Kamus Istilah Properti

Arbitrasi

istilah properti

Arbitrasi

Arbitrasi adalah adalah bentuk akomodasi suatu konflik yang melibatkan pihak ketiga untuk mendapat suatu penyelesaian.

Apa Itu Arbitrasi?

arbitrasi
(Pexels)

Mungkin Pins lebih sering mendengar istilah arbitrasi pada berita atau sesuatu yang berkaitan dengan sengketa dan perselisihan. Hal ini cukup lazim ditemukan di dunia bisnis sehingga setidaknya kita perlu mengetahui apa makna dari kata ini. Tapi, sesungguhnya istilah ini memiki makna yang cukup luas di berbagai bidang, lho.

Pengertian Arbitrasi

Nah, sebelum kita meninjau lebih dalam, mari kita cari tahu pengertian arbitrasi menurut sudut pandang ekonomi, hukum, dan sosiologi.

1. Pengertian Arbitrasi Menurut Hukum

Pengertian dalam bidang hukum merujuk pada usaha untuk menyelesaikan suatu perselisihan atau konflik yang melibatkan pihak ketiga. Pihak tersebut dapat dipilih oleh kedua belah pihak yang terlibat. Arbitrasi tidak hanya bermakna sebuah metode di bidang ini, tapi juga sebagai sebutan untuk lembaga atau badan yang mendapatkan kekuasaan dari badan yuridis untuk menyelesaikan permasalahan di luar badan peradilan. Metode penyelesaian konflik ini telah diatur dalam Undang-undang Nomor 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa.

2. Pengertian Arbitrasi Menurut Ilmu Ekonomi atau Keuangan

Dalam bidang ekonomi, arbitrase atau arbitrasi adalah sebuah praktik untuk mendapatkan keuntungan dari selisih atau perbedaan harga di dua pasar keuangan. Hal ini bisa dilakukan karena seseorang atau suatu pihak membeli mata uang, surat berharga, atau komoditas keuangan lain pada harga yang rendah di sebuah pasar uang, lalu menjualnya di pasar keuangan lain dengan harga yang lebih tinggi.

3. Pengertian Arbitrasi Secara Akademis

Sementara itu, dalam bidang akademis arbritasi dikenal sebagai keuntungan tanpa resiko atau risk-free profit. Disebut demikian karena transaksi atau pertukaran terjadi tanpa arus kas negatif atau kekurangan. Dengan kata lain, transaksi tersebut bernilai positif dan menguntungkan.

Nah, itu dia beberapa pengertian arbitrasi dari berbagai bidang ilmu atau sudut pandang. Tapi, artikel kali ini akan membahas dari segi bidang ekonomi atau keuangan. Arti arbitrasi di bidang ekonomi adalah upaya untuk memperoleh keuntungan dari ketidaksesuaian harga-harga aktual. Sebutan lain untuk istilah keuangan ini adalah arbitrase atau arbitrage dalam Bahasa Inggris. Sementara orang yang melakukan aktivitas ini disebut sebagai arbitraser atau arbitrageur.

Jadi, secara sederhana pengerian arbitrase adalah aktivitas jual beli suatu produk atau komoditas di tempat yang berbeda, namun pada waktu yang bersamaan. Dengan demikian, terjadi perbedaan nilai yang dapat memberikan keuntungan.

Baca Juga:

Contoh Arbitrasi

(Kumparan)

Contoh aktivitas arbitrasi dan arbiter atau orang yang membantu menyelesaikannya yang nyata adalah transaksi valuta asing. Mata uang yang sama memiliki perbedaan tingkat kurs di tempat yang berbeda pula, seperti di bank atau dealer yang berbeda. Sebagai contoh, Pins dapat melihat kasus perbedaan penukaran mata uang berikut ini.

Diketahui bahwa di London 10 poundsterling = 20 USD = 2.000 yen
Sementara nilai tukar di Tokyo 2.000 yen = 12 poundsterling = 24 USD
Bila seseorang menukar uang sebesar 2.000 yen di Tokyo, maka ia akan mendapatkan 24 USD. Kemudian bila ia menukar 24 USD tersebut di London, maka ia akan mendapatkan 2.400 yen. Dengan demikian, terjadi aktivitas arbitrasi yang menghasilkan keuntungan sebesar 400 yen.

Bagaimana, Pins? Sekarang memahami arbitrasi menjadi lebih mudah dengan contoh kasus, bukan? Meski terkesan sederhana, tapi perlu diingat pada praktiknya ada faktor lain yang perlu diperhatikan. Proses dan aktivitas transaksi harus terjadi secara konsisten dan berkesinambungan. Alasannya agar terhindar dari terungkapnya risiko pasar maupun risiko perubahan harga pada salah satu pasar sebelum transaksi selesai dilaksanakan.

Baca Juga:

Jenis Arbitrasi

(Liputan6)

Setelah mengenal pengertian beserta contohnya, Pins juga perlu mengetahui beragam jenis aktivitas perekonomian ini. Berikut adalah jenis-jenis arbitrasi yang perlu Pins pahami.

1. Arbitrasi Merger atau Penggabungan

Jenis arbitrasi ini terjadi ketika terjadi merger atau penggabungan dua perusahaan untuk menjaga keseimbangan profit perusahaan. Biasanya dilakukan dengan cara melakukan pembelian saham dari target perusahaan yang ingin diakuisisi.
Harga pasar dari target perusahaan yang diakusisi biasanya lebih rendah dibandingkan harga yang ditawarkan oleh perusahaan yang mengakuisisi. Keuntungan biasanya lebih banyak dinikmati oleh perusahaan utama, sementara perusahaan yang digabungkan tidak memperoleh keuntungan.

2. Arbitrasi Obligasi Daerah

Pada jenis ini, penjualan dan pembelian obligasi daerah dilakukan dengan jangka waktu netral. Biasanya, pihak merger melakukan ini dengan mencari kesempatan dari nilai relatif.

3. Arbitrasi Konversi

Praktik transaksi ini terjadi dimana seorang investor mengembalikan sebuah obligasi dengan cara menukar saham perusahaan dalam jumlah tertentu. Adapun harga saham dari jenis arbitrasi ini dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu suku bunga, harga saham, dan obligasi selisih kredit.

4. Arbitrasi Peraturan

Selanjutnya, arbitrasi ini seringkali disebut juga dengan regulatory arbitrase. Jenis arbitrasi ini dilakukan untuk memperoleh keuntungan dari adanya selisih antara resiko nyata dengan posisi peraturan yang ditetapkan sebuah perusahaan.

Penutup

Setelah membaca penjelasan di atas, Pins tentu semakin mengenal istilah arbitrasi. Apabila tertarik, Pins dapat mengulik lebih dalam mengenai teknik dan metode yang biasa digunakan dalam aktivitas ekonomi ini. Apalagi, praktik arbitrasi juga dapat berdampak positif terhadap sebuah perusahaan bila dilakukan dengan bijak.

Baca Juga:

Featured Image Source: Liputan6.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.