Kamus Istilah Properti

Pondasi Tapak

istilah properti

Pondasi Tapak

Pondasi tapak adalah pondasi yang terbuat dari beton bertulang dengan bentuk menyerupai papan atau telapak dan digunakan untuk menjaga beban sehingga bangunan bertingkat tetap stabil.

Apa Itu Pondasi Tapak?

(Pengadaan.web.id)

Pondasi tapak merupakan pondasi suatu bangunan bertingkat dengan bahan utama beton bertulang yang dibentuk menyerupai papan atau telapak yang diletakkan di bagian bawah tiang.

Biasanya, pondasi ini memiliki dimensi yang lebih lebar di bagian bawah, tujuannya untuk meneruskan beban ke lapisan tanah lebih optimal.

Pins akan dengan mudah menemukan pondasi ini pada gedung bertingkat dua atau tiga bahkan lebih karena sifatnya yang bisa menahan beban bangunan agar bangunan tetap berdiri kokoh dan stabil.

Selain menjadi pondasi untuk gedung bertingkat, pondasi tapak juga menjadi pondasi terbaik yang sering digunakan pada bangunan yang dibangun di atas tanah lembek untuk menjadi tumpuan struktur kolom.

Yang membuat pondasi tapak menjadi pilihan utama sebagai pondasi bangunan bertingkat adalah pondasi tersebut dibangun sesuai dengan keberadaan tanah keras.

Beberapa bahan bangunan yang dibutuhkan untuk membangun pondasi ini, seperti:

  • Besi beton,
  • Pasir beton,
  • Semen PC,
  • Batu pecah berukuran 2 sampai 3 cm atau berbentuk kerikil semua,
  • Papan kayu sebagai wadah cetak.

Jenis Pondasi Tapak

(99.co)

Untuk mendukung berdirinya bangunan bertingkat yang kokoh dan stabil, diperlukan pemilihan jenis pondasi tapak yang tepat.

Beberapa hal yang harus Pins pertimbangkan adalah daya dukung tanah, kedalaman dasar pondasi, kesamaan komposisi tanah, jenis bangunan, hingga ukuran pondasi.

Berikut ini jenis-jenis pondasi tapak:

Pondasi Tapak Setempat

Pondasi tapak setempat atau pondasi telapak kolom berbentuk persegi. Ukuran ini sangat efektif karena tidak memakan banyak ruang atau tempat untuk menjaga kestabilan, kekuatan, dan keseimbangan bangunan.

Akan tetapi, bila dibangun di atas tanah yang terbatas, kamu juga bisa membuatnya dalam bentuk persegi panjang.

Pondasi Tapak Dinding

Jenis pondasi yang satu ini cocok digunakan pada bangunan yang terletak di sekitar lereng. Pasalnya, fungsi utama pondasi untuk memastikan beban dinding tersebar merata dan menahan beban tersebut.

Tidak hanya bagian dinding yang bertumpu di pondasi secara konsentris saja yang mampu menahan beban. Akan tetapi, bagian dinding yang lain pun turut menjaga kestabilan dan ketahanan beban dinding.

Pondasi Tapak Gabungan

Bentuk pondasi tapak gabungan berupa persegi panjang atau trapesium. Keunggulan dari jenis pondasi yang satu ini adalah mampu menggabungkan dan mengikat dua kolom bahkan lebih menggunakan balok pengikat. Biasanya, pondasi jenis ini lebih dikenal dengan sebutan pondasi tapak kantilever.

Pondasi Tapak Pelat

Pondasi tapak pelat memiliki ukuran telapak yang lebih besar daripada jenis pondasi tapak yang lainnya untuk mendukung kekuatan struktural bangunan agar lebih luas.

Pasalnya, pondasi jenis ini akan menahan beban secara keseluruhan, baik beban kolom maupun beban dinding bangunan. Pondasi tapak pelat digunakan pada bangunan yang memiliki struktur tanah kurang stabil.

Pondasi Tapak Tiang Pancang

Fungsi dari pondasi tapak tiang pancang adalah sebagai penerus beban konstruksi dari atas bangunan yang diterima tiang-tiang yang sudah dipancangkan untuk diteruskan ke tanah pendukung melalui tumpuan ujung tiang.

Fungsi Pondasi Tapak

(Dekoruma)

Sebagai penopang beban bangunan yang akan diteruskan ke bagian bawah hingga dasar tanah, pemilihan pondasi suatu bangunan merupakan hal penting yang harus cermat dalam mempertimbangkan dan memutuskannya.

Berikut ini fungsi penting dari pondasi tapak yang harus Pins tahu, di antaranya:

  • Berfungsi sebagai live load atau penahan beban hidup dari bangunan di atasnya.
  • Berfungsi sebagai penahan beban secara horizontal agar tidak ada pergerakan bangunan yang terjadi secara mendatar.
  • Berfungsi sebagai penahan beban mati atau berat keseluruhan dari bangunan.
  • Berfungsi sebagai penahan beban bangunan dan membuat bangunan tetap stabil saat dihantam bencana alam seperti gempa.
  • Berfungsi sebagai penahan bangunan agar tetap stabil saat penyesuaian bentuk tanah terjadi, apalagi pada konstruksi tanah dasar yang kurang stabil supaya bangunan tidak mudah bergeser hingga runtuh.

Kelebihan Pondasi Tapak

pondasi tapak adalah
(123RF)

Dibandingkan jenis pondasi yang lain, pondasi tapak memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

  • Pins akan mengeluarkan biaya yang cukup sedikit dibandingkan pondasi bangunan yang lain karena harganya yang jauh lebih murah.
  • Pondasi ini adalah pilihan pondasi yang tepat digunakan pada konstruksi tanah yang dangkal tanpa perlu melakukan penggalian lapisan tanah yang lebih keras.
  • Alat yang dibutuhkan untuk proses pembuatan tidak terlalu rumit apalagi membutuhkan peralatan khusus.
  • Pondasi tapak bisa diterapkan pada pembangunan bangunan berlantai satu hingga empat lantai.
  • Meskipun biaya pembuatannya yang relatif murah, hasil dari pembangunan pondasi ini pun memuaskan karena tahan lama dan aman digunakan untuk bangunan bertingkat.

Kekurangan Pondasi Tapak

pondasi tapak adalah
(Concrete Pros)

Meskipun Pins akan mendapatkan banyak keuntungan bila menggunakan pondasi tapak sebagai pondasi bangunan bertingkat, tetap saja kamu perlu tahu beberapa kekurangan pondasi tapak, seperti:

  • Waktu yang dibutuhkan untuk membangun pondasi tapak cukup lama, yakni paling cepat 28 hari dengan catatan proses pengeringan harus dilakukan dengan sempurna sebelum proses pembangunan bisa dilanjutkan.
  • Biaya pembangunan bisa jadi lebih mahal karena pada beberapa jenis pondasi tapak memerlukan cetakan pondasi khusus.
  • Sisa beton yang terletak di luar pondasi yang sudah dicetak harus dikeringkan terlebih dahulu untuk bisa lepas dari cetakan dan dipindahkan ke lubang galian.
  • Harus dilakukan oleh tukang atau ahli bangunan khusus yang sudah berpengalaman. Pasalnya, bila salah sedikit saja pondasi tersebut bisa membahayakan kamu dan seluru penghuni rumah.
  • Cermat dalam memanajemen waktu agar proses pembangunan jadi efisien.

Nah, itulah informasi seputar pondasi tapak. Sama seperti jenis pondasi lainnya, Pins harus mempertimbangkan ketepatan menggunakan pondasi yang satu ini.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Annisa Hapsari