Info Area

Tempat Wisata di Tawangmangu

Apakah kamu tahu Tawangmangu daerah mana? Nama daerah ini adalah sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang memiliki luas 800,20 kilometer persegi ini memiliki destinasi wisata Tawangmangu yang indah alamnya dan sarat akan sejarah.

Lokasi tempat pariwisata Tawangmangu ini kebanyakan berada di area dataran tinggi. Tak perlu heran jika ada banyak spot yang tak pernah sepi didatangi oleh pengunjung lokal maupun luar negeri. Jika tertarik mendatangi wilayah ini, catat baik-baik daftar di bawah ini dan masukkan ke dalam itinerary.

1. Taman Balekambang Tawangmangu

Taman Balekambang Tawangmangu
idntrip.com

Tempat wisata Tawangmangu yang wajib didatangi adalah Taman Balekambang Tawangmangu. Ini adalah sebuah taman hiburan yang dekat dengan komplek rumah baru di Karanganyar yang cukup populer dikunjungi oleh rombongan keluarga yang ingin mengajak anaknya bermain.

Taman ini didesain  dengan banyak fasilitas permainan yang membuat anak-anak dan orang tua bersenang-senang dalam waktu bersamaan. Ada wahana roller coaster mini, ayunan, kolam renang, hingga air mancur di komplek taman yang dirawat dengan baik.

Wahana utama di taman hiburan ini adalah replika dari landmark yang terkenal. Salah satunya adalah jembatan Brooklyn di New York yang menjadi ikonnya Hollywood. Anda juga dapat berjalan-jalan santai di taman bersama orang yang Anda cintai. Taman Balekambang adalah wisata baru Tawangmangu yang tepat untuk disambangi di akhir pekan.

Lokasi: Jl. Balaikambang, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar
Instagram @zaykmalin

Air terjun Grojogan Sewu adalah salah satu tempat wisata alam Tawangmangu yang sangat populer. Memiliki ketinggian hingga 80 meter, airnya bersumber dari air hujan yang mengucur dari tebing yang ada area tersebut. Yang tak kalah menarik, di sekitar air terjun ini terdapat hutan yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman. Ada juga sekumpulan monyet jinak yang meramaikan ekosistem di tempat yang cukup jauh dengan perumahan di Karangnyar ini.

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

3. Kebun Teh Kemuning

wisata Tawangmangu Kebun Teh Kemuning
solo.co.id

Kabupaten Karanganyar juga memiliki sebuah perkebunan teh yang sangat menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan tiba. Wisata Tawangmangu terbaru ini terletak di daerah Kemuning.

Di sana, kamu dapat menikmati hamparan kebun teh yang hijau dan bisa memetiknya sendiri serasa di kebun pribadi sekaligus paralayang. Kebun Teh Kemuning ini tidak kalah indahnya dengan  yang ada di Puncak Ciawi, Bogor. 

Lokasi: Jalan Kemuning, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

4. Candi Sukuh

wisata Tawangmangu candi sukuh
tribunnews.com

Tempat wisata Karanganyar Tawangmangu selanjutnya adalah Kompleks Candi Sukuh. Candi yang dibangun di abad ke-15 ini terdiri dari kuil dan patung Hindu yang letaknya ada di lereng Gunung Lawu.

Yang unik dari Candi Sukuh ini adalah adanya piramida candi yang diukir dengan rapi dan dihiasi dengan relief  yang detail. Ada banyak patung di sekitar candi yang memiliki bentuk menyerupai area kemaluan pria dan wanita. Patung tersebut seolah menyimbolkan kesuburan serta dualitas di alam antara wanita dan pria. 

Untuk masuk ke candi ini, kamu akan dipinjamkan sarung bermotif hitam putih untuk menyempurnakan kesopanan berpakaian dan lebih menghormati situs suci ini. Setiap pengunjungnya juga disarankan untuk membaca penjelasan yang tertulis di buku panduan saat sebelum maupun ketika berkeliling.

Lokasi: Dukuh Berjo, Desa Sukuh Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.

5. Candi Cetho

wisata Tawangmangu candi cetho
detik.com

Candi Cetho adalah candi dengan corak agama Hindu di Jawa Kuno. Bangunannya terdiri dari 7 tingkat yang melambangkan kehidupan manusia yang menyimbolkan jika semakin tinggi posisi manusia, maka semakin sulit jalan kehidupan yang akan diperoleh.

Di candi ini pula terdapat patung besar yang bentuknya menyerupai penis dan vagina yang dihubungkan oleh burung garuda sebagai simbol Dewa Wisnu dan kura-kura untuk simbol umur panjang. Arca ini diyakini untuk mewakili arti kesuburan dan kemakmuran. 

Arca Dewa Wisnu dan Raja Brawijaya dari Majapahit terletak di tingkat ke-5. Sementara untuk tingkat ke-7 sebagai yang paling atas selalu dikunci dan akan dibuka hanya pada upacara keagamaan.

Lokasi: Desa Ceto, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Solo.

BACA JUGA: Air Terjun Jumog Karanganyar, Rute dan Harga Tiket Masuk

6. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog
kompas.com

Air Terjun Jumog adalah wisata Tawangmangu yang layak dikunjungi karena mudah dijangkau dari pusat kota. Terdapat sebuah kolam renang besar yang airnya cukup dingin serta jernih. Untuk masuk ke area ini, kamu harus melakukan pendakian yang memakan waktu selama kurang lebih 5 menit untuk mencapai gerbang masuk.

Di sini kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dan natural. Meski areanya tidak terlalu luas, obyek wisata Tawangmangu ini masih terpelihara dengan baik dan bersih. 

Jika lapar, kamu bisa menikmati jajanan yang disediakan oleh pedagangnya. Salah satu menu yang selalu dicari adalah sate kelinci. Kamu juga bisa mendapati banyak penjual buah dan makanan tradisional lokal yang rasanya tak kalah lezat.

Lokasi: Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karangpandan.

7. Astana Giribangun

Astana Giribangun
detik.com

Astana Giribangun adalah komplek pemakaman  Presiden Indonesia ke-2, Soeharto. Berlokasi di Kabupaten Karanganyar, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 10 menit dari jalan utama Solo ke Tawangmangu. Dibangun di atas bukit yang dikelilingi pepohonan, kamu akan disambut dengan pemandangan hijau yang segar. Bangunannya bergaya Jawa klasik terdapat 5 makam di bangunan utamanya.

Lokasi: Jl. Astana Giri Bangun, Dengkeng, Girilayu, Kabupaten Karanganyar.

8. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan
infokaranganyar.com

Bukit Sekipan adalah sebuah taman wisata Tawangmangu yang memiliki begitu banyak daya tarik. Sangat cocok untuk dikunjungi anak-anak ada banyak pilihan wahana permainan. Sebut saja seperti komedi putar, kereta mini, mobil bemper, monorel terbang, mobil bombom, dan kolam kecil. Bukan hanya itu, di  Bukit Sekipan juga terdapat rumah hantu, area seni 3D, hingga kebun binatang mini.

Dengan membayar tiket yang dibanderol Rp35.000, kamu dapat menikmati banyak aktivitas menyenangkan. Patung hantu, zombie, dan wahana unik di sana tak akan didapatkan di tempat lain.

Jika lapar setelah berwisata, kamu bisa menikmati restoran yang juga tersedia di tempat wisata ini. Ada berbagai menu makanan berat yang enak seperti ayam goreng, ayam panggang, mie, dan minuman segar lainnya untuk melegakan dahaga.

Lokasi: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

9. Tahura Mangkunegoro

wisata Tawangmangu tahura mangkunegoro
twitter.com

Tahura Mangkunegoro adalah sebuah taman hutan rakyat yang berada di lereng Gunung Lawu. Medannya sangat cocok untuk dijadikan rute petualangan off-road. Wisata Tawangmangu ini didirikan pada 1999 dan selesai direnovasi pada 2008 lalu.

Hutan yang dipenuhi dengan pohon pinus ini juga banyak ditanami dengan berbagai pohon. Ada yang asli dari daerah pegunungan dan ada yang diberikan tanaman dari biji lain oleh pemerintah daerah.

Tak hanya bisa mengamati tanaman, kamu juga bisa melihat satwa yang hidup di hutan ini seperti burung elang Jawa dan beberapa burung endemik lainnya. Selain itu, kamu juga bisa berkemah praktis karena semua fasilitasnya sudah disediakan oleh pihak pengelolanya.

Lokasi: Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

10. Danau Madirda

wisata Tawangmangu danau madirda
travelspromo.com

Di kawasan lereng Gunung Lawu, ada Danau Madirda yang dikelilingi ladang dan pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Areanya tidak membahayakan, sangat wajar jika spot ini menjadi tempat bermain yang disukai anak-anak penduduk sekitar. 

Namun, kamu perlu berhati-hati karena jalan menuju tempat wisata yang satu ini cukup sulit. Danau ini sering digunakan sebagai ritual membersihkan diri orang Hindu sebelum hari raya Nyepi.

Lokasi: Area Sawah, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Nikmatnya Ngeteh di Ndoro Donker Tea House

11. Air Terjun Kedung Sriti

wisata Tawangmangu Air Terjun Kedung Sriti
kumparan.com

Bagi yang ingin mendatangi tempat wisata Tawangmangu yang sejuk, ada Air Terjun Kedung Sriti yang wajib masuk ke dalam daftar rekomendasi. Kamu perlu berjalan kaki dan melewati jalur trekking selama kurang lebih 10 menit. Tanpa perlu membayar tiket masuk, kamu bisa menikmati panoramanya yang indah.

12. Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani
pegipegi.com

Pilihan curug atau air terjun di Tawangmangu terbilang cukup variatif. Kamu bisa mendatangi Air Terjun Pringgodani jika sedang berwisata ke sana. Selain sejuknya air dan angin yang ada di sekitarnya, kamu akan disambut dengan pepohonan tinggi yang bisa menyegarkan mata. Tertarik untuk ke sana?

13. Gunung Lawu

wisata Tawangmangu Gunung Lawu
kompas.com

Salah satu objek wisata Tawangmangu yang letaknya yang sangat strategis dan berada di dataran tinggi adalah Gunung Lawu. Pasalnya, wilayahnya ada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Lebih tepatnya berada di Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah dan berdekatan dengan Kabupaten Magetan di  Jawa Timur.

Kamu bisa mendaki wisata sekitar Tawangmangu ini dengan  mampir ke bumi perkemahan yang letaknya ada di lereng Gunung Lawu dan dinamakan Perkemahan Lawu dan Sekipan. Kamu bisa beristirahat sejenak di sana sebelum menanjak kembali hingga tiba di puncaknya.

14. Rumah Atsiri

Rumah Atsiri
liputan6.com

Jika membutuhkan referensi tempat wisata yang edukatif dan seru, kamu bisa mampir ke Rumah Atsiri. Di sini, kamu bisa mengetahui proses pembuatan minyak atsiri atau yang lebih dikenal dengan essential oil. Kamu juga bisa mencoba meracik minyak dengan pilihan wewangian yang disesuaikan dengan selera. Di sana, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati berbagai pilihan makanan yang tak kalah enak.

15. Sakura Hills

wisata Tawangmangu Sakura Hills
travelandword.com

Menikmati tempat healing yang memiliki suasana tenang seperti di Jepang bisa didapatkan dengan mendatangi Sakura Hills. Kamu bisa memasuki area penginapannya yang berbentuk seperti pondok. Terhampar padang rumput hijau serta pepohonan pinus yang menyejukkan.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Cafe di Tawangmangu 

16. Tawangmangu Wonderpark

Tawangmangu Wonderpark
kontan.co.id

Jika ingin mendatangi tempat wisata yang memiliki banyak pilihan atraksi, Tawangmangu Wonderpark adalah rekomendasi yang tepat. Kamu bisa mengantar anak-anak ke wahana anak. Selain itu, kamu juga bisa berkuda, berkemah, hingga outbond.

17. The Lawu Park

The Lawu Park
kompas.com

Jika ingin menyenangkan buah hati, kamu bisa mengajak mereka untuk mampir ke The Lawu Park. Taman yang ada di tengah hutan pinus ini menyediakan rumah pohon bertingkat yang bisa dijadikan sebagai spot foto. Sebuah atraksi sederhana yang menyenangkan, bukan?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.