Kamus Istilah Properti

Glass Reinforced Concrete (GRC)

istilah properti

Glass Reinforced Concrete (GRC)

Glass Reinforced Concrete (GRC) adalah sejenis beton yang diperkuat serat yang terdiri dari pasir halus, semen, polimer akrilik, air, serta serat kaca tahan alkali. 

Apa itu Glass Reinforced Concrete (GRC)?

(Rickard Engineering)

Diantara banyaknya material bangunan, Glassfibre Reinforced Concrete (GRC) adalah salah satu bahan yang paling serbaguna yang banyak digunakan saat ini.

Secara sederhana, arti Glass Reinforced Concrete (GRC) adalah sejenis beton yang diperkuat serat. Material komposit yang juga dikenal sebagai Glass Fibre Reinforced Concrete (GFRC) ini terdiri dari campuran semen hidrolik, pasir silika, serat kaca tahan alkali (AR) dan air.  

Meskipun dari luar terlihat berat, tetapi sebenarnya GRC termasuk material berbobot ringan dibandingkan material sejenisnya. Banyak orang memilih material GRC karena memiliki daya tahan ekstra terhadap api dan air. 

Tidak seperti baja, serat kaca pada GRC ini tidak akan pernah berkarat dan ditempatkan di seluruh ketebalan panel. Selain itu, material ini juga bebas dibentuk dengan berbagai hasil akhir yang halus, berprofil, atau bertekstur.  

Ciri-ciri GRC

(Ruang Sipil)

GRC dikembangkan pada tahun 1960-an sebagai alternatif beton bertulang baja tradisional tetapi bebas korosi. Awalnya diproduksi sebagai bahan pelapis eksterior yang dapat dicetak menjadi berbagai bentuk, profil, dan komponen arsitektur yang kompleks. 

Panel GRC memiliki tampilan umum seperti panel beton pracetak, tetapi berbeda dalam beberapa hal yang signifikan. Misalnya, panel GFRC, rata-rata, beratnya jauh lebih ringan dari panel beton pracetak dan lebih tipis. 

Bobotnya yang rendah mengurangi beban pada komponen struktural bangunan sehingga membuat konstruksi rangka bangunan lebih ekonomis.

GRC sangat cocok untuk pendekatan jalur cepat populer yang menggunakan panel cladding ringan dan prefabrikasi untuk eksterior bangunan modern.

Secara umum, serat adalah bagian yang menahan beban utama, sementara matriks beton di sekitarnya menyimpannya di lokasi dan orientasi yang diinginkan, bertindak sebagai media transfer beban antara serat dan melindunginya dari kerusakan lingkungan. 

Serat memberikan penguatan untuk beton dan fungsi lainnya dalam material komposit yang diperkuat serat. Serat kaca dapat dimasukkan ke dalam matriks beton baik dalam susunan yang kontinu atau terputus-putus.

Kelebihan GRC Sebagai Material Bangunan

(Aqso)

Material Glass Reinforced Concrete banyak digunakan untuk berbagai keperluan interior dan eksterior rumah. Hal ini karena GRC punya banyak kelebihan, diantaranya: 

Bahan yang Kuat Tetapi Ringan

GRC termasuk bahan yang ringan dan kuat, sehingga tidak membebani struktur bangunan. Jika keunggulan bobot ini dipertimbangkan pada tahap desain, hal itu akan memungkinkan untuk mempengaruhi penghematan lingkungan dan ekonomi dalam desain pondasi dan bangunan atas untuk konstruksi bangunan bertingkat rendah maupun tinggi.

Bobotnya yang ringan memungkinkan GRC dapat didesain sesuai dengan keinginan dan membuat biaya transportasi GRC menjadi lebih hemat.

Sifat Insulasi Suara dan Panas yang Baik 

Keuntungan penting lainnya dari GRC adalah daya tahannya. GRC termasuk material yang memiliki kemampuan seismik (menahan gempa), tahan terhadap bahan kimia, tidak mudah terbakar, dan sifat insulasi suara/panas yang baik.

Ternyata GRC board saat ini sudah mengantongi sertifikat uji tahan air sehingga mudah dalam perawatan dan tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan panel GRC dalam ruangan yang lembab. 

Lebih Hemat

Keuntungan utama panel GRC adalah dari segi penghematan berat yang cukup besar. Alhasil, dari segi biaya transportasi, penanganan dan pemasangan panel juga menjadi lebih hemat.

Berat GRC sekitar 80%-90% dari beton padat dan hal ini yang membuat GRC lebih mudah dipasang sehingga lebih efisien dari segi waktu. Upah pemasangannya pun jadi lebih hemat. GRC termasuk mudah dalam perawatannya sehingga menghemat biaya maintenance. 

Aman untuk Lingkungan

GRC aman bagi kesehatan para penghuni rumah karena struktur pembuatan GRC tidak menggunakan asbestos. Tak hanya itu, GRC juga tahan terhadap karat dan dapat digunakan di air garam atau lingkungan bawah laut.

Harga Terjangkau

Kalau Pins bandingkan dengan material lainnya, harga GRC relatif terjangkau. Misalnya, untuk satu GRC board ukuran 1,2 x 2,4 meter dan ketebalan 4mm, kisaran harga GRC sekitar Rp55.000.

Bobot GRC yang ringan menjadikannya lebih hemat karena tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi, penanganan, dan pendirian panel.

Mendukung untuk Berbagai Desain Rumah 

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, GRC mudah didesain sesuai keinginan sehingga bisa mendukung gaya rumah dan keindahannya. 

GRC juga dapat memberikan tampilan dengan nuansa terakota, kayu, panel-panel yang halus, batu alam, hingga beton pracetak arsitektur.

Kekurangan GRC

Selain memiliki kelebihan ternyata GRC juga memiliki kelemahan. Berikut adalah beberapa kelemahan jika Pins menggunakan bahan GRC pada proyek.

  • Pembuatan GRC harus melalui pabrik, sulit dibuat manual tanpa ahli yang handal.
  • Bentuk GRC tidak bisa dibuat custom, harus dipesan dengan jumlah tertentu.
  • Beberapa tempat di Indonesia mungkin belum tersedia bahan ini.
  • Harga GRC relatif lebih mahal dibandingkan dengan beton konvensional.

Mengaplikasikan Glass Reinforced Concrete (GRC) pada Hunian

Saat ini GRC banyak digunakan untuk rumah, bangunan umum seperti gedung untuk kebutuhan komersial, taman dan sejenisnya. 

Namun, tak semua bagian rumah bisa menggunakan material GRC. Berikut ini bagian interior dan eksterior rumah yang dapat menggunakan material GRC:

Cladding Exterior

(The Tile People)

Pada bagian eksterior bangunan, GRC bisa diterapkan sebagai cladding. Cladding eksterior adalah dinding bangunan yang dibuat bertujuan untuk menginfiltrasi efek cuaca dengan tetap mempertimbangkan nilai estetika. 

GRC cladding tersedia dalam bentuk polos ataupun ornamen yang bernilai seni, sehingga Anda dapat memilih sesuai kebutuhan.

Lisplang

(Sakti Desain)

Lisplang adalah lis atau tepi atap bangunan dibuat untuk menyembunyikan struktur atap atau memperindah estetika bangunan. 

GRC banyak dipakai sebagai material lisplang karena sifatnya yang anti cuaca, ringan, dan kuat. Biasanya lisplang GRC dibuat dengan desain sederhana untuk rumah bergaya modern.

Pagar 

(Courtina)

Saat ini material GRC juga mulai banyak dipakai untuk gerbang atau pagar rumah. Selain dalam bentuk original berwarna putih, GRC juga mulai dimodifikasi. 

Salah satu bentuk pagar GRC yang kini digemari masyarakat adalah GRC bermotif mirip dengan kayu yang dibingkai dengan besi.

Plafon

(Stella Maris Collage)

GRC adalah salah satu bahan yang sering dipakai untuk membuat langit-langit rumah atau plafon saat ini. Sifat GRC yang tahan akan air dan bahan yang mudah dibentuk menjadikan material ini banyak digunakan.

Selain itu, menggunakan material GRC sebagai plafon juga membuat ruangan lebih indah dan menarik.

Partisi

(Pinterest)

Fungsi GRC juga bisa sebagai material partisi dengan bentuk ornamen yang diinginkan sesuai dengan estetika interior rumah. Biasanya, GRC dipadukan dengan balok kayu sebagai penopang yang diletakan diantara ruang tamu dan ruang keluarga.

Roster 

(Renjana Rumah)

Roster merupakan lubang angin yang saat ini makin populer digunakan sebagai ide desain. Glass Reinforced Concrete (GRC) adalah material favorit yang digunakan oleh para ahli konstruksi bangunan, arsitektur, hingga desainer interior sebagai bahan roster. 

Alasannya karena fleksibilitas dari papan GRC sangatlah beragam yang mudah dibentuk sesuai dengan keinginan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Annisa Hapsari