Info Area

Wisata Blitar

Kota Blitar merupakan bagian dari provinsi Jawa Timur. Kota yang terkenal sebagai kota Patria ini dikenal memiliki banyak tempat wisata sejarah. Wisata Blitar yang paling terkenal adalah makam bung Karno.

Bagi yang punya rumah di Blitar tentu paham bahwa Presiden pertama Indonesia, Ir.Soekarno dimakamkan di kota Blitar ini. Adapun wisata lainnya di Blitar bisa disimak sebagai berikut : 

Rekomendasi Tempat Wisata Blitar

Nah, pada artikel kali ini ada berbagai wisata di kota Patria yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari wisata sejarah hingga alamnya !

1. Makam Ir.Soekarno

(Wikimedia Commons)

Makam Bung Karno menjadi pembuka destinasi wisata perjalanan kita di kota Blitar, tempat peristirahatan terakhir Bapak Proklamasi yang juga menjadi Presiden Pertama Indonesia ini menjadi destinasi wisata sejarah yang dapat kamu kunjungi.

Tempat ini tidak pernah sepi oleh para peziarah yang sedang mendoakan dan mengenang perjuangan-perjungan sang bapak bangsa.

Lokasi :  Jl. Ir. Soekarno No. 152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar

2. Monumen PETA

(Kabarnesia)

Monumen PETA merupakan sebuah tugu yang dibangun untuk memperingati peristiwa pemberontakan PETA yang dilakukan pada tanggal 14 Februari 1945 dengan dipimpin oleh Shodanco Supriyadi.

Lokasi : Jl. Shodanco Supriyadi, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Baca Juga :

3. Kebun Teh Sirah Kencong

(Shutterstock)

Kebun Teh Sirah Kencong cocok bagi kamu yang ingin merasakan udarasejuk dan juga keasrian pedesaan yang masih sangat terjaga dari polusi udara.

Hamparan kebun teh nan hijau yang dikelilingi dengan pohon-pohon rindang di sekitar membuat kamu merasa betah dan nyaman berada di tempat ini.

 Tidak hanya hamparan kebun teh saja namun bisa pula menikmati gagahnya air terjun sirah kencong yang belum banyak terjamah wisatawan.

Lokasi : Desa Ngadirenggo, Wlingi, Blitar.

4. Wisata Zegra Blitar

(piknikyok.com)

Zegra Blitar memiliki rumah kelinci, rumah pohon, sarang burung, ataupun rumah terbalik yang unik.

Tempat wisata yang sedang Hits ini menjadi destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke kota Blitar.

Lokasi : Wonorejo, Kec. Talun, Blitar, Jawa Timur 66183

5. Bukit Bunda Blitar

(Tribunnews)

Letaknya di kaki Gunung Kelud dengan pemandangan pergunungan kapur yang sangat eskotis. Ada Gardu Pandang yang sengaja dibangun di Bukit Bunda untuk menikmati pemandangan sekitar.

Selain Gardu Pandang, ada banyak spot foto instagramable seperti Sign Board Bukit Bunda, Panggung Cinta, Payung Bukit Bunda, ataupun Trail dan Komodo Bukit Bunda.

Lokasi : Desa Dawuhan, Kademangan, Blitar.

6. Bukit Bonsai

(Shutterstock)

Di tempat ini kamu dapat menikmati indahnya alam kota Blitar dari spot-spot menarik yang ada di tempat ini. Tersedia pula spot selfie ria seperti spot foto di atas perahu, spot foto timbangan, spot foto cinta ataupun spot foto di bunga raksasa.

Lokasi : Sumberjati, Kec. Kademangan, Blitar, Jawa Timur 66161

7. Bukit Teletubies

(Okezone)

Bukit Teletubies ini adalah bukit yang berada di kaki Gunung Kelud yang dipenuhi hamparan pepohonan hijau.

Dari Bukit Teletubies ini, kamu bisa menaiki balon udara, berfoto dengan para Teletubbies sampai dengan terdapat ayunan yang cukup ekstrim.

Lokasi :  Desa Sumberasri, Gunung Kelud, Blitar.

8. Gumuk Sapu Angin

(Tribunnews)

Gumuk Sapu Angin berada di lereng Gunung Kawi yang terkenal sejuk dan juga asri.

Disini kamu juga dapat menikmati pesona megahnya Gunung Kelud dan Gunung Kawi yang sangat eksotis.

Lokasi : Dusun Purworejo, Resapombo, Doko, Blitar.

Baca Juga :

9. Puncak Kejora

(Tribunnews)

Puncak Kejora adalah sebuah tempat wisata baru di kota Blitar hasil kerjasama dari Pemda Blitar dan juga Perhutani.

Tempatnya sangat instagramable dan juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Untuk menikmati berbagai keseruan di tempat ini pengunjung hanya akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp. 5.000 saja.

Lokasi : Ngadirenggo, Wlingi, Blitar

10. Fish Garden Blitar

(Tribunnews)

Fish Garden Blitar merupakan wahana rekreasi sekaligus salah satu wisata edukasi yang menyuguhkan berbagai jenis ikan air tawar yang berada di deretan aquarium.

Selain itu tempat ini juga sangat instagramable dengan banyak spot foto yang menarik dan fasilitas lainnya seperti, terapi ikan, wahana permainan anak dan lainnya.

Lokasi : Jl. Bengawan Solo No. 101, Pakunden, Sukorejo, Kota Blitar

11. Pantai Tambakrejo Blitar

(Wikimedia Commons)

Pantai Tambakrejo merupakan wisata pantai di Blitar yang paling populer dan tidak pernah sepi oleh pengunjung. Pasir putih yang lembut dengan air laut yang bersih dan ombak yang tidak terlalu besar menjadikan banyak wisatawan senang berwisata di Pantai ini.

Selain itu biasanya diadakan acara larung sesaji pada tahun baru islam. Lokasi pantai Tambakrejo berada 30 km dari pusat kota Blitar.

Lokasi : Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, East Java 66173

12. Rambut Monte Blitar

(Shutterstock)

Rambut Monte Blitar merupakan sebuah telaga yang indah dan juga airnya sangat jernih. Selain itu di tempat ini juga terdapat sebuah candi dan juga area petilasan.

Untuk dapat menikmati serunya wisata di Rambut Monte ini kamu bisa datang ke desa Krisik, Gandusari, atau kurang lebih 30 km dari pusat kota Blitar.

Lokasi : Tirtomoyo, Krisik, Gandusari, Blitar, East Java 66187

13. Waterpark Sumber Udel Blitar

(Pexels)

Waterpark Sumber Udel berada di Jl.Kali Brantas, Bendo atau berada 500 meter dari Makam Bung Karno.

Untuk bisa menikmati berbagai wahana seru yang ada di Waterpark Sumber Udel hanya perlu mengeluarkan tiket masuk sebesar Rp. 10.000 pada hari biasa dan Rp. 15.000 pada hari libur.

Lokasi : Jl. Kali Brantas No.31, Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66116

14. Air Terjun Coban Wilis Blitar

(Liputan6)

Air terjun Coban Wilis berada di kawasan Gunung Kelud atau tepatnya di kampung wisata ekologis semen Gandusari. Walaupun debit airnya kecil namun tak pernah kering meski musim kemarau tiba

Lokasi : Slumbung, Gandusari, Blitar, East Java 66187

15. Gunung Butak

(Shutterstock)

Untuk pecinta olahraga Hiking dan juga pecinta alam cocok sekali jika Gunung Butak ini menjadi salah satu tujuan wisata kamu selama di Blitar.

Dari puncak gunung ini kamu dapat menikmati indahnya pesona alam Blitar berupa hamparan kebun teh.

Lokasi : Gunung butak ini berada di desa ngadirenggo, Blitar.

Kota Blitar terus berkembang terutama di bidang pariwisatanya. Selain itu fasilitas seperti transportasi, hotel, penginapan, resort, restoran atau hal lainnya yang menunjang perjalanan wisata Blitar selama kamu liburan.

Baca Juga :


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Shutterstock