Info Area

10 Rekomendasi Wisata Pacitan

Kota Pacitan adalah salah satu kota indah yang berada di wilayah paling barat provinsi Jawa Timur. Kota yang wilayahnya berupa pegunungan kapur dan masih berada di rangkaian pegunungan Kidul ini, kaya sekali akan tempat-tempat menarik dan wajib untuk dikunjungi.

Di kota Pacitan Jawa Timur ini terdapat destinasi wisata yang menarik sehingga tak heran bila banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Destinasi Wisata di Pacitan Paling Indah

Pada artikel kali ini, Pinhome telah merangkum berbagai destinasi wisata Pacitan yang wajib Pins kunjungi. Yuk simak apa saja rekomendasinya!

1. Goa Gong Pacitan

liputan6.com

Goa yang disebut menjadi goa paling indah se Asia Tenggara ini menjadi pembuka destinasi wisata di kabupaten Pacitan yang wajib kamu kunjungi. Goa Gong berada di Desa Bomo, Punung, Pacitan ini merupakan goa yang di kelilingi oleh 4 gunung yang tidak aktif.

Goa yang memiliki kedalaman sekitar 256 meter ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah dan menawan. Keunikan dari goa gong ini adalah jika kamu berteriak di tempat ini suara yang kamu keluarkan akan memantul memenuhi goa ini. Selain itu tetesan air yang menetes di sela-sela stalakmite dan stalaktit juga akan menambah keharmonisan jika anda berada di tempat ini.

Lokasi : Salam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63553

2. Pantai Klayar

Pantai Klayar
kompas.com

Pantai terindah di Pacitan yang berada di Kecamatan Donorojo ini menjadi destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke kota Pacitan ini.

Berada sekitar 45km dari pusat kota Pacitan, pantai Klayar punya pesona alamnya yang memukau dan juga keunikannya yang terdapat seruling laut yang tidak di miliki oleh pantai-pantai lain di Indonesia ini menjadikan pantai klayar ini destinasi wisata yang begitu populer di Pacitan.

Lokasi : Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia

3. Pantai Srau Pacitan

sikidang.com

Di nobatkan menjadi destinasi wisata pantai paling indah di Jawa, menjadikan pantai srau ini salah satu destinasi wisata kebanggan kota Pacitan. Meskipun masih kalah pamor dengan pantai Klayar, namun keindahan pantai srau ini tidak bisa di pungkiri lagi.

Di pantai Pacitan ini, kamu akan dapat merasakan seperti sedang berada di 3 pantai yang berbeda. Di pantai pertama kamu akan merasakan betapa lembutnya pantai berpasir putih khas pantai selatan.

Di pantai kedua kamu bisa menikmati indahnya batu karang yang berjejer dengan rapih yang mempesona, di pantai ketiga kamu akan di suguhkan dengan jejeran batu karang yang dimana di tempat ini kamu dapat menikmati pesona sunset yang menawan.

Lokasi : Candi Pringkuku, Area Peswahan, Candi, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

4. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
sikidang.com

Pantai Banyu Tibo ini adalah pantai yang berada tidak jauh dari pantai Klayar. Di tempat ini kamu akan dapat menikmati pesona air terjun yang berada di bibir pantai yang indah.

Tips untuk datang ke pantai Banyu Tibo ini usahakan datang pada pagi hari di saat air pantai surut. Karena jika air pantai pasang kamu tidak bisa menikmati indahnya pantai ini.

Lokasi : Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia

5. Pantai Teleng Ria

pantainesia.com

Deretan pantai indah yang berada di Pacitan Jawa Timur selanjutnya adalah pantai teleng ria, pantai yang berada di Jl.WR.Supratman, Sidoharjo, Pacitan. Pantai ini merupakan pantai yang indah yang cocok banget untuk kamu yang sudah berkeluarga.

Hamparan pasir putih yang luas dengan ombak yang tenang menjadikan pantai ini tidak pernah sepi oleh para pengunjung.

Lokasi : Kawasan Wisata Parai Teleng Ria, Jalan WR. Supratman, Kecamatan Pacitan, Sidoharjo, Balong, Sidoharjo.

Baca juga: 21 Rekomendasi Pantai Cantik di Jawa Timur

6. Pantai Pidakan

pantainesia.com

Pantai Pidakan Pacitan sangat menarik untuk di kunjungi. Jika kamu berkunjung ke kota Pacitan jangan sampe melewatkan pantai yang satu ini, pantai berpasir putih dengan hamparan kerikil-kerikil indah berwarna-warni yang menghiasi pantai pidakan ini menjadi daya tarik utama dari pantai Pidakan ini.

Lokasi : Pantai Pidakan ini berada di dusun Godek Kulon, Jetak, Tuluka, kota Pacitan, atau kurang lebih 50 km dari pusat kota Pacitan.

7. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan
Sumber Instagram @irfa.senja

Untuk kamu yang senang bermain pasir pantai, pantai Buyutan ini sangat sayang jika anda lewatkan. Pantai yang memiliki pasir super lembut dan pesona pantai yang indah ini berada dikecamtan Donorojo, Pacitan.

Pantai yang tidak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya di Pacitan ini, sangat cocok bagi kamu yang menginginkan ketenangan sambil menikmati angin pantai yang semilir bertiup.

Lokasi : Desa Widoro, Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

8. Sungai Maroon Pacitan

kompas.com

Sungai yang jernih dengan pepohonan-pepohonan hijau yang menyelimuti sungai ini menjadikan sungai ini destinasi wisata yang sulit kamu lewatkan. Berada di desa Dersono, Pringkuku, atau sekitar 45 menit dari pusat kota Pacitan kamu dapat menemukan sungai yang indah ini.

Di tempat ini kamu akan di ajak menyusuri sungai dengan perahu, sambil menikmati indahnya pemandangan yang luar biasa. Untuk bisa mengililingi sungai Maroon ini, kamu hanya akan di kenakan biaya per orang 2 ribu rupiah saja dan juga biaya sewa perahu dari mulai 100rb -150rb saja.

Lokasi : Maron, Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

9. Grojogan Sewu Kali Bomo

wisataohhwisata.blogspot.com

Tidak kalah indahnya dengan sungai maroon, kamu juga akan di suguhkan dengan pesona hutan hijau plus seribu air terjun yang menghiasi alam sekitar kali Bomo ini.

Suasannya yang sejuk, dengan pepohonan yang rindang dan masih sangat asri ini membuat betah siapa saja yang datang ketempat ini, selain itu anda juga dapat mengunjungi kolam alami yang begitu indah yang belum terjamak oleh banyak wisatawan.

Lokasi : Grojogan Sewu Kali Bomo ini berada di Desa Bomo, Punung, Pacitan.

10. Hutan Pinus Gemaharjo

ksmtour.com

Keeksotisan Hutan Pinus Gemaharjo ini tentu sudah tidak ragukan lagi, menjadi destinasi wisata alam yang begitu banyak diminati oleh para wisatawan karena tempatnya yang indah dan eskotis.

Di tempat ini juga terdapat gardu pandang yang begitu menawan, yang dimana dari gardu pandang ini kamu akan di suguhkan pesona alam kota Pacitan yang sangat mengaggumkan. Tempatnya yang sangat intagramble menjadikan tempat ini sangat cocok bagi kamu yang berjiwa muda.

Lokasi : Hutan Pinus Gemaharjo ini berada di Gemaharjo, Tegalombo, Pacitan, tiket masuknya sendiri hanya sebesar 2 ribu rupiah saja.

Nah itulah beberapa destinasi wisata di Pacitan yang bisa kamu kunjungi. Pacitan memang sudah terkenal akan deretan pantainya yang indah dan tak pernah sepi pengunjung.

Fasilitas yang di sediakan juga semakin lengkap, dari mulai transportasi, penginapan, hotel berbintang, cafe, resort, dan banyak lainnya kini sudah tersedia di kota Pacitan.


Temukan beragam pilihan rumah dijual di Pacitan atau info perumahan baru di Pacitan melalui Aplikasi Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.