Kamus Istilah Properti

Jasa Pemborongan

istilah properti

Jasa Pemborongan

Jasa pemborongan adalah penyedia jasa proyek konstruksi bangunan dengan menggunakan sistem borongan dalam menghitung biaya pekerjaan. 

Apa itu Jasa Pemborongan? 

Jasa pemborongan adalah penyedia jasa proyek konstruksi bangunan dengan menggunakan sistem borongan dalam menghitung biaya pekerjaan. Para pemborong memborongkan satu pekerjaan tertentu yang dinilai berdasarkan jenis pekerjaan, ruang lingkup pekerja, serta objek yang dikerjakan.

Pelaku usaha jasa pemborongan mengelolanya secara individu dan sudah memiliki pengalaman di bidang pembangunan rumah tinggal. Namun, umumnya mereka tidak mengantongi izin resmi seperti kontraktor. 

Bahkan, proses pengerjaan proyeknya pun sering kali tanpa ada kesepakatan atau kontrak resmi, alias hanya perjanjian secara lisan. 

Skema pembayarannya pun disesuaikan dengan skala bangunan. Pemborong dengan skala kecil, biasanya hanya mengenakan biaya borongan untuk jasa tukang saja. Kemudian untuk material bangunan akan menjadi tanggung jawab oleh pemilik bangunan. 

Tetapi, untuk skala yang lebih besar, biaya borongan yang dikenakan sudah terdiri dari biaya material dan jasa tukang.  

Perbedaan Kontraktor dan Jasa Pemborongan 

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, perbedaan jasa pemborong dan kontraktor yang utama yaitu dari sisi legalitas usaha. Kontraktor berbadan resmi, sementara jasa pemborong merupakan usaha yang dijalankan secara individu.  

Perbedaan selanjutnya dari penanganan proyek. Jasa pemborongan digunakan untuk membuat hunian dengan budget terbatas. Berbeda dengan kontraktor di mana proyek yang dikerjakan bisa besar maupun kecil, dalam pengerjaannya pun memakai perjanjian dan kontrak resmi.

Namun, karena jasa pemborong tidak berbadan hukum, apabila terjadi perselisihan, kecurangan atau penipuan pada proyek rumah, Pins akan sulit memperkarakan permasalahan ini ke ranah hukum.

Siapkan waktu yang cukup untuk memastikan sendiri bagaimana proyek Pins berjalan dibawah jasa pemborong.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pemborongan

Meski berisiko karena jasa pemborongan biasanya tidak memiliki izin usaha resmi, tetapi Pins juga tetap akan untung jika memakai jasa mereka. Berikut ini beberapa keuntungan memakai jasa pemborongan untuk mengerjakan berbagai kebutuhan konstruksi: 

  • Jika Pins memiliki budget terbatas, jasa pemborongan lebih bisa diandalkan karena biayanya lebih murah daripada jasa kontraktor. 
  • Proses  jasa borongan juga tidak serumit jasa kontraktor karena jasa pemborong tidak memiliki sistem pembuatan RAB ataupun SPK. 
  • Pemborong akan memberikan saran dalam memilih jenis material yang paling bagus dan harganya murah. Pins pun bisa bebas memilih material bangunan sendiri sehingga bisa memilih material yang lebih hemat. 
  • Jasa pemborong juga bisa memberikan gambaran berapa lama proyek akan berlangsung.  
  • Dengan jasa pemborong, maka ritme kerjanya akan lebih jelas karena Pins bisa mengontrol sendiri.   

Tips Cermat Bangun Rumah Pakai Jasa Pemborong

Tapi yang harus diingat, menggunakan jasa pemborong juga memiliki banyak kelemahan seperti risiko tukang bangunan membuat bangunan tanpa memperhatikan kualitas. 

Nah, sebelum memutuskan memakai jasa pemborongan, simak tipsnya dulu sebagai berikut. 

Selektif dalam Memilih Jasa Pemborongan

Agar terhindar dari berbagai kecurangan, Pins harus selektif dalam memilih pemborong. Pilihlah pemborong yang memiliki reputasi baik dan dikenal luas. Kalau bisa, usahakan jasa pemborongan ini punya badan hukum resmi. 

Gunakan kekuatan rekomendasi atau seberapa sering mereka dijadikan referensi oleh banyak orang. Jika tidak memungkinkan untuk melacaknya atau ini kali pertama Pins dalam membangun atau merenovasi rumah, temukan testimoni dari pengguna jasa mereka dengan mencarinya di media sosial atau sumber lainnya. 

Pilih yang Memberikan Harga yang Wajar

Kemudian, coba pilih pemborong dengan harga yang wajar. Jangan menerima pemborong dengan harga paling murah karena ada kemungkinan salah hitung sehingga ketika pengerjaan berlangsung malah ditinggalkan.

Cari pula pemborong yang memiliki modal besar, pemborong yang minim modal hanya akan mengandalkan modal dari proyek yang dikerjakan dan biasanya malah molor dalam pengerjaan

Rutin Memantau Pengerjaannya 

Sebagai pemilik proyek, sudah sepatutnya Pins selalu menengok seberapa jauh proyek sudah terlaksana. Hal ini untuk memantau jika ada kekurangan, kesalahan, maupun kecurangan yang dilakukan oleh pihak pemborong. 

Lakukan pemantauan secara berkala. Jangan lupa juga untuk selalu berkomunikasi dengan mandor. Segera minta konfirmasi atau penjelasan jika ada hal yang menurut Pins salah.

Cek Jika Pengerjaan Lebih Cepat dari Perjanjian

Jangan senang dulu jika proyek pembangunan atau renovasi rumah Pins ternyata selesai lebih cepat dari perjanjian. Proses pengerjaan yang cepat merupakan tanda ketidak-telitian pekerja. Hasilnya, ada saja bagian atau detail yang terlewatkan.

Jadi, usahakan untuk memeriksa hasilnya. Gunakan sisa waktu untuk mengecek ulang seluruh bagian bangunan untuk memastikan semuanya sesuai dengan keinginan. 

Minta Garansi Usai Proyek Rampung

Tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana nantinya pasca renovasi atau pembangunan. Untuk itu, tak perlu ragu untuk memberikan garansi atau jaminan atas hasil kerja mereka.

Dengan adanya wacana soal garansi atau jaminan, para pemborong pun akan lebih teliti dan memastikan kembali tim bekerja dengan hasil yang seoptimal mungkin. 

Jadi, tak ada salahnya memakai jasa pemborongan jika Pins cermat. Semoga informasi ini bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Achlisia