Info Area

8 Wisata Anak yang Seru dan Edukatif di Semarang

Akhir pekan merupakan momen yang tepat untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Bagi yang sudah memiliki momongan, tentu buah hatimu akan senang jika diajak keluar dan bermain. Namun, para orang tua kadang juga bingung karena tempat yang ramah anak memang tidak terlalu banyak. Tapi tak perlu khawatir, ada banyak tempat wisata anak di Semarang yang bisa disambangi, lho.

Bila mendatangi tempat ini, anak kecil pasti akan senang dan menikmati waktunya dengan baik. Tidak hanya seru, berbagai tempat wisata anak di Semarang ini juga edukatif dan bisa memberikan pengetahuan baru dan memperluas wawasan buah hatimu. Ini adalah tempat yang sempurna dan sudah lama dinanti oleh para orang tua, ‘kan. Ketika mampir ke Semarang, jangan lupa untuk mampir ke destinasi di bawah ini, ya.

1. Cimory on the Valley

Bila melewati Jalan Soekarno Hatta KM 30, jangan lupa untuk mampir ke Cimory on the Valley. Wisata edukasi anak di Semarang ini hadir dengan Cimory Dairyland. Di sini ada peternakan mini yang dihuni oleh domba, sapi perah, kelinci, dan kuda. Di sana, kamu bisa melihat secara langsung hewan besar ini dari dekat. Tak berhenti di situ, kamu bisa mengajak anakmu untuk berfoto dan sambil melihat pabrik susunya.

Setelah berinteraksi dengan hewan, kamu bisa melanjutkan kegiatan berfoto bersama di area Mini Mania. Di situ terdapat banyak miniatur landmark terkenal yang masuk dalam keajaiban dunia. Bakalan menjadi momen tak terlupakan bagi kamu dan buah hati, nih.

2. Dusun Semilir

Rekomendasi wisata anak di Semarang yang edukatif juga bisa diwujudkan oleh Dusun Semilir. Tempat ini mengusung konsep bangunan yang modern untuk menunjang eco park semi outdoor-nya. Berbagai fasilitas yang ada juga memadai dan cukup canggih. Selain itu, kamu juga bisa mendekat dan berinteraksi dengan banyak hewan jinak yang ada di Pet Village-nya. Tak berhenti di situ, kamu juga bisa mengajak sang anak untuk belajar dengan cara menyenangkan dengan mencoba permainan tradisional di area Playpark-nya.

3. Kampung Batik

Untuk mengenalkan batik sebagai warisan budaya Indonesia, akan lebih menyenangkan jika anak-anak diajak untuk datang langsung sambil melihat proses pembuatannya. Kampung Batik bisa menjadi tempat wisata anak di Semarang yang tepat.

Selain melihat motif batik yang ada, kamu juga bisa mengajak buah hati untuk mencoba membuat batik sendiri. Keseruan ini bakal membuat anak-anak jadi lebih paham dan mencintai budaya yang harus dipertahankan hingga dirinya dewasa nanti. Setelah membuat batik, kamu juga bisa melihat-lihat koleksi barang dari batik dan membelinya untuk dipakai sendiri.

4. Museum Kereta Api Ambarawa

Biasanya, anak-anak dikenalkan dengan alat transportasi dari mainan miniatur. Kamu bisa mengajak buah hati untuk melihat langsung lokomotif kereta secara langsung di Museum Kereta Api Ambarawa. Di museum yang awalnya adalah stasiun kereta api ini memiliki beberapa koleksi lokomotif kereta lawas yang sudah langka. Di sana, kamu akan dipandu dan diajak berjalan-jalan melihat penampakan kereta api dari dekat. Bisa jadi tempat wisata edukasi anak di Semarang murah meriah dan memberi ilmu, nih.

5. Old City 3D Trick Art Museum

Siapa bilang museum adalah tempat belajar yang membosankan? Kesan ini tidak akan didapatkan ketika kamu mendatangi Old City 3D Trick Art Museum. Destinasi yang berlokasi di Tanjung Mas Semarang Utara ini menghadirkan pengalaman unik.

Di sini, kamu akan diajak untuk berkeliling area yang penuh dengan ilusi optik yang menipu mata. Kamu dibuat seolah-oleh seperti terbalik padahal kamu melakukan aktivitas seperti biasa. Berbagai lukisan dan karya seni yang dipajang di sana bakal membuat pengunjungnya terkesima dan senang. Termasuk anak-anak. Cocok untuk masuk ke dalam wisata daftar tempat anak di Semarang yang bisa dikunjungi saat akhir pekan, nih.

6. Puri Maerokoco

Bila masih belum bisa berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah yang ada di Jakarta, kamu bisa mendatangi Puri Maerokoco terlebih dahulu. Di wisata edukasi anak di Semarang ini, kamu akan diajak berkeliling ke puluhan anjungan yang berisi berbagai hasil kerajinan yang berasal dari banyak wilayah di Indonesia. Dengan penyajian ilmu yang menarik, anak-anak yang mudah bosan akan senang dan mendapatkan ilmu baru dengan pendekatan yang menyenangkan.

Setelah belajar, keluarga kecilmu bisa menikmati berbagai fasilitas hiburan di komplek Puri Maerokoco. Seperti taman bunga, taman burung, sepeda air, dan hutan mangrove. Aktivitas ini bakal membuat kalian senang dan terhibur, nih.

7. Taman Bunga Celosia Bandungan

Selain berinteraksi dengan hewan, anak-anak akan semangat dan antusias bila ada di lingkungan yang asri dan segar. Untuk mewujudkan hal itu, kamu bisa mendatangi Taman Bunga Celosia Bandungan saja. Di sana, kamu bisa mengabadikan momen dengan latar bunga dengan warna yang cantik. Anakmu juga bisa melihat dan memegang secara langsung bunga indah yang selama ini cuma bisa dilihat dari layar kaca dan gadget.

8. Taman Satwa Semarang

Di usia emas, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Keinginan untuk mengeksplorasi dengan alam pun semakin membuncah. Mereka pasti senang bila diajak melihat hewan dari dekat yang sebelumnya hanya bisa dilihat di TV. Untuk mendukung tumbuh kembang buah hati, kamu bisa mengajak mereka ke Taman Satwa Semarang.

Tempat wisata edukasi anak di Semarang ini lebih tepatnya berlokasi di Kaliwungu Kabupaten Kendal. Masih dekat dari Semarang dan bisa dijangkau dengan mobil pribadi, kok. Di sana, kamu bisa mengajak anak-anak untuk melihat hewan dari dekat. Kalian juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto bersama hewan yang ada di sana.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.