Kamus Istilah Properti

CAGR

istilah properti

CAGR

CAGR adalah singkatan untuk compound annual growth rate yang merupakan rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan investasi dalam jangka waktu tertentu lebih dari satu tahun.

Manfaat CAGR

(Pexels)

Istilah compound digunakan untuk menggambarkan keuntungan berlipat-lipat yang didapat atau majemuk.  Pada dasarnya CAGR adalah tingkat pengembalian yang dibutuhkan agar investasi tumbuh dari saldo awal hingga saldo akhir.

Diasumsikan keuntungan yang diinvestasikan kembali saat akhir setiap periode masa hidup investasi tersebut. Gunanya adalah untuk memuluskan pengembalian supaya lebih mudah dipahami dan dibandingkan dengan metode alternatif.

CAGR tidak menunjukkan pertumbuhan yang sebenarnya namun dapat menggambarkan return investasi, laba perusahaan dan pendapatan. Manfaat atas CAGR ini adalah sebagai berikut :

  1. Membandingkan mana emiten paling bagus dilihat dari pertumbuhan ekuitasnya yang juga berpengaruh pada kinerja sahamnya
  2. Gambaran pertumbuhan dan penurunan investasi yang ditunjukkan dalam bentuk persentase
  3. Membantu memperhitungkan pertumbuhan tahunan majemuk pada saham. Perhitungan dilakukan cepat karena rumusnya cukup sederhana.

Melalui CAGR berguna melacak kinerja berbagai bisnis demi mengetahui kelemahan dan kelebihan bisnis tersebut. Investor cenderung akan memilih angka CAGR lebih besar dengan nilai akhir lebih besar pula.

Investor cenderung menginginkan investasi pada perusahaan yang lebih bisa diprediksi. Walaupun demikian angka CAGR tidak cukup untuk melihat investasi layak dilakukan atau tidak.

Investor harus memahami kenapa terjadi kenaikan atau penurunan pertumbuhan ekuitas tersebut. Dengan memahami kondisi tersebut, investor lebih hati-hati dalam membuat keputusan investasi yang tidak merugikan.

Informasi terkait riwayat performa perusahaan juga menjadi data berharga bagi investor. Dari riwayat ini diketahui kesehatan pertumbuhan suatu perusahaan. CAGR membandingkan dua alternatif dan sering digunakan dalam investasi saham.

CAGR berfungsi memahami return secara lebih baik sehingga investor mampu membandingkan alternatif investasi lainnya. Investor mampu mengevaluasi seberapa bagus saham dengan saham lainnya dalam indeks pasar. 

Baca Juga:

Kelemahan CAGR

Walaupun menampilkan banyak keunggulan namun CAGR memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya bisa disimak sebagai berikut :

  1. Pada dasarnya CAGR sulit diterapkan pada saham karena harga yang cenderung fluktuatif. Lonjakan dan penurunan harga saham terjadi signifikan sehingga angka CAGR tidak bisa dijadikan gambaran atau tidak dapat diandalkan
  2. Perhitungannya tidak akurat karena harga saham yang fluktuatif. Apalagi akhir tahun sering terjadi lonjakan harga sehingga adanya kemungkinan penurunan ketika pasar mengalami bearish mungkin terjadi

CAGR tidak dapat mengetahui perubahan pertumbuhan yang disertai dengan penurunan. CAGR memang bisa untuk mengevaluasi berbagai pilihan investasi namun tidak menunjukkan gambaran secara keseluruhan.

Untuk mengukur sebuah instrumen sebaiknya tidak hanya mengandalkan CAGR. Investor perlu memahami risiko investasi relatif seperti deviasi standar. 

Rumus Perhitungan CAGR

Rumus Perhitungan CAGR
(Pixabay)

Dalam memperhitungkan CAGR memerlukan komponen sebagai berikut :

CAGR = Nilai Akhir Nilai Awal 1/n – 1

  • Nilai akhir merupakan nilai ekuitas emiten di bagian tahun terakhir berinvestasi
  • Nilai awal adalah nilai ekuitas emiten pada awal tahun ketika berinvestasi
  • Jumlah tahun ialah rentang waktu tahunan ketika berinvestasi

Contoh untuk memperhitungkan CAGR misalnya saat penyimpanan saham perusahaan ABCD dalam waktu 5 tahun diperlukan informasi CAGR. 

Pada kasus ini diketahui investor membeli saham pertama kali dengan nilai ekuitas di 45, tahun kedua 60, tahun ketiga 100, tahun keempat 150 dan tahun kelima 200. Lalu berapakah CAGR yang dimilikinya? Perhitungannya adalah sebagai berikut :

CAGR = 200451/5 – 1

= 4,441/5 – 1

= 1,347 – 1

= 0,347

Dari soal di atas diketahui bahwa CAGR investasi di perusahaan ABCD selama kurun waktu 5 tahun adalah 34.7 %. Pertumbuhannya bisa dikatakan baik jika angkanya tidak minus karena menggambarkan keuntungan.

Angka ekuitas akan cenderung naik setiap tahunnya dan menandakan bahwa perusahaan berkembang dengan baik. Dari rumus CAGR ini menunjukkan persentase kenaikan berapa persen.

Hal yang perlu diketahui dari CAGR ialah tidak selalu bersifat positif. Perusahaan mengalami penurunan kinerja dan menyebabkan ekuitas menurun jika hasil CAGR negatif.

CAGR diatas menggambarkan kinerja investasi dan kinerja emiten di masa lalu dan sekarang. CAGR dapat pula difungsikan untuk menghasilkan bunga majemuk seperti saham dan reksadana. 

Baca Juga:

Apa Perbedaan CAGR dengan Growth Rate?

CAGR berbeda sekali dengan growth rate. CAGR mengasumsikan tingkat pertumbuhan berulang setiap tahunnya sementara growth rate tradisional tidak demikian.

Investor lebih sering menggunakan compound annual growth rate sebab memperhalus sifat volatilitas tingkat pertumbuhan dari tahun ke tahun. 

CAGR adalah pilihan yang tepat dalam mengevaluasi opsi investasi namun tidak secara keseluruhan. Investor membandingkan compound annual growth rate dari periode waktu yang sama sehingga mampu mengevaluasi risiko investasi relatif.

Kesimpulan

Compound annual growth rate adalah indikator untuk mengetahui tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan dalam periode waktu tertentu. 

CAGR bisa menunjukkan potensi pengembalian investasi namun tidak bisa mengevaluasi risiko secara keseluruhan. Kelemahannya adalah angka yang ditunjukkan tidak akurat sepanjang tahun.

Hasil CAGR tidak dapat digunakan untuk evaluasi pertumbuhan yang diikuti oleh penurunan. Manfaat dari CAGR adalah mengetahui analisa keunggulan dan kekurangan perusahaan.

CAGR adalah indikator untuk menemukan perusahaan mana yang lebih menguntungkan didasari atas karakter pertumbuhan ekuitasnya.

Baca Juga:

Featured Image Source: Become Rich Fast


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.