahui seberapa tinggi perusahaan mampu menghasilkan laba. Caranya adalah dengan melakukan perbandingan komponen laba tahun ini dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga:

Fungsi Rasio Profabilitas

(Pexels)

Profitabilitas memiliki beberapa fungsi, tidak hanya sekedar sebagai informasi kepada investor saja. Profitabilitas menjadi tolak ukur penilaian atas kinerja perusahaan.

Selain itu laba bisa digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan. Bagaimana perkembangan laba perusahaan dari waktu ke waktu mencerminkan bagaimana kinerja perusahaan tersebut.

Informasi laba dibutuhkan oleh bagian perpajakan untuk menentukan tarif pajak yang perlu dikenakan. Fungsi lainnya adalah menilai produktivitas atas seluruh dana yang digunakan baik modal sendiri atau pinjaman.

Faktor yang mempengaruhi profitabilitas sendiri ada beberapa hal. Diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Skala ekonomi yang dimiliki perusahaan tersebut serta harga produksi. Jika biaya produksi lebih rendah maka keuntungan yang didapat lebih tinggi
  2. Pembelian bahan produk berbasis habitual lebih banyak menghasilkan keuntungan lebih baik. Faktor lainnya adalah hasil produk yang dihasilkan dan umur perusahaan tersebut berdiri
  3. Faktor yang mempengaruhi profitabilitas adalah jenis perusahaannya, apakah berorientasi pada penjualan barang konsumsi, jasa yang menghasilkan laba stabil daripada memproduksi barang itu sendiri

Tujuan dan Manfaat Rasio Profitabilitas

Tujuan dalam perhitungan rasio profitabilitas adalah untuk menghitung pemasukan dan perkembangan laba pada suatu periode akuntansi.  

Rasio profitabilitas ini juga mampu menilai posisi laba yang didapatkan oleh perusahaan dengan perolehan laba sebelumnya. Manfaatnya adalah sebagai berikut :

  1. Mengetahui seberapa produktif perusahaan ketika mengelola modal yang dimilikinya
  2. Memberikan informasi laba bersih usai dikurangi pajak
  3. Mengetahui besarnya perkembangan nilai laba dari waktu ke waktu serta perhitungan laba perusahaan dalam periode akuntansi tertentu
  4. Memahami posisi laba perusahaan tahun ini dengan periode akuntansi sebelumnya

Jenis Rasio Profitabilitas

(Pexels)

Dalam perhitungan rasio profitabilitas ada 9 jenis dilihat dari berbagai sumber daya yang dimiliki. Berikut penjelasan terkait jenis rasio profitabilitas serta rumus perhitungannya.

Gross Profit Margin

Laba kotor memiliki pengaruh besar pada laporan arus kas. Rasio ini mengukur efisiensi perhitungan harga pokok atau biaya produksi. 

Jika hasil perhitungannya semakin besar maka semakin efisien kegiatan operasional perusahaan tersebut. Rumus perhitungannya adalah :

Laba kotor / Total pendapatan x 100 %

Baca Juga:

Net Profit Margin

Margin laba bersih berguna untuk menilai persentase laba bersih pada pendapatan yang diperoleh dari penjualan. Semakin tinggi nilainya maka pertanda semakin baik operasi suatu perusahaan.

Laba bersih setelah pajak : Penjualan

Operating Profit Margin

Operating profit margin adalah perhitungan laba bersih sebelum dipotong pajak atas kegiatan operasional perusahaan. Laba yang didapat ini tidak pula termasuk kewajiban finansial berupa bunga maupun pendapatan di luar usaha.

Laba sebelum pajak : Penjualan

Return On Assets Ratio

Tingkat pengembalian aset ini untuk mengukur persentase keuntungan terkait total aset yang dikelola. Dari rasio ini bisa diketahui apakah penggunaan aset sudah seefektif dan seefisien mungkin atau tidak.

Laba bersih : Total aset

Return On Equity Ratio

Rasio ini berfungsi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari investasi pemegang saham. Return on equity ratio juga disebut dengan rentabilitas usaha.

Laba bersih setelah pajak : Ekuitas pemegang saham

Return On Sales Ratio

Melalui rasio ini dapat diketahui tingkat keuntungan perusahaan setelah pembayaran beban variabel produksi terhadap penjualan yang dihasilkan. Hasil perhitungan berupa persentase.

(Laba sebelum pajak dan bunga : Penjualan) x 100%

Return On Investment

Kemampuan perusahaan secara keseluruhan dalam menghasilkan laba atas jumlah aktiva keseluruhan disebut dengan return on investment. Semakin tinggi rasio ini maka semakin baik kondisi perusahaan tersebut.

(( Laba atas investasi – Investasi awal) / Investasi ) x 100%

Return On Capital Employed

Rasio profitabilitas ini berfungsi untuk mengukur laba perusahaan dari modal yang digunakan dalam bentuk prosentase. Cara menghitung return on capital employed ialah sebagai berikut :

Laba sebelum pajak dan bunga : ( Total aset – Kewajiban )

Earning Per Share

Terakhir, earning per share merupakan rasio untuk menilai tingkat kemampuan per saham dalam menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

(Laba bersih sesudah pajak – Dividen saham preferen) : Jumlah saham yang telah beredar

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Rasio profitabilitas menilai bagaimana keuntungan dihasilkan dari berbagai sudut pandang.

Baca Juga:

Featured Image Source: CNN Indonesia


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.