Info Area

Wisata Curug Maribaya, Spot Wisata Sejuk di Lembang

Wisata Curug Maribaya memang dikenal dengan wisata alam yang memiliki sejuta keindahan. Curug Maribaya ramai dikunjungi para pelancong di lokal maupun interlokal. Apalagi, air terjun di sini sangat deras diiringi suasana alam yang masih sangat alami.

Curug Maribaya ini terdiri dari 3 curug yang lokasinya saling berdekatan, yakni Curug Cigulung, Cikoleang, serta Cikawari. Selain itu, ada pula curug lain yang lokasinya berada tidak jauh dari Maribaya, yakni Curug Omas dengan ukuran yang lebih besar.

Hanya saja, curug ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya H. Djuanda. Tidak hanya itu, pengelolaan Wisata Curug Maribaya kini juga telah diperbaiki. Kawasan wisata ini telah menjadi bagian dari Maribaya Resort Lembang.

Keberadaan manajemen yang lebih baik, membuat tempat ini lebih tertata. Tidak hanya mengandalkan keindahan alam, tapi juga terdapat fasilitas pendukung wisata lainnya.

Bagi kalian yang memiliki rumah di Bandung atau tinggal di wilayah sekitarnya, tentu tidak asing lagi dengan tempat wisata ini.

Baca juga: 16 Rekomendasi Tempat Ngopi Seru di Lembang

Legenda Wisata Curug Maribaya

Wisata Curug Maribaya
(Tribun Jabar)

Tempat Wisata Curug Maribaya juga menyimpan cerita yang melegenda lho. Selain pernah mati suri (ditutup), sejarah air terjun ini memiliki kisah yang bermula dari keberadaan sosok wanita bernama Maribaya dengan paras cantik jelita.

Banyak laki-laki yang kagum dengan kecantikan Maribaya sehingga hampir semua laki-laki yang hidup di sini jatuh hati kepada Maribaya. Hingga akhirnya, para lelaki yang menyimpan perasaan suka tersebut bertengkar satu sama lain sehingga terjadi pertumpahan darah.

Ayah Maribaya yang bernama Eyang Raksa Dinata mendengar berita itu khawatir dengan kondisi tersebut. Dia tidak ingin anaknya menjadi sumber percekcokan.

Demi mendapatkan solusi dari masalah tersebut, Ayah Maribaya yaitu Eyang Raksa memutuskan untuk bertapa di Tangkuban Perahu.

Dari hasil pertapaannya, Eyang Raksa konon didatangi oleh seorang kakek yang memberinya 2 bokor air. Dia diharuskan untuk membawa bokor tersebut masing-masing ke arah barat dan timur.

Eyang Raksa pun menuruti permintaan itu. Satu bokor air ditumpahkan di daerah yang sekarang disebut Situ Lembang.

Selanjutnya, dia meminta Maribaya untuk menumpahkan bokor air lainnya di tempat yang tak jauh dari rumah. Tidak disangka, beberapa hari berikutnya, terjadi sebuah keajaiban.

Lokasi Maribaya menumpahkan air dalam bokor tersebut, ternyata menjadi sumber air panas. Sontak saja, tempat tersebut pun mulai ramai dikunjungi warga Bandung dan sekitarnya.

Apalagi, air panas di situ memiliki khasiat menyembuhkan penyakit. Sejak itu, tempat ini pun dikenal sebagai Wisata Curug Maribaya.

Baca juga: Dusun Bambu Lembang

Keindahan Daya Tarik Wisata Curug Maribaya

Keindahan Daya Tarik Wisata Curug Maribaya
(Liputan6)

Sejak ditangani oleh Maribaya Resort, kawasan ini berkembang dengan pesat hingga akhir Desember 2019 lalu. Ada banyak tempat yang menjadi pilihan lokasi liburan para wisatawan di area ini, di antaranya adalah:

  • Air Terjun Maribaya

Seperti telah disebutkan, terdapat 3 air terjun di tempat ini. Dari 3 air terjun itu, Curug Cikawari menjadi tempat yang paling sering dikunjungi.

Alasannya, karena curug ini tidak terlalu dalam, sehingga tidak berbahaya. Meski begitu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan Curug Cigulung sembari bersantai menikmati hidangan di Twig Cafe yang lokasinya bersebelahan dengan air terjun.

  • Sky Bridge Tapak Halimun

Lokasi berikutnya adalah Sky Bridge Tapak Halimun, jembatan dengan suasana pepohonan alami di sekitarnya.

Dari jembatan ini, para wisatawan bisa menikmati pemandangan yang menyegarkan mata. Tidak heran kalau para wisatawan kerap menghabiskan waktu di tempat ini untuk berpose cantik dan mengunggahnya ke media sosial.

  • Sumber Air Panas Maribaya

Pemandian air panas di Wisata Curug Maribaya kini telah ditata dengan baik. Suasananya pun jauh lebih bagus dibandingkan dengan pemandian air panas tradisional.

Bahkan, sekilas tempat ini memiliki desain tak jauh berbeda dengan onsen atau pemandian air panas di Jepang.

  • Amphitheatre Bale Piton

Bagi wisatawan yang berlibur dengan rombongan, Amphitheatre Bale Piton bisa jadi pilihan. Tempat ini memang kerap digunakan sebagai lokasi gathering untuk berbagai acara, baik acara kantor, keluarga, atau sekadar berkumpul bersama teman.

Aktivitas Wisata Curug Maribaya

 The Lodge Maribaya.
(Red Doorz)

Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika berlibur ke Curug Maribaya Lembang ini, terutama saat liburan bersama keluarga. Di sini, tersedia pilihan lokasi wisata diantaranya Rumah Hobbit untuk memberi makan para kelinci. Tidak hanya itu, akan kamu jumpai area bermain yang bakal membuat anak semakin betah di tempat ini.

Selanjutnya, bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana penuh petualangan tapi tetap mewah, glamping alias glamour camping bisa jadi pilihan.

Dalam aktivitas ini, wisatawan diajak untuk berkemah. Hanya saja, tenda yang digunakan untuk berkemah bukan menggunakan tenda biasa, akan tetapi memakai tenda yang lengkap dengan beragam fasilitas sehingga tak kalah dengan perlengkapan kamar hotel.

Pilihan aktivitas lainnya adalah memancing serta menangkap ikan. Untuk melakukannya kegiatan ini, setiap wisatawan dapat berjalan menuju ke Kolam Talaga Giri. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke area wisata The Lodge Maribaya.

Namun, untuk bisa menggunakan fasilitas ini, Kamu dan setiap para pengunjung harus mengeluarkan biaya ekstra.

Tiket Masuk Wisata Curug Maribaya

Curug Maribaya Resort
(Tribun Jabar)

Setiap pengunjung yang masuk ke area Maribaya Resort akan dikenakan harga tiket masuk seharga Rp. 35.000. Selain itu, akan dikenakan biaya tambahan untuk dapat menggunakan beberapa fasilitas yang ada di dalam area resort.

Misalnya, untuk berendam di kolam air panas, setidaknya wisatawan harus mengeluarkan uang seharga Rp. 75.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk peralatan yang disediakan. Jadi, tidak dipungut biaya lagi selain konsumsi.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Curug Maribaya Resort, tempat ini hanya bisa dikunjungi pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Tepatnya pada pukul 8 pagi sampai 8 malam.

Baca juga: 12 Tempat Nongkrong di Lembang, Bisa Sampai Malam!

Denah Lokasi Wisata Curug Maribaya

Tempat wisata ini beralamat di Jalan Maribaya nomor 105-202, Lembang, Bandung. Tempat ini bisa dijangkau dengan mudah, baik memakai kendaraan pribadi atau umum. Patokannya adalah berjarak sekitar 6 km dari Pasar Lembang.

Fasilitas Pendukung di Area Wisata Curug Maribaya

Setelah sampai di lokasi wisata Curug Maribaya kamu jangan khawatir, karena di sini cukup banyak fasilitas pendukung yang tersedia di tempat wisata populer Bandung ini. Apa saja fasilitas itu? Fasilitasnya terdiri dari:

  • Area parkir yang sangat luas. Bahkan, tidak hanya satu, tapi 2 area parkir sekaligus dan bisa menampung kendaraan besar seperti bus.
  • Toilet bisa dengan mudah ditemukan, baik di dalam ataupun di luar gerbang. Hanya saja, untuk toilet di luar gerbang tersedia tidak secara gratis.
  • Musala terjaga dengan rapi dan bersih.

Hotel di Dekat Wisata Curug Maribaya

glamping dari Maribaya Resort.
(Pegi pegi)

Setelah seharian bermain, kamu juga butuh tempat menginap yang aman dan nyaman pastinya. Saat mencari tempat menginap, Kamu tidak perlu khawatir.

Pilihan tempat menginat terdekat yang bisa kamu manfaatkan adalah fasilitas glamping dari Maribaya Resort.

Meskipun begitu, ada pula alternatif penginapan lain yang bisa dijumpai dengan mudah dan tak jauh dari Curug Maribaya.

Pilihan hotel dekat dengan Curug Maribaya juga sangat beragam. Kamu bisa menjumpai beberapa vila dengan fasilitas lengkap, hotel bintang 5 yang mewah, atau penginapan dengan tarif menginap yang ramah (backpacker).

Baca juga: Manjakan Mata di Lembah Dewata Lembang Bandung

Penutup

Demikianlah informasi seputar wisata Curug Maribaya. Tetap jaga diri dan perhatikan keamanan perjalanan, ya! Jangan lupa pula untuk berkelakuan baik dan menjaga sikap di area wisata Curug Maribaya.

Bila Pins ingin menjelajahi destinasi wisata di Lembang, kalian dapat mengunjungi Curug Tilu Leuwi atau Farm House Susu di Lembang. Selain itu, ada pula Fairy Garden dan Floating Market yang menarik untuk dikunjungi.

Semoga artikel berikut bermanfaat bagi kalian ya Pins. Selamat berlibur!

Baca juga: Melihat Pesona Curug Tilu Leuwi Opat di Lembang


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti seperti perumahan di Bandung & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy