Info Area

Wisata Jakarta Barat

Rumah di Jakarta terkenal padat penduduk. Meskipun begitu masih banyak tempat wisata menarik di ibukota negara khususnya Jakarta Barat.

Mulai dari wisata sejarah,wisata belanja hingga wisata kuliner. Jika kamu berencana melakukan liburan keluarga di DKI Jakarta, pastikan jangan lewatkan berbagai tempat instagramable ini!

Tempat Wisata di Jakarta Barat

1. Museum Wayang Jakarta

(Wikimedia Commons)

Museum Wayang Jakarta terletak di Jl. Pintu Besar Utara No.27, Pinangsia,Taman Sari, Jakarta Barat. Museum ini adalah salah satu museum yang didedikasikan untuk orang Jawa tentang dunia pedalangan wayang.

Museum Wayang memiliki koleksi wayang bervariasi baik jenis wayang Indonesia dan berbagai macam koleksi wayang, boneka dari mancanegara.

Tempat wisata di Jakarta Barat ini dibuka setiap hari kecuali hari Senin dari jam 09:00 pagi hingga jam 15:00 sore. Pada hari Sabtu dan Minggu, museum akan tutup jam 20:00 WIB.

Baca Juga :

2. Chinatown Jakarta Barat

(Wikimedia Commons)

Chinatown Jakarta Barat berlokasi di Jl. Pancoran No.41 Glodok,Taman Sari, Jakarta Barat. Lokasi ini adalah Chinatown versi Jakarta Barat dimana banyak bangunan memiliki arsitektur khas China dan suasana seperti di negeri bambu.

Chinatown identik dengan wisata kuliner dan wisata belanja. Di sini mudah sekali menemukan barang-barang murah dan unik, serta berbagai jenis makanan

Bagi wisatawan muslim, sebelum membeli makanan sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada penjual apakah makanan tersebut mengandung babi atau tidak.

Barang-barang yang dapat dibeli di daerah ini yaitu elektronik, DVD, sayuran, pernak-pernik China, obat-obatan tradisional, mainan, aksesoris, kacamata, makanan, minuman, alat-alat jahit, dll.

Uniknya pedagang disini masih menggunakan alat hitung tradisional yaitu sempoa. Tujuannya untuk menjaga suasana agar benar-benar menimbulkan nuansa tradisional China layaknya di tempat aslinya.

Bangunannya sendiri sudah ada semenjak zaman pemerintahan Hindia Belanda.

Fasilitas Yang Ada Di China Town

  1. Area parkir kendaraan
  2. Aneka penjual makanan
  3. Kamar mandi / MCK
  4. Souvenir
  5. Pusat perbelanjaan
  6. Penginapan
  7. dan masih banyak fasilitas lain yang dapat dinikmati di tempat ini

Untuk mencapai lokasi ini bisa meminta panduan arah dengan google maps yang terpasang di smartphone. Lebih nyaman lagi bila datang kesini menggunakan kendaraan pribadi.

Jika memakai kendaraan umum tersedia bus atau angkot yang akan berhenti di terminal bus kota Jakarta barat.

Setelah itu kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan ojek ataupun kendaraan pribadi menuju Desa Glodok hingga sampai ke China Town.

Sebelum berangkat pantaulah cuaca terlebih dulu. Bawa barang yang dibutuhkan agar mempermudah perjalanan.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

(Wikimedia Commons)

Museum Seni Rupa dan Keramik beralamat di Jl. Pos Kota No.2, Jakarta Barat. Museum menghadirkan koleksi seni rupa dan aneka porselen cantik.

Koleksi Seni Rupa

Museum Seni Rupa dan Keramik memiliki 500-an karya seni rupa terdiri dari berbagai bahan dan teknik yang berbeda seperti patung, totem kayu, grafis, sketsa, dan batik lukis.

Diantara koleksi-koleksi tersebut ada beberapa koleksi unggulan seperti lukisan yang berjudul ‘Potret Diri’ karya Affandi.

Selain itu ada pula patung klasik tradisional dari Bali yakni totem kayu magis dan simbolis karya I Wayan Tjokot dan keluarga besarnya.

Totem dan patung kayu karya para seniman modern lainnya yang bisa kamu temukan disini antara lain G.Sidharta, Oesman Effendi, dan banyak lagi lainnya.

Koleksi Keramik

(Pxhere)

Museum Seni Rupa dan Keramik menyimpan keramik lokal dan keramik asing. Keramik lokal berasal dari sentra industri daerah antara lain Aceh, Medan, Palembang dan lain-lain.

Museum ini juga menyimpan keramik dari Majapahit pada abad ke-14. Selain bentuknya indah juga memiliki nilai sejarah, bentuk serta fungsi.

Perpustakaan

Bila lelah melihat koleksi seni dan keramiknya maka bisa beristirahat sejenak di perpustakaannya. Didalamnya terdapat buku atau bacaan terkait panduan tentang seni rupa.

4. Kolam Renang Villa Meruya

(Pexels)

Ingin berolahraga renang dengan fasilitas permainan air yang tidak biasa ? Jika iya kunjungi dulu kolam renang Villa Meruya.

Lokasinya beralamat di Perumahan Villa Meruya Blok D1 No. 1 Jalan Taman Palem Raya,Meruya Selatan,Kembangan,Jakarta Barat. Tersedia fasilitas water slide besar, ember tumpah yang seru, family slide untuk keluarga, serta kolam anak.

Kolam renang Villa Meruya  juga menyediakan les renang setiap Senin – Jumat yang dipandu oleh lifeguard.

Fasilitas lainnya untuk para member adalah gym dan kelas aerobik, whirlpool, sauna dan steam, 3 meja ping pong, 3 lapangan tenis outdoor (bisa les), lapangan basket, futsal outdoor, ruang pertemuan untuk berbagai acara, kantin, area bilas, tempat parkir dan area taman yang asri.

5. Sky Rink Jakarta Barat

(Wikimedia Commons)

Selanjutnya bagi kamu yang mempunyai hobi bermain ice skating bisa mengunjungi Sky Rink. Lokasinya berada di Mall Taman Anggrek,Jalan Letjen S.Parman Kav.21,Tanjung Duren Selatan,Grogol, Jakarta Barat.

Mall ini buka 24 jam penuh dan pengunjung dikenakan tarif masuk Rp. 95.000 pada hari biasa. Sementara untuk hari libur dikenakan tarif Rp. 125.000 per orang untuk masuk arena ice skating.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata Jakarta Barat yang dapat kamu kunjungi saat liburan tiba. Ada banyak pilihan destinasi wisata yang disediakan mulai dari wisata bersejarah hingga taman bermain.

Baca Juga :


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah