Info Area

18 Destinasi Wisata di Puncak Bogor yang Menarik

Puncak adalah kawasan wisata yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Cianjur, Jawa Barat. Di kawasan Puncak, tersedia berbagai destinasi wisata yang sangat lengkap seperi villa, hotel, homestay, cafe, rumah makan, hingga taman hiburan.

Nah, pada artikel ini, Pinhome akan memberikan informasi mengenai berbagai tempat wisata di Puncak, Bogor yang menarik dikunjungi. Mulai dari tempat wisata romantis, wisata alam, hingga spot foto yang dijadikan area prewedding juga ada. Lokasinya berada di beberapa kawasan perumahan di Bogor, ya. Langsung saja, berikut adalah tempat wisata Puncak yang wajib banget kamu kunjungi.

1. Little Venice Puncak

wisata di puncak bogor
(Klook)

Little Venice Puncak adalah salah satu destinasi wisata Puncak yang sedang menjadi perbincangan banyak orang. Tempat ini menyuguhkan pemandangan dan suasana yang berbeda dari wisata Puncak Bogor lainnya.

Sesuai namanya, Little Venice punya danau buatan dan rumah-rumah yang di rancang semirip mungkin dengan kota Venesia di Italia. Di tempat wisata ini, kamu dapat menikmati berbagai permainan untuk anak-anak hingga dewasa. Kamu juga dapat menyusuri danau buatan dengan menggunakan perahu yang disediakan.

Lokasi: Batulawang, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

 2. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

wisata di puncak bogor
(Kompas)

Taman wisata alam Gunung Pancar ini berupa hutan pinus yang menjulang tinggi dan rapi. Daun-daunnya yang rindang, membuat tempat ini tersa nyaman dan sejuk. Ini bisa jadi salah satu wisata alam di Puncak yang cocok untuk prewedding. Pemandangan di sini, bak seperti di negeri dongeng, lo.

Lokasi : Jl Desa, Kampung Ciburial, RT.3/RW.3, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Muuuadang, Bogor, Jawa Barat 16810

3. Taman Safari Indonesia

wisata di puncak bogor
(Kompas)

Taman Safari Indonesia menjadi salah satu tempat rekreasi di Puncak, Bogor yang terkenal. Ini sering di jadikan sebagai tempat libur bersama buah hati saat musim liburan. Konon, temat ini mulanya didirikan pada 1980 di kawasan wisata kebun teh Cisarua, luasnya sekitar 50 hektare. Namun, kini tempat ini diubah menjadi taman safari, yang konon pun merupakan pertama di Indonesia.

Taman Safari Indonesia kini telah di perluas, hingga lebih 160 hektare. Lalu, di dirikan pula berbagai wahan rekreasi serta fasilitas pendidikan yang cocok untuk dijadikan pilihan wisata keluarga.

Lokasi : Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750

4. Taman Bunga Nusantara

wisata di puncak bogor
(Kompas)

Taman Bunga Nusantara ini adalah sebuah tempat wisata Puncak Bogor hits yang ramai pengunjung. Di tempat ini kamu akan menjumpai bunga-bunga yang berasal dari seluruh dunia seperti Prancis, Mediteranian, Jepang, dan banyak lainnya.

Salah satu tempat wisata alam di Puncak ini menyuguhkan bunga-bunga indah serta berbagai spot-spot foto yang menarik. Tidak hanya bunga-bunga cantik, di tempat ini juga terdapat taman labirin raksaksa yang menjadi daya tariknya. Dengan membayar Rp30.000, kamu sudah dapat menikmati berbagai wahana menarik dan bunga indah di sini.

Lokasi : Jl. Mariwati No.KM, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254

5. Telaga Biru Cipanas

wisata di puncak bogor
(Detik)

Telaga Biru Cipanas merupakan wisata daerah Puncak berupa danau dengan luas 500 meter persegi serta berada di ketinggian 1.575 mdpl. Tempat ini juga masih termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede. Di sini, kamu bisa melihat pemandangan indah dengan air terlaga biru jernih yang sangat mempesona.

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Makan Ramen Enak di Bogor

6. Candi Tridharma Gunung Putri Pacet

wisata di puncak bogor
(Perlu Piknik)

Candi Tridharma Gunung Putri Pacet ini adalah sebuah candi di Indonesia yang di bangun sekitar 2000-an tahun lalu. Candi ini dulunya adalah tempat ibadah Umat Budha ini yang di beri nama Vihara Bumi Tridharma. Namun, karena tidak ada izin dari pemerintah daerah setempat menjadikan pembangunan candi ini dihentikan meskipun sudah berjalan kira-kira 70 persen.

Seiring waktu berjalan, kini kompleks yang tadinya akan dibangun sebagai tempat ibadah, beralih fungsi sebagai tempat wisata.

Lokasi : Sukatani, Kec. Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

7. Kebun Raya Cibodas Cipanas

wisata di puncak bogor
(Tribun)

Kebun Raya Cibodas adalah salah satu tempat wisata daerah Puncak yang terkenal. Tempat wisata ini memiliki berbagai tanaman langka, sehingga cocok jadi destinasi liburanmu. Di tempat ini juga terdapat air terjun, rumah kaca, dan air mancur yang indah.

Kebun Raya Cibodas ini juga memiliki koleksi tanaman sakura yang berasal dari Jepang. Ini biasanya ekar pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Cocok untuk di jadikan destinasi liburan seru kamu di Puncak.

Lokasi : Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

8. Puncak Pass Cipanas

wisata di puncak bogor
iTrip)

Puncak Pass Cipanas adalah salah satu detinasi wisata Puncak yang menyuguhkan pemandangan kebun teh yang indah dan menawan. Hawanya yang sejuk dan suasananya yang asri, membuat tempat wisata ini sering di jadikan pilihan oleh traveler yang ingin menyegarkan pikiran mereka. Tempat wisata di Bogor ini tidak hanya menyuguhkan hamparan kebun teh, tapi juga pemandangan alam Puncak Bogor yang indah.

Lokasi : Ciloto, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

9. Istana Presiden Cipanas

wisata di puncak bogor
(Sentul City)

Istana Presiden Cipanas ini adalah sebuah bangunan yang dulunya digunakan sebagai tempat tinggal pemerintah Belanda. Namun, tempat ini kini di jadikan sebagai salah satu wisata sejarah. Sebab, tempat ini memiliki berbagai koleksi benda-benda dan foto-foto peninggalan sejarah yang masih terawat dengan baik.

Di Istana Cipanas juga terdapat museum, toko suvenir, koleksi kaktus, tanaman hias, serta pemandian air panas. Karena cukup komplet, tak kalau kalau tempat wisata di Bogor Puncak ini banyak menarik minat wisatawan.

Lokasi : Jl. Raya Cipanas No.105, Cipanas, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

10. Leuwi Lieuk

wisata di puncak bogor
(Orami)

Jalan-jalan ke Puncak tak lengkap jika belum ke Leuwi Lieuk. Tempat wisata di Puncak Bogor ini kerap dibandingkan dengan Green Canyon Pangandaran karena bentuknya yang mirip. Kamu bisa berenang serta trekking saat berwisata ke tempat ini. Pemandangan sungai nan hijau serta aliran air yang gemericik akan menemani perjalananmu.

Lokasi: Jalan Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat

Baca juga: 15 Tempat Makan Sushi Paling Enak di Bogor

11. Telaga Warna

wisata di puncak bogor
(Liputan6)

Kalau sedang mencari tempat bagus di Puncak Bogor kamu bisa singgah di Telaga Warna. Konon, air di telaga ini dapat berubah dengan sendirinya, lo. Kadang warna hijau, cokelat, kuning, bahkan gelap. Beberapa menyebut, perubahan warna ini karena adanya tanaman ganggang di telaga.

Lokasi:  Jl. Raya Puncak Gadog No.KM 90, Telaga Warna, Desa Utara, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 

12. Gunung Pancar

wisata di puncak bogor
(Phinemo)

Walau bukan wisata Puncak Bogor terbaru, tapi Gunung Pancar tetap asyik untuk dikunjungi. Terlebih jika kamu pengin merasakan piknik di tengah alam, khususnya area hutan pinus. Selain berkemah, kamu juga bisa menikmati pemandangan cantik dari tempat ini. Bahkan bisa pula menggelar sesi foto, seperti pre-wedding.

Lokasi: Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat

13. Tirta Sanita Ciseeng

wisata di puncak bogor
(Haluan)

Tempat wisata di Puncak Bogor ini menawarkan sensasi berendam air panas dengan infinity pool yang menyatu dengan alam. Kalau berendam atau berenang di sini, kamu bisa mencium aroma belerang dan garam yang konon baik untuk tubuh. Jika kurang nyaman, berenang dengan banyak orang, kamu pun bisa memesan area privat dan mencoba beragam terapi. Bahkan, ada terapi lintah dan ikan, lo!

Lokasi: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 

14. Gunung Mas

wisata di puncak bogor
(Pikiran Rakyat)

Berikutnya, kamu bisa berwisata ke Gunung Mas. Meski bukan wisata baru di Puncak tapi tempat ini tetap ramai dikunjungi wisatawan. Khususnya dari luar kota, seperti Bandung dan Jakarta. Kalau datang ke sini, kamu bisa melihat pemandangan kebun teh, berkemah, berkuda, serta foto di beberapa spotnya. Tak cuma itu, kamu pun bisa melihat serta merasakan langsung pengalaman memetik daun teh, lho.

Lokasi:  Jl. Raya Puncak KM.87, Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

15. Curug Cibeureum

wisata di puncak bogor
(Native Indonesia)

Curug Cibeureum merupakan salah satu air terjun di Puncak Bogor yang populer. Tempat wisata di Puncak ini menawarkan air terjun dengan pemandangan alam yang bagus dan memesona. Letaknya masih dalam satu kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Untuk ketinggian mencapai 50 meter dengan aliran air yang tak terlalu deras. Pas untuk sekadar bersantai atau main air.

Lokasi: Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Baca juga: 20 Rekomendasi Tempat Makan di Bogor yang Enak dan Murah

16. Wisata Citamiang Cisarua

wisata di puncak bogor
(Highland Camp)

Wisata Citamiang Cisarua merupakan salah satu bumi perkemahan yang ada di Puncak Bogor. Wisata Puncak Bogor ini biasa digunakan oleh wisatawan maupun instansi untuk berkemah. Hal menarik dari tempat ini yaitu pemandangan alam nan indah serta udaranya sejuk. Di samping itu, kamu pun bisa melihat hutan pinus dan kebun teh dari tempat ini.

Lokasi: Jl. Ciliwung, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 

17. Warso Farm Puncak Bogor

wisata di puncak bogor
(CNN Indonesia)

Warso Farm bisa dibilang sebagai tempat wisata baru di Puncak. Tempat ini sebetulnya merupakan kawasan pertanian, tapi kini mulai dikelola dan dibuat seperti tur edukasi. Kalau ke sini, kamu akan dikenalkan dengan perkebunan durian dan buah naga. Bahkan, kamu bisa mencoba memetik buah durian sendiri untuk dinikmati langsung.

Lokasi: Jl. K.H. Halimi, Cipelang, Kec. Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 

18. Bukit Alesano

wisata di puncak bogor
(iNews)

Terakhir, kamu bisa datang ke Bukit Alesno. Di sini, kamu bisa berkemah serta melihat pemandangan kota Bogor yang indah. Bahkan, saat malam hari kamu dapat melihat lampu berkelap-kelip. Tak cuma itu, dari tempat ini pun dapat melihat sunrise dengan pemandangan Gunung Salak dan Gede Pangrango.

Lokasi: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 

Nah, itulah daftar wisata di Puncak Bogor yang cocok dikunjungi untuk liburan. Dari list di atas, kamu pernah atau berniat pengin ke mana?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.