Kamus Istilah Properti

BP Tapera

istilah properti

BP Tapera

BP Tapera adalah lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk mengelola dana dari masyarakat berpenghasilan rendah agar bisa memiliki rumah.

Apa itu BP Tapera?

(Tapera)

BP Tapera merupakan singkatan dari Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat. Lembaga ini ditunjuk oleh pemerintah untuk menghimpun dan mengelola dana dari masyarakat, khususnya yang masuk dalam kategori berpenghasilan rendah.

Dana tersebut pada akhirnya akan dikhususkan untuk membuat, merenovasi, atau membeli hunian bagi para pemilik tabungan. Kategori rumah yang menjadi target utama dari pengelolaan dana lembaga ini adalah tempat tinggal yang layak dan terjangkau.

Peserta program simpanan ini terbagi atas dua jenis. Yang pertama adalah pekerja institusi. Dan yang kedua adalah pihak yang bekerja secara mandiri.

Beberapa institusi biasanya secara serentak akan mendaftarkan para pekerjanya untuk mengikuti program simpanan ini. Beberapa yang lain institusi memberikan kebebasan atau tidak terkait dengan program ini.

Siapapun bisa mendaftar untuk program tabungan perumahan ini. Pendaftaran bisa dilakukan dengan cara mengakses laman website BP Tapera secara langsung di tapera.go.id.

Keberadaan lembaga ini diatur secara hukum dalam Undang-Undang no 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Pemukiman. Sedangkan wewenangnya untuk mengelola dana rakyat tertulis dalam Undang-Undang no 4 Tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat dan PP nomor 25 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan Tapera.

Cara pengelolaan dana BP Tapera

(Unsplash)

Ada tiga tahapan pengelolaan dana yang dilakukan oleh lembaga ini. Yang pertama adalah tahap pengerahan dana. Yang kedua adalah pemupukan dana. Dan yang terakhir adalah pemanfaatan dana.

Di tahap awal, dana akan dikumpulkan, baik dari pekerja institusi maupun pekerja mandiri. Besaran dananya sendiri adalah 3% dari gaji atau upah rata-rata bulanan. Khusus untuk institusi yang mengikutsertakan pekerjanya dalam program ini wajib membayar 0,5% dari besaran 3% yang disetorkan.

Setelah terkumpul, dana tersebut akan diadministrasikan ke bank kustodian (Bank Rakyat Indonesia). Dana simpanan tersebut akan dikelola dan diinvestasikan oleh bank kustodian dan manajer investasi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan saldo dari dana simpanan para peserta.

Ada beberapa jenis instrumen investasi yang menjadi sasaran alokasi dana simpanan ini. Dari deposito perbankan, surat utang negara, surat berharga di sektor perumahan dan permukiman, serta segala instrumen investasi lain yang aman dan menguntungkan sesuai dengan UU Tapera.

Jenis instrumen bisa dipilih sesuai dengan preferensi masing-masing peserta. BP Tapera sendiri menyediakan dua jenis instrumen investasi yakni konvensional dan syariah. Sedangkan target imbal hasil secara spesifik disebutkan setara dengan deposito bank.

Dana yang dihimpun baru dapat diambil ketika masa kepesertaan berakhir yakni usia 58 tahun. Sedangkan pemanfaatannya bisa digunakan untuk merenovasi, membangun, atau membeli rumah.

Apakah tapera hanya untuk masyarakat berpenghasilan rendah?

(Unsplash)

Seperti yang sudah disinggung di awal pembahasan, program ini memang dikhususkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Akan tetapi, siapapun bisa mengikuti program simpanan ini walaupun di luar kategori yang menjadi sasaran utama peserta.

Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) akan mendapatkan sebuah hak istimewa yakni fasilitas pembiayaan rumah. Sedangkan peserta di luar kategori MBR bisa mengikuti program ini, namun tidak akan mendapatkan fasilitas pembiayaan rumah. Hal ini dikarenakan peserta non MBR dianggap memiliki kemampuan finansial yang mencukupi.

BP Tapera membuat kategori tiga kelompok masyarakat penghasilan rendah. Pertama, masyarakat yang berpenghasilan maksimal Rp4.000.000 (khusus untuk wilayah Papua maksimal Rp6.000.000). Kedua, masyarakat yang berpenghasilan Rp4.000.000 sampai Rp6.000.000 (khusus wilayah Papua Rp6.000.000 sampai Rp8.000.000). Ketiga, masyarakat dengan penghasilan Rp6.000.000 hingga Rp8.000.000 (khusus wilayah Papua Rp 8.000.000 sampai Rp10.000.000).

Tenor pembiayaan rumah yang dikhususkan untuk peserta MBR bisa dibilang cukup panjang, yakni hingga 30 tahun. Begitu juga suku bunga pinjaman yang ditawarkan juga rendah, yakni dari 5% (fixed).

Dana pinjaman yang ditawarkan oleh program pembiayaan rumah ini bisa cair hingga Rp260.000.000. Akan tetapi, baik besaran dana KPR dan besaran suku bunga dari pembiayaan ini akan disesuaikan dengan kemampuan pembayaran dari pesertanya.

Untuk peserta yang masuk kategori non-MBR, keuntungan mengikuti program ini tidak lain adalah menjadi salah satu instrumen investasi. Hanya saja pengambilannya terbilang cukup lama yakni ketika masuk usia 58, pensiun, atau mengundurkan diri dari pekerjaan.

Keuntungan

(Unsplash)

Di bagian ini, Pins akan mendapatkan poin-poin mengenai keuntungan dari mengikuti program simpanan dari BP Tapera. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini, ya!

  • Menjadi instrumen investasi yang aman dan stabil keuntungannya.
  • Masyarakat berpenghasilan rendah bisa mendapatkan pembiayaan rumah dengan segala keringanannya.
  • Pembayaran simpanan cukup kecil, hanya mengambil 2,5% sampai 3% dari penghasilan bulanan.
  • Pengelolaan dana simpanan bisa disesuaikan dengan preferensi. Dari yang konvensional sampai yang syariah.

Kekurangan

(Unsplash)

Setelah mengetahui keuntungan, program simpanan ini juga memiliki beberapa aspek kekurangan. Beberapa poin yang dimaksud akan dijelaskan pada pemaparan berikut.

  • Jumlah keuntungan yang didapatkan dari pengelolaan dana tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan instrumen investasi semacam saham, crypto dan sejenisnya.
  • Pengambilan dana cukup lama. Simpanan hanya bisa ditarik apabila peserta sudah memasuki usia 58 tahun atau berhenti dari pekerjaan.
  • Untuk peserta non MBR, program ini hampir sama layaknya membuka akun deposito bank atau mengikuti instrumen investasi sejenisnya.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.