Info Area

20 Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Blora

Blora adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah. Sama seperti daerah lain di pulau Jawa, wilayah ini juga memiliki pesonanya sendiri. Wisata Blora bisa kamu temukan, mulai dari wisata alam sampai situs budaya. Tidak perlu khawatir mati gaya di Blora, banyak tempat yang bisa kamu jelajah bersama teman atau orang terkasih.

Apakah ada rencana untuk berlibur dalam waktu dekat? Ingin mencari tempat wisata baru yang jarang dieksplor? Nah, kamu bisa berkunjung ke Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Wisata Blora tidak kalah kerennya dengan berbagai tempat wisata lain. Di sini, kamu juga bisa menemukan wisata alam, wisata kuliner, dan wisata sejarah. Apa saja rekomendasi wisata di Blora yang bisa kita kunjungi? Berikut daftarnya:

1. Waduk Greneng

(Blorakab)

Waduk Greneng berlokasi di Kecamatan Tunjangan. Memiliki pemandangan yang indah karena dikelilingi hutan jati yang rimbun. Di Waduk Greneng, kamu bisa healing sejenak dengan memancing, tenang, ada penyewaan alat memancing juga di sini. Bisa juga dengan berkeliling danau menggunakan perahu dan setelahnya menyantap ikan bakar di tepian waduk. Menyenangkan bukan?

2. Wisata Kereta Uap Cepu

(Phinemo)

Wisata Blora selanjutnya adalah tempat wisata edukasi yang cocok untuk keluarga, terutama anak-anak, Wisata Kereta Uap yang terletak di Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Kamu bisa menikmati wisata ini satu paket dengan perjalanan melintas hutan jati di KPH. Kereta yang digunakan adalah kereta tua buatan Jerman. Kapasitas penumpangnya sekitar 25 orang per gerbong.

3. Gunung Manggir

(Niagawisata)

Gunung Manggir adalah tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Blora, tepatnya di Ngumbul, Kecamatan Todanan. Di sini, kamu dapat menikmati keindahan alam dari ketinggian 250 meter dari permukaan laut. Pemandangan alamnya sungguh tiada duanya, sangat elok. Ada tiga gua yang terbagi menjadi beberapa tingkatan, yang pertama dengan kedalaman hingga 15 meter, kedua memiliki kedalaman 7 meter, dan ketiga berada di puncak gunung yang terdapat tanah terbuka dengan luas sekitar 5 meter.

4. Gunung Cengklik

(Bloraupdates)

Ada juga Gunung Cengklik yang berada di Bicak, Kecamatan Todanan. Tempat wisata Blora satu ini akhir-akhir ini memang sedang viral karena banyak dikunjungi wisatawan, baik dari Blora maupun luar Blora. Di Gunung Cengklik ada gardu pandang, rumah pohon, serta gazebo yang terbuat dari kayu dan bambu. Dari rumah pohon ini kamu bisa melihat pemandangan Gunung Muria dan Gunung Lawu. Keindahan inilah yang menjadi daya tarik Gunung Cengklik. Udaranya juga segar dengan semilir angin yang menambah kesejukan.

5. KDR Park

(Blorakab)

KDR Park merupakan akronim dari Kunduran Distrik Refresh. Di sini kamu bisa bermain di taman bersama teman ataupun keluarga. Ada wahana ATV, kereta mini, panahan, berenang, dan bermain di rumah pohon. Lokasinya di Sambiroto, Kecamatan Kunduran. Udaranya sangat sejuk karena kawasan ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun.

6. Bukit Pencu

(Potretblora)

Untuk dapat bisa mengunjungi Bukit Pencu, kamu harus berjalan kaki yang menjadi satu-satunya akses yang bisa dilalui, kendaraan tidak bisa digunakan di sini. Tentunya ini menjadi sebuah tantangan fisik, jangan memaksakan kalau tidak kuat. Daya tarik utama dari tempat wisata Blora satu ini adalah pemandangan sunrise dan sunset yang bisa dilihat di satu tempat saja. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut. Pemandangannya yang indah membuatmu tidak akan menyesal jauh-jauh berjalan kaki. Berlokasi di Gandu, Kecamatan Bogorejo.

7. Sungai Kalinanas

(Okezone)

Sungai Kalinanas berada di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah. Sungai ini memiliki bentuk yang berbeda dengan sungai pada umumnya, yaitu berbentuk seperti ukiran yang khas. Terbentuknya ukiran terjadi secara alami, sungai ini disebut dengan sungai purba karena setiap dinding sungai menunjukkan jejak sungai purba.

8. Bukit Kunci

(Tribunnews)

Bukit Kunci merupakan obyek wisata yang berada di Desa Bangoan, Kecamatan Jiken. Bukit Kunci berawal dari ketidaksengajaan pemuda yang tergabung dalam karang taruna membuat tempat foto di puncak bukit. Karena viral di media sosial akhirnya tempat ini jadi banyak dikunjungi. Setiap pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp2.000 saja dan uang tersebut dialokasikan untuk pengembangan Bukit Kunci. Menarik sekali ya latar belakang tempat wisata satu ini.

9. Air Terjun Masohan

(Penginapan)

Perjalanan menuju Air Terjun Masohan tidaklah mudah. Kamu harus kuat secara fisik untuk bisa mencapai lokasi air terjun yang berada di tengah hutan. Ada di Kecamatan Jiken dan memiliki keindahan alam yang sangat cantik. Suasana sejuk dan segar menyambutmu ketika tiba di Air Terjun Masohan.

10. Kracakan Watu Gong

(Dosen Wisata)

Merupakan wisata Blora yang berada di Desa Kapuan, Kecamatan Cepu dan dekat dengan aliran arus Bengawan Solo. Keunikan dari Kracakan Watu Gong adalah lokasinya yang hanya bisa dikunjungi pada saat musim kemarau saja. Pada saat kemarau, pengunjung akan berbondong-bondong datang ke sini.

11. Gua Terawang

(Blorakab)

Gua Terawang menjadi salah satu wisata Blora favorit. Ini karena gua menampilkan keindahannya ketika cahaya matahari masuk melalui celah dari dinding atap gua yang memunculkan siluet cahaya yang cantik. Di langit-langit gua ada lubang alami dengan lebar yang bervariasi. Lubang tersebut memungkinkan sinar matahari dapat masuk dan menyinari gue, menjadikan tampilannya lebih estetik. Kamu yang suka wisata adrenalin, cocok datang ke Gua Terawang.

12. Waduk Bentolo

(Inibaru)

Waduk Bentolo bisa jadi alternatif tempat wisata selanjutnya ketika kamu sedang berlibur di Blora. Dikelilingi pepohonan yang rimbun, Waduk Bentolo memiliki suasana yang sejuk dan asri, apalagi ketika sore hari. Tenangnya air waduk juga bisa menjadi salah satu penenang pikiran setelah lelah beraktivitas. Sangat pas jika ke sini pada akhir pekan.

13. Kedung Londo

(Solopos)

Kamu bisa bermain air sambil berendam di Kedung Londo. Lokasinya masih berada di pedesaan yang asri dan aliran airnya masih sangat jernih dan bersih. Kapan lagi, bisa bermain air dengan puas tanpa adanya pencemaran? Bentuk kedung yang unik juga menjadikannya tempat untuk berfoto-foto cantik. Pada saat ke Blora, jangan lupa sempatkan ke Kedung Londo yang juga menjadi tempat favorit untuk berlibur.

14. Wisata Cemoro 7

(Perpusda Jateng)

Wisata Blora Cemoro 7 memiliki keindahan pemandangan yang lain daripada yang lain. Lokasi wisata ini, selain menawarkan pemandangan hutan cemara yang asri, seperti di Eropa, juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas lengkap dengan konsep Go Green yang menarik. Ada fasilitas rekreasi, seperti hammock, ayunan pada pohon, dan panggung musik. Kamu yang berniat untuk santai sambil healing, bisa ke tempat ini.

15. Embung Keruk

(Liputan 6)

Mencari tempat berlibur untuk keluarga di Blora? Coba ke Embung Keruk, tempat wisata ini cocok bila dikunjungi bersama keluarga, terutama pada sore hari. Memiliki pemandangan sunset yang indah membuat kegiatan berliburmu menjadi semakin menyenangkan. Panorama waduk yang juga elok semakin menambah hangatnya momen bersama keluarga.

16. Taman Seribu Lampu

(Infopublik)

Merupakan taman sekaligus ruang publik yang kini menjadi ikon dari daerah Cepu, Blora. Sesuai namanya, di sini kamu bisa menemukan berbagai instalasi lampu menarik yang menjadi daya tarik utama. Sebaiknya berkunjung pada malam hari untuk lebih menikmati ornamen lampu-lampu indah yang menyala terang. Banyak spot foto menarik di Taman Seribu Lampu, kamu yang suka berburu foto pasti akan menyukainya.

17. Keraton Jipang

(Katadesa)

Untuk kamu yang menyukai sejarah, Wisata Blora Keraton Jipang bisa menjadi tujuan wisata berikutnya. Keraton Jipang merupakan peninggalan Arya Penangsang yang menjadi Adipati Jipang di pertengahan abad ke-15. Pada tahun 2014, Keraton Jipang telah disahkan dan masuk ke dalam Forum Silaturahmi Keraton Nusantara. Di tempat ini, kamu akan belajar banyak mengenai sejarah keraton, terutama kisah mengenai Arya Penangsang.

18. MC Edupark

(Blorakab)

Migas Cepu Edupark atau biasa disebut MC Edupark merupakan wisata Blora berjenis edukasi dan taman bermain. Tempat wisata ini dikelola oleh PPSDM Migas Cepu, dengan desain kekinian yang memiliki banyak spot foto instagramable. Di sini kamu bisa belajar tentang industri minyak dan gas bumi. Ada banyak wahana yang bisa kamu mainkan juga, seperti ATV, sarana olahraga, dan kolam renang. 

19. Water Splash Blora

(Visit Jawa Tengah)

Kalau kamu ingin bermain air bersama anak-anak, Water Splash Blora cocok sebagai tujuan wisata berikutnya ketika di Blora. Tempat rekreasi keluarga ini memiliki banyak fasilitas dan wahana air. Ada juga fasilitas edukasi, mainan anak, sampai perpustakaan. Harga tiketnya juga murah. Menyenangkan bukan?

20. Taman Budaya dan Seni Tirtonadi

(Blorakab)

Taman Budaya dan Seni Tirtonadi merupakan wisata Blora yang masih ramai dikunjungi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Puncak keramaiannya terjadi ketika akhir pekan atau hari libur panjang. Tempat yang dibangun pada tahun 1960 ini seringkali disebut sebagai Kebun Binatang Taman Tirtonadi Blora karena banyaknya koleksi hewan yang dimiliki

Itulah beberapa wisata Blora yang menarik untuk dikunjungi yang akan membuat liburanmu menjadi jauh lebih seru. Selamat berkunjung!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.