Info Area

Wisata Cilacap

Kata siapa Cilacap cuma terkenal akan kilang minyaknnya saja ? Wisata Cilacap ini akan membuka matamu akan keindahan kota ini.

Bagi yang punya rumah di Cilacap pasti akrab dengan sebutan kota pesisir.Ini artinya banyak sekali pantai yang tersedia di kota ini!

Hal Menarik di Kota Cilacap 

(Pexels)

Cilacap berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ada beberapa yang menarik tentang kota ini :

1. Memiliki Wisata Alam yang Indah

Cilacap memiliki berbagai destinasi wisata alam yang sangat indah dan tentu saja menyejukkan. Berbagai destinasi wisata ini dikelilingi dengan pepohonan yang asri dan hijau alami.

2. Banyak Destinasi Wisata Air

Sebagai kota yang dekat dengan pesisir, maka tidak heran jika kota Cilacap memiliki berbagi destinasi wisata yang erat kaitannya dengan air.

Ada wisata pantai, air terjun, danau dan pemandian yang menawarkan pemandangan yang indah dan mempesona siapa saja yang datang ke kota ini.

3. Banyak Pantai Bertebaran di Sudut-sudut Wilayah

Kota Cilacap menawarkan banyak destinasi wisata pantai. Air pantai yang ditawarkan di kota ini juga sangat jernih dan menyegakan.

Deburan ombaknya juga sangat menenangkan apalagi dilengkapi dengan pemandangan yang masih asri dan alami.

Baca Juga : 16 Rekomendasi Cafe Unik dan Menarik di Cilacap

4. Kuliner yang Lezat

Cilacap memiliki beberapa berbagai kuliner yang siap menggoda lidah. Salah satu kuliner yang terkenal di kota ini adalah mendoan Cilacap.

Mendoan ini memiliki bumbu yang berbeda dari mendoan lainnya. Bukan hanya mendoan saja, tapi masih banyak beragam kuliner lezat lainnya seperti lanthing, brekechek, rempeyek yutuk dan lain-lain.

7 Destinasi Wisata Cilacap yang Indah

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwasanya banyak sekali destinasi wisata alam dan pantai di kota Cilacap. Penasaran ada apa saja?Yuk cek selengkapnya disini!

1. Pantai Kali Kencana

(Wikimedia Commons)

Pantai Kali Kencana adalah salah satu pantai yang letaknya di pulau Nusakambangan. Kamu pasti tidak asing mendengar kata Nusakambangan?

Ya, pulau ini adalah lokasi untuk menyimpan tahanan narapidana. Pantai Kali Kencana sendiri memiliki deburan ombak yang sangat indah.

Air pantai di Kali Kencana berwarna biru pirus dan jernih. Ditambah hamparan pasir putih di pantai Kali Kencana juga sangat lembut.

Lokasi : pulau Nusakambangan, kabupaten Cilacap Selatan.

2. Segara Anakan

(Wikimedia Commons)

Segara Anakan adalah sebuah wisata laguna yang memisahkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Nusakambangan.

Nah, di tempat wisata ini kamu bisa melihat berbagai jenis tanaman mangrove yang sangat meneduhkan dan mempesona.

kamu juga bisa memancing di Segara Anakan ini karena ada banyak ikan yang bisa kamu tangkap. 

Rasakan sensasi menangkap ikan sambil ditemani dengan pemandangan yang sangat asri. Apalagi angin di tempat ini juga meneduhkan dan menyejukkan.

Lokasi : Ujunggagak, Kp. Laut, Kabupaten Cilacap

3. Pantai Sodong

(Shutterstock)

Pantai ini letaknya berada di bawah kaki Gunung Selok. Selain bisa menikmati keindahan dan kemegahan Gunung Selok dari bibir pantai, ada deretan pohon cemara yang berjajar di sepanjang garis pantai.

Lokasi : Jl. Laut, Sawah,Ladang, Karangbenda, Kec. Adipala, Kabupaten Cilacap

4. Pantai Ranca Babakan

(Shutterstock)

Wisata Cilacap selanjutnya adalah Pantai Ranca Babakan. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan karang yang menjulang menjadikan tempat ini semakin indah.

Pantai ini juga sangat cocok untuk kamu kunjungi bersama pasangan, suasana pantai ini akan menambah keromantisan kalian berdua.

Hanya saja untuk bisa menuju ke pantai ini kamu perlu melakukan perjalanan sekitar 20 menit dari dermaga.

kamu perlu melakukan trekking panjang untuk bisa mencapai pantai Ranca Babakan. Meski demikian, rasa lelah kamu akan segera terbayarkan setelah melihat keindahan pantai satu ini.

Lokasi : Nusa Kambangan, Kecamatan Tambakreja, Kab. Cilacap

5. Curug Cimandaway

(Kompasiana)

Jika tadi sudah berwisata ke sekitar pantai, kini saatnya mengunjungi air terjun atau curug.

Salah satu curug yang bagus untuk dikunjungi adalah Curug Cimandaway. Tempat wisata satu ini menawarkan wahana permainan flying fox. 

Uniknya, ada mitos yang mengatakan jika ada ada pasangan yang berwisata ke curug Cimandaway, mereka akan berjodoh.

Lokasi : Serang, Sawah dan Ladang, kecamatan Dayeuhluhur, kabupaten Cilacap

6. Curug Mandala

(Shutterstock)

Satu lagi curug di Cilacap yang harus kamu kunjungi selain Cimandaway yakni Curug Mandala.

Curug ini memiliki aliran air terjun yang sangat deras dilengkapi dengan pemandangan wisata yang asri.

Hanya saja untuk datang ke tempat wisata satu ini kamu harus benar-benar melakukan trekking yang cukup panjan. Apalagi Curug Mandala juga belum terlalu memiliki fasilitas yang memadai.

Kamu harus melewati bukit yang tinggi dan melelahkan sehingga perlu membawa bekal minuman atau makanan yang cukup.

Lokasi : Desa Mendala, kecamatan Jeruklegi, kabupaten Cilacap

Baca Juga : Kesejukan di Taman Bunga Tali Asmoro Cilacap

7. Kemit Forest

(Shutterstock)

Saatnya merasakan wisata yang berbeda di Cilacap lewat Kemit Forest. Ada gardu pandang, sepeda di ketinggian hingga beberapa spot foto instagrammable lainnya yang bisa kamu coba.

Lokasi : Jalan Srikaya Karanggedang, Sidareja, Area Kebun, Karanganyar, Gandrungmangu, Cilacap.

Sebenarnya selain 7 destinasi wisata Cilacap di atas masih banyak lagi wisata lainnya yang tidak kalah bagus dan menarik. Pastikan jika kamu sudah ke Cilacap, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas daerahnya, ya!


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Shutterstock