Kamus Istilah Properti

Nomor Urut Pemesanan (NUP)

istilah properti

Nomor Urut Pemesanan (NUP)

Nomor Urut Pemesanan (NUP) adalah metode pemesanan properti di awal sebelum properti atau unit bangunan diluncurkan. NUP sedikit mirip dengan booking fee, namun perbedaan mendasar yang paling mencolok adalah NUP bersifat refundable. Artinya uang NUP dapat dikembalikan dengan syarat tertentu.

Apa itu Nomor Urut Pemesanan

(Rumah123)

NUP menjadi salah satu metode dalam memesan properti. Metode ini sering digunakan oleh para developer untuk menawarkan area atau unit properti kepada konsumen lebih awal. NUP sebagai priority pass diberikan kepada calon pembeli potensial sebelum properti secara resmi diluncurkan. Beberapa pengembang atau developer juga menggunakan istilah vvip phase atau priority card untuk menyebut NUP.

Di dalam prosesnya, calon pembeli properti yang menggunakan sistem NUP diharuskan membayar sejumlah uang. Untuk besarannya bervariasi tergantung dari pihak developer. Biasanya biaya NUP ada di rentang Rp500 ribu hingga Rp25 juta, Pins.

Dalam sektor properti metode NUP ini sudah menjadi tren, Pins. Biasanya developer akan menggunakan metode NUP ini untuk melakukan riset terhadap suatu lokasi yang sedang direncanakan pembangunannya. Apabila antrean NUP panjang, maka developer akan segera mengeksekusi pembangunan area properti tersebut.

Kelebihan NUP

Dibandingkan dengan booking fee, NUP mempunyai kelebihannya sendiri. Beberapa kelebihan dari NUP untuk calon pembeli adalah seperti berikut,

  • Calon pembeli bebas memilih lokasi, lantai, atau tipe unit properti.
  • Bersifat refundable atau calon pembeli bisa menarik uang tersebut jika batal membeli unit.
  • Calon pembeli bisa mendapatkan harga unit termurah atau harga perdana. Biasanya pihak developer akan menginformasikan ini kepada target konsumen. Di sini Pins bisa cari tahu lebih dalam seberapa murah tawaran pihak developer.

Kelebihan NUP untuk para pengembang atau developer properti,

  • Pihak developer akan berpotensi mendapatkan calon konsumen di awal bahkan sebelum properti dibangun.
  • Hal ini bisa jadi metode riset pasar bagi developer
  • Target sales developer dapat terpenuhi dengan lebih cepat

Kekurangan NUP

Selain kelebihan ternyata NUP juga mempunyai kekurangan. Kekurangan-kekurangan ini tentu tidak lepas dari lingkup developer dan juga Pins sebagai calon pembeli. Berikut ini kekurangan NUP bagi calon pembeli dan pengembang,

  • Proses pembangunan unit atau bangunan baru akan dilaksanakan pada 1 tahun kemudian. Hal ini tidak cocok untuk Pins yang buru-buru ingin menempati hunian.
  • Sedangkan pihak pengembang akan berpotensi kehilangan calon pembeli ketika jadwal pembangunan mundur dari waktu yang telah ditentukan.

Peraturan NUP

Faktanya metode NUP walaupun sudah lazim digunakan oleh para pengembang/developer di transaksi jual beli properti, ternyata belum ada aturan dari pemerintah yang mengatur hal ini. Dengan kata lain secara hukum, metode NUP ini belum memiliki aturan yang baku.

Akibatnya, ketika ada isu atau sengketa antara pihak developer dan pembeli maka bisa saja Pins sebagai konsumen dapat dirugikan.

Sebagai konsumen atau calon pembeli properti sudah seharusnya mendapatkan perlindungan hukum. Ada aturan yang melindungi konsumen dalam transaksi jual beli. Hal ini diatur dalam UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Undang-undang ini mengatur secara rinci tentang pemberian perlindungan kepada konsumen dalam rangka pemenuhan kebutuhannya sebagai konsumen.

Program NUP Pinhome

(Pinhome)

Pins, sudah paham ya penjelasan mengenai NUP? Nah, kini saatnya Pinhome menginformasikan program NUP untuk para property seekers seperti Pins semua. Program ini diinisiasi sebagai kepedulian Pinhome terhadap kebutuhan pembeli. Melalui NUP di Pinhome kamu bisa memilih unit idaman lebih awal dengan membeli Nomor Urut Pemesanan (NUP).

Ada beberapa keuntungan jika kamu membeli NUP di Pinhome, di antaranya adalah

  • Terjangkau dan bisa refund (Refundable).
  • Proses pembelian bisa dilakukan dengan menggunakan secara online di Pinhome.
  • Kamu akan menjadi yang pertama mendapatkan akses eksklusif memilih unit properti.

Namun perlu diingat, untuk penjualan properti melalui NUP terbatas ya Pins, jadi langsung segera kunjungi website NUP Pinhome di bawah ini.

Jadi kalau Pins berniat untuk membeli properti dengan metode NUP, kini bisa langsung dilakukan lewat Pinhome! Praktis, aman dan nyaman!

Semoga informasinya bermanfaat ya Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.