Info Area

15 Tempat Wisata di Banten Terpopuler

Banten merupakan kota yang terletak di ujung paling barat pulau Jawa, jadi bukan Jawa Barat ya provinsi yang berada di ujung barat dari pulau Jawa melainkan Banten. Kota Banten dulu sempat menjadi salah satu provinsi Jawa Barat. Namun seiring berjalannya waktu kota Banten ini melakukan pemekaran sehingga tidak lagi berada dalam wilayah Jawa Barat.

Provinsi yang terdiri dari 4 kabupaten ini, memiliki berbagai kekayaan alam dan juga destinasi wisata yang sangat menarik dan indah. Pada pembahasan kali ini, Pinhome akan memberikan informasi lengkap mengenai, tempat wisata di Banten yang wajib kamu kunjungi!

Daftar Tempat Wisata di Banten

Inilah berbagai tempat wisata di Banten yang paling banyak di kunjungi wistawan:

1. Masjid Agung Banten

tempat wisata di banten
(Instagram @hoponindonesia)

Selain digunakan untuk tempat beribadah umat muslim, Masjid Agung Banten ini juga menjadi salah satu destiansi wisata religi di Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid yang terletak di desa Banten, Kasemen, Serang ini merupakaan Masjid tertua yang ada di Nusantara dan juga masjid ini di bangun oleh 3 arsitektur terkenal, sehingga menjadikan masjid ini begitu kaya akan nilai – nilai seni dan sejarah.

Baca juga: Pendiri Kerajaan Banten dan Silsilah Rajanya

2. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna
(Pantai Sawarna)

Pantai Sawarna merupakan deretan pantai indah yang ada di Serang Banten. Di pantai ini kamu akan di suguhkan dengan pamandangan alam yang indah, dan juga pesona sunset yang begitu mengaggumkan. Selain itu, kamu juga dapat berenang, bermain pasir, hunting atau juga camping di kawasan Sawarna ini.

3. Pantai Anyer Banten 

 Pantai Anyer Banten 
(Pantai Anyer Banten)

Pantai yang menjadi kebanggan warga Serang, Banten ini merupakan sebuah pantai yang berpasir putih yang indah yang sayang sekali jika kamu lewatkan. Di kawasan wisata Pantai Anyer ini kamu dapat menikmati indahnya pantai dengan berenang di pesisir pantai, bermain water sport, snorkling dan juga menikmati indahnya Sunset.

Baca juga: 5 Penginapan di Anyer yang Paling Murah

4. Pantai Cerita 

 Pantai Cerita 
(Pantai Cerita)

Pantai Cerita adalah salah satu destinasi tempat wisata romantis yang ada di Provinsi Banten. Pantai yang indah yang dilengkapi dengan berbagai wahana air seperti, banana boat, snorkling, jetski, diving, atau permainana air lainnya dapat kamu nikmati di pantai yang satu ini. Sesuai dengan namanya, di Pantai Cerita ini anda pasti akan terus dapat memiliki cerita tersendiri dari pantai indah di Provinsi Banten ini.

5. Pantai Cihara 

tempat wisata di banten
(Pantai Cihara)

Pantai Cihara ini menjadi tempat wisata yang cocok banget bagi kamu yang suka selfie atau gemar dalam dunia fotografi. Pantai yang memiliki banyak tebing-tebing tinggi yang indah ini menjadikan pantai ini banyak terdapat spot-spot foto yang menarik dan tentunya sangat instagramable. Pantai Cihara ini berada di  Ciparahu, Cihara, Kabupaten Lebak, Banten.

6. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung
(Pantai Tanjung Lesung)

Hamparan pantai berpasir putih yang berada di Pantai Tanjung Lesung ini memang begitu indah dan sangat memanjakan mata, terlebih air laut yang jernih dan juga tidak memiliki ombak yang besar sehingga siapa saja bebas bermain di tepi laut.

Selain itu pohon-pohon rindang yang mengitari pantai Tanjung Lesung ini menimbulkan hawa sejuk dan udara yang segar sehingga menambah keindahan dari pantai yang berada di Provinsi Jawa Barat ini.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung Pandeglang

7. Pulau Manuk Sawarna

Pulau Manuk Sawarna
(Pulau Manuk Sawarna)

Pulau Manuk Sawarna ini adalah destinasi tempat wisata di Banten yang sayang sekali jika kamu lewatkan, tempat wisata yang masih sangat terjaga keasriannya. Di tempat ini kamu akan di suguhkan dengan pemandangan alam berupa laut lepas yang indah dan deburan ombak yang besar seakan sedang berada di sebuah kapal pesiar.

Selain itu kamu juga dapat langsung bercengkrama dengan monyet-monyet yang tinggal di tempat ini. Namun, kamu harus berhati-hati karena monyet-monyet disini suka mengambil barang-barang dari para wisatawan.

8. Pulau Burung atau Pulau Dua

Pulau Burung atau Pulau Dua
(Pulau Burung atau Pulau Dua)

Pulau Burung atau Pulau dya ini merupakan sebuah destinasi wisata yang sangat menarik yang ada di serang Banteng, di tempat ini kamu akan di suguhkan dengan burung-burung yang bermigrasi dan juga berkemabang biak di tempat ini.

Bahkan tidak hanya 1000 atau 2000 burung melainkan 10 ribu ekor burung. Terbayang bukan betapa langit ini di penuhi dengan burung-burung yang ingin berkembang biak dan juga bermigrasi.

9. Pulau Sangiang

tempat wisata di banten
(Instagram @virgass)

Pulau Sangiang ini merupakan pulau yang terletak tidak jauh dari pantai Anyer ataupun selat sunda, tempat yang sedang menarik perhatian banyak wisatawan karena keindahan alamnya yang begitu mengaggumkan, dan bahkan banyak orang yang menyebut pulau Sangiang ini  menjadi salah satu Seven Wonderes of Banten.

Keindahan dari pulau sangiang ini sudah dapat anda rasakan ketika anda sampai di tempat ini, pulau yang sangat eskotik yang menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah ini menjadi tempat yang sayang sekali jika kamu lewatkan.

Di tempat ini kamu dapat menikmati indahnya tanaman khas seperti dadap laut, ketapung banyu, cemara laut, nyamplung, waru laut, api-api, walikukun dan juga banyak lainnya. Selain itu di tempat ini juga terdapat hewan-hewan yang terancam punah dan di lindungi oleh pemerintah seperti, dara laut, burung camar dan juga elang laut.

10. Palau Badul 

tempat wisata di banten
(Palau Badul)

Pulau Badul ini merupakan tempat romantis di Serang Banten yang dapat kamu kunjungi, pulau yang berada tidak jauh dari taman nasional ujung kulon ini merupakan pulau yang indah dengan hamparan pasir putih dan juga air laut yang sangat jernih.

Di tempat ini kamu juga dapat bersnorkling dan menikmati indahnya biota laut di pulau Badul ini yang di jamin akan membuat kamu terpana ketika melihatnya. Pulau badul ini merupakan destinasi wisata yang cocok banget bagi kamu yang mengingkan ketenangan dan menyendiri dari keramaian.

11. Gunung Krakatau

tempat wisata di banten
(Instagram @sulistiiawan)

Destinasi di sektor pariwasata Banten memang tidak kalah dengan kota-kota lainnya di Indonesia, salah satunya adalah Gunung Krakatau. Gunung ini sempat meletus dengan dahsyat pada masa lalu. Tragedi ini membuat gunung ini begitu di kenal bahkan hingga ke penjuru dunia.

Meskipun pernah meletus dengan dahsyat, namun saat ini gunung krakatau tetap menjadi destinasi wisata unggulan di Banten. Salah satunya adalah pendakian ke gunung krakatau dan juga beberapa titik spot snorkling di Gunung Krakatau yang pemandangannya tidak perlu di ragukan lagi.

12. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon
(Instagram @aboutpdg)

Taman seluas 49.700 hektar ini merupakan sebuah taman kawasan wisata terkenal di Banteng, di kawasan Nasional Ujung Kulon ini wisatawan akan di suguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan juga wisatawan akan menemukan hewan endemik yang tercatat di situs warisan dunia Unesco seperti badak bercula satu, Banteng dan banyak lainnya.

13. Kampung Baduy

Kampung Baduy
(Instagram @gumaylagi)

Kampung Baduy ini adalah tempat wisata selain pantai yang dapat anda kunjungi di Kabupaten Banteng, kampung yang terletak di desa lebak, Banten ini merupakan kampung asli suku baduy yang dimna di kampung ini masih sangat menjaga wasiat turun temurun dari nenek moyang mereka.

Di kampung ini juga masih mempercayai ritual-ritual adat yang masih terjaga hingga saat ini, maka dari itu kampung ini kini dijadikan sebuah destinasi wisata di Banten yang banyak di jadikan tujuan wisata para wisatawan.

Baca juga: 7 Pepatah Suku Baduy yang Paling Populer

14. Rawa Dano

tempat wisata di banten
(Instagram @trisnaindonesia)

Kawasan wisata seluas 2.500 hektar ini merupakan sebuah tempat wisata di Banten yang bagus yang dapat kamu kunjungi di Banten, tempat wisata yang berada di kampung Panenjoan, Luwuk, Gunung Sari, Serang, Banten ini merupakan sebuah kawasan wisata unggulan di Banten.

Di kawasan wisata ini pengunjung menjelajah hutan dengan bebas, seperti menyusuri rawa yang indah, danau yang luas, mendaki gunung atau menyusri alam bebes yang masih sangat asri dan terjaga dengan baik.

15. Situ Cipondoh

tempat wisata di banten
(Instagram @l.hary)

Tempat wisata keluarga di Banten yang satu ini menjadi tempat yang sayang sekali jika kamu lewatkan, di tempat ini kamu dapat memanjakan anak-anak kamu dengan berbagai wahana permainan yang seru dan menyenangkan.

Hanya dengan membayar sekitar Rp 2-3 ribu saja kamu sudah dapat menikmati berbagai wisata yang seru seperti menyewa perahu air atau mencoba flying fox, dan juga banyak wahana lainnya yang dapat kamu nikmati di situ Cipondoh ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Banten terpopuler yang dapat kamu kunjungi sebagai salah satu referensi tujuan wisata kamu bersama keluarga. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Citra Sentul Raya di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Info Lebih Lanjut Seputar Kecamatan