Info Area

15 Rekomendasi Wisata Magelang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Magelang – Magelang adalah sebuah kota yang tidak cukup besar yang ada di Provinsi Jawa Tengah, letaknya yang strategis menjadi kota yang memiliki jalur utama dari Jogja ke Semarang ini memang kota yang tentu tidak asing lagi di telinga kita.

Di kota ini jugalah terdapat banyak peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan yang masih terjaga dan di rawat dengan baik hingga saat ini, dan salah satunya adalah Candi Borobudur.

Meskipun tidak terlalu besar, namun kota yang di huni lebih dari 150 ribu jiwa ini merupakan kota yang makmur dengan dan indah dengan kakayaan alam dan peninggalan bersejarah yang masih di jaga dengan baik di kota ini.

Baca Juga: 18 Tempat Makan Enak di Magelang yang Wajib Kamu Kunjungi

Rekomendasi Wisata di Magelang

Kota yang menjadi tujuan wisata bagi banyak wisatawan lokal dan mancanegara ini memang kota yang penuh dengan ragam budaya dan tempat-tempat indah yang selalu menunggu untuk di kunjungi, dan berikut admin telah merangkum beberapa tempat wisata di Magelang yang sedang Hits dan banyak menjadi perbincangan oleh wisatawan, berikut ulasannya.

1. Candi Borobudur

borobudur
artsandcultur.google.com

Candi Borobudur ini adalah sebuah icon tempat wisata di Indonesia, sekaligus menjadi kebanggan warga Magelang yang kotanya memiliki salah satu tempat peninggalan keajaiban di dunia.

Candi Borobudur ini merupakan sebuah candi peninggalan agama budha yang hingga kini tetap menjadi tempat wisata favoritedi Magelang, untuk memasuki kawasan Candi Borobudur ini anda hanya akan di tarik biaya tiket masuk sebesar 30 ribu Rupiah saja.

2. Bukit Rhema (Gereja Ayam)

gereja ayam
mytrip.co.id

Bukit Rhema atau yang lebih di kenal dengan Gereja Ayam ini adalah sebuah tempat yang lagi hits di Magelang, tempat wisata yang juga menjadi salah satu tempat di ambilnya adegan di film Ayat-Ayat Cinta 2 ini, sontak menarik perhatian banyak wisatawan untuk datang kemari.

Gereja yang berbentuk ayam ini lokasinya tidak terlalu jauh dengan Candi Borobudur hanya berkisar 2-3km saja, dan dari puncak gereja ayam ini anda akan di suguhkan dengan pemandangan alam kota Magelang yang begitu menawan.

3. Candi Mendut

candi mendut
alodiatour.com

Candi Mendut ini adalah sebuah candi peninggalan Dinasti Syailendra yang pada saat di temukannya candi mendut ini dalam keadaan runtuh. Namun setelah terjadi pemugaran, candi ini kembali tegak berdiri namun hingga saat ini.

Candi yang di temukan pada tahun 1836 ini memang sebuah candi yang megah dan menawan, sama seperti Candi Pawon. Di dalam candi mendut ini anda dapat melihat 3 arca yaitu Arca Dhyani Buddha Wairocana yang diimpit oleh Boddisatwa Awalokiteswara dan Wajrapani.

Di tepi tangga candi mendut ini juga terdapat sebuah relief yang menggambarkan kisah Pancatantra dan Jataka. Untuk memasuki kawasan Candi Mendut ini anda hanya akan di tarik biaya masuk sebesar 5 ribu Rupiah saja.

4. Candi Pawon

candi pawon
alodiatour.com

Candi Pawon ini adalah salah satu tempat wisata di Magelang yang murah dan banyak di kunjungi wisatawan, candi yang di temukan pada awal abad ke-20 ini merupakan sebuah candi yang menurut ahli arkeologi dulunya adalah sebuah tempat perabuan salah satu raja Dinasti Syailendra pada masa itu.

Candi yang begitu megah yang letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur ini merupakan sebuah tempat wisata yang tidak pernah sepi oleh pengunjung, untuk mengunjungi candi pawon ini anda juga hanya akan di tariki biaya masuk sebesar 2 ribu Rupiah saja, sangat terjangkau bukan?

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Korea Terbaik di Malang

5. Candi Ngawen

candi ngawen
liputan6.com

Candi Ngawen ini terlihat asing mungkin di telinga kalian. Tapi siapa sangka candi peninggalan kerajaan Budha ini adalah sebuah tempat yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Candi yang terdiri dari 5 buah candi ini memang tidak begitu besar. Namun keunikan candi ini yakni terdapat 4 parung singa yang saling berhubungan candi satu dengan candi yang lainnya.

Untuk menikmati keindahan candi ngawen ini, Anda hanya di perintahkan untuk tidak merusak dan tidak membuang sampah sembarangan, alias gratis tanpa ada biaya masuk.

6. Punthuk Setumbu

punthuk setumbu
nativeindonesia.com

Punthuk Setumbu adalah objek wisata yang akhir-akhir ini sedang tenar di kalangan pemuda Magelang, tempat yang banyak di kunjungi para wisatawan untuk menikmati indahnya sunrise ini memang adalah sebuah tempat yang pas. Apalagi saat ini, di Punthuk Setumbu ini sudah banyak terdapat spot menarik seperti rumah pohon berbentuk hati dan juga banyak lainnya.

Untuk dapat menikmati sunrise di Punthuk Setumbu ini Anda hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar 15 ribu Rupiah saja.

7. Rumah Kamera

rumah kamera
bob.kemenparekraf.go.id

Rumah Kamera ini adalah tempat wisata unik di Magelang yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Rumah yang di bangun persis seperti kamera DSLR ini merupakan sebuah tempat yang dimana kamu dapat menikmati berbagai keindahan lukisan yang sangat menarik dan menawan.

Ya, di Rumah Kamera ini Anda tidak akan di suguhkan dengan hasil jepretan fotografer profesional melainkan akan di suguhkan dengan berbagai lukisan yang begitu indah dan elegan. Dan jika Anda naik ke balkon atas rumah, Anda dapat menikmati keindahan alam di sekitar rumah kamera tersebut.

Baca juga: 9 Kuliner Paling Enak di Magelang Terbaru

8. Hutan Pinus Kragilan

pinus kragilan
tribunnews.com

Persis seperti Hutan Pinus Kalilo Purworejo, Hutan Pinus Kragilan ini adalah sebuah tempat wisata alam di Magelang yang sedang hits di kalangan anak muda dan para wisatawan di Magelang. Pohon pinus yang rindang yang berjejer rapih seakan sedang berbaris ini memberikan rasa nyaman dengan udara yang sejuk dan hawa yang dingin.

Hutan Pinus Kragilan ini juga menjadi salah satu tempat berburu spot foto oleh para anak muda di Magelang, karena memang tempatnya yang sangat menawan dan bersih tentunya.

9. Ketep Pass

ketep pass
kompas.com

Ketep Pass Magelang ini merupakan tempat wisata di Jawa Tengah yang sangat menarik yang tidak boleh anda lewatkan. Di area wisata Magelang ketep pass ini terdapat sebuah gardu pandang yang dimana Anda dapat melihat keindahan alam kota Magelang, Jogja dan sekitarnya.

Selain itu juga terdapat sebuah museum yang menyimpan berbagai koleksi mengenai erupsi gunung merapi. Untuk menuju ketempat ini, Anda juga tidak terlalu susah, karena sudah terdapat akses jalan yang mulus dan tidak terlalu berkelok-kelok.

10. Panca Arga 

panca arga
tripadvisor.com

Panca Arga ini adalah sebuah tempat tinggal bagi para pemimpin dan anggota TNI AD yang berkantor di Magelang. Tempat ini di kelilingi oleh 5 gunung yang tinggi, dan selain menjadi tempat tinggal para anggota TNI.

Tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata bersejarah yang dimana Anda dapat menlihat berbagai barang-barang peninggalan pada saat perang melawan Belanda seperti meriam, teng dan sebagainya.

Baca juga: 16 Rekomendasi Bakso Paling Enak di Magelang

11. Air Terjun Kedung Kayangan

kedung kayang
kompas.com

Air Terjun Kedung Kayangan ini adalah sebuah air terjun yang airnya mengalir dari 2 gunung, yaitu gunung merbabu dan merapi, dimana Air Terjun Kedung Kayangan ini memang berada di perbatasan kabupaten magelang dan boyolali.

Air Terjun yang menjulang tinggi lebih dari 39meter ini memang terlihat gagah dan sangat menawan , terlebih udara di sekitar juga masih sangat asri dengan pepohonan-pepohonan yang rindang dan menyejukan hati.

12. Gunung Andong 

gunung andong
wisata.id

Gunung Andong ini tentu menjadi sebuah tempat wisata di Magelang dan Jogja yang sudah tidak asing lagi. Gunung yang tidak terlalu tinggi namun memiliki pemandangan yang begitu menawan ini memang sangat terkenal di kalangan wisatawan karena keindahannya, terlebih jika hari besar atau musim libur.

Gunung Andong ini pasti selalu di penuhi oleh para pendaki yang ingin melihat indahnya pemandangan kota Magelang, Jogja, dan Boyolali.

Selain itu keindahan itu menjadi lebih sempurna dengan view 3 gunung yang begitu menawan yaitu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Untuk dapat mengunjungi Gunung Andong ini Anda hanya akan di mintai biaya registrasi sebesar 5 ribu Rupiah dan biaya parkir saja.

13. Desa Candirejo 

candirejo
industry.co.id

Desa Candirejo ini merupakan sebuah desa di kota Magelang yang hingga kini masih menjaga dengan baik tradisi para leluhurnya. Desa Candirejo  ini juga sudah sangat terkenal di kalangan para wisatawan, berbagai kesenian, kebudayaan dan adat istiadat di tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing.

14. Curug Lawe

curug lawe
pegipegi.com

Curug Lawe ini adalah salah satu tempat wisata di Magelang yang sedang hits pada akhir-akhir ini. Sebuah air terjun setinggi 500 m ini berada di kaki Gunung Sumbing Jawa Tengah. Udara yang sejuk dan gemercik air yang deras sudah dapat kamu dengar ketika kamu mendekati curug lawe ini. Lokasi Curug Lawe ini berada di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati.

15. Grenden

grenden
tribunnews.com 

Grenden ini adalah sebuah tempat wisata di kaki Gunung Merbabu yang tidak boleh kamu lewatkan. Memiliki ketinggian 1457 mdpl, tempat wisata Grenden ini menjadi salah satu tujuan wisata di Magelang yang paling di gemari. Pemandangan yang indah dan mempesona serta udara yang sejuk menjadikan tempat ini begitu favorit. Lokasinnya berada di Dusun Grenden, Pogalan, Pakis, Magelang.

Banyak sekali tempat-tempat wisata menarik di Magelang, Jawa Tengah yang dapat anda kunjungi bersama teman ataupun keluarga. Namun tetap menjaga dan melestarikan berbagai tempat wisata apalagi itu adalah sebuah peninggalan bersejarah menjadi hal yang wajib kita jaga.

Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan beberapa referensi mengenai tempat wisata di Magelang. Selamat berwisata!

Source feature image: orami.co.id


Temukan beragam pilihan rumah di Magelang atau info perumahan baru di Magelang melalui Aplikasi Pinhome. Segera daftarkan properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.