Info Area

Liburan Keluarga di Wisata Alam Gosari Gresik

Di bidang pariwisata, Gresik mungkin tak sepopuler kota Malang dan Batu. Tetapi, bukan berarti tidak memiliki objek wisata. Gresik juga punya banyak tempat wisata, seperti Wisata Alam Gosari Gresik.

Bagi yang punya rumah di Gresik biasa menyebut wisata ini dengan singkatan WAGOS. WAGOS sedang hits banget dan menjadi buruan bagi sebagian besar warga Gresik, terutama bagi muda-mudi yang hobi berburu foto kekinian.

Sekilas Tentang Wisata Alam Gosari Gresik

(jadesta.kemenparekraf.go.id)

Wisata Alam Gosari Gresik ini memiliki aneka spot foto yang keren-keren maka tak heran bila banyak pengunjung yang berbondong-bondong mendatanginya. Meski termasuk wisata baru, tetapi pengunjung yang datang tidaklah sedikit. 

Apalagi pada saat liburan tiba, maka pengunjung mengalami peningkatan pesat. Setidaknya ada 2.000 pengunjung yang datang kesini setiap bulannya.

Wisata Alam Gosari ini lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Gresik, yaitu berjarak sekitar 40 km. Meskipun begitu, tetap menjadi daya tarik yang besar bagi para pengunjung untuk berlibur di sana. 

Wisata Alam Gosari Gresik memiliki banyak pepohonan hijau nan rindang. Sehingga, pengunjung bisa bersantai menikmati suasana yang nyaman di sana. 

Meskipun cuaca di Gresik terkenal panas, tetapi karena kawasan wisata ini banyak pepohonan yang rindang, menjadikan suhu udaranya cukup sejuk, apalagi ketika angin berhembus sepoi-sepoi.

WAGOS dibangun diatas lahan seluas 1.500 meter persegi. Pengelolaannya diberdayakan oleh BUMDes. Mula-mula tempat wisata ini hanya memperkenalkan prasasti di dinding goa tepatnya di kecamatan Ujungpangkah.

Lokasi prasasti berada di perbukitan kapur sehingga jalan yang dilalui cukup ekstrim. Penemuan dari prasasti tersebut sudah ditemukan lebih dari satu dekade.

Guna meningkatkan pengunjung dibangunlah wahana pendukung. Diantaranya kincir angin dan taman bunga. 

Usai dibangun wahana ini mulai terlihat antusias wisatawan untuk datang kesini. Setelah itu dibangun lagi beberapa fasilitas pendukung lainnya hingga seperti sekarang.

Baca Juga :

Fasilitas WAGOS

(Kompas)

Wisata Alam Gosari Gresik menganut konsep one stop vacation sehingga sasaran pengunjungnya dari berbagai kalangan usia. Apalagi adanya situs purbakala menjadikannya wisata edukasi yang pas untuk mereka yang mendalami arkeologi.

Wisata Alam Gosari Gresik ini dilengkapi spot foto dari bahan kayu dengan konsep yang berbeda-beda, mulai dari rumah hobbit, rumah kerucut, kincir angin, dan lain sebagainya. 

Tersedia juga spot foto berupa sarang burung raksasa, sayap burung, gardu pandang, dan lain-lain. Di wisata ini juga terdapat sebuah sendang pancuran yang dipercaya dapat mengobati penyakit.

Sumber mata air ini sebenarnya sudah ada sejak masa Majapahit. Ada dua mata air disini beserta berupa prasasti Goa Bantulan yakni bertarikh 1298 Saka (1376 M).  

Ada pula situs pembakaran era Majapahit yang diprediksi oleh Tim Arkeolog Nasional dan UGM merupakan situs produksi gerabah terbesar kala itu. Pasokan gerabah di desa ini bahkan sampai ke Majapahit. 

WAGOS juga menyajikan hamparan taman bunga Cakradewi yang bunga-bunganya jarang dimiliki oleh taman lainnya. Bila ingin berkeliling di sekitar lokasinya dapat menyewa ATM, mobil mini maupun menunggang kuda.

Bagi yang suka dengan aktivitas berenang tersedia pula kolam renang anak. Untuk permainan outbound disini terdapat alun-alun dolanan. 

Di tempat ini kamu bisa menemukan ragam permainan tradisional yang unik. Ada pula jungle tracking, gelembung air raksasa serta wifi area yang bisa digunakan untuk umum.

Lokasi & Rute Wisata Alam Gosari Gresik

Sebenarnya dimana sih lokasi tepatnya WAGOS ini ? wisata ini terletak di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

Kamu bisa melihat sendiri letaknya berdasarkan pada Peta Google dibawah ini!

Rutenya sendiri dari pusat kota Gresik lumayan jauh. Sebaiknya kamu menyewa kendaraan sendiri untuk menjangkau WAGOS.

Rutenya sendiri dari kota Gresik dimulai dengan menuju ke arah barat dengan melewati jalan raya Sukomulyo. Lanjut terus hingga melewati Jembatan Sembayat. 

Kemudian berlanjut menuju ke Alun-Alun Sidayu, setelah itu ambil arah ke kiri melewati Kantor Pos Sidayu. Silahkan lurus saja melewati Jalan Raya Deandles. 

Di dekat masjid Al Azhar nanti ada Pertigaan, selanjutnya silahkan ambil arah ke kanan, lokasi wisata hanya berjarak 2 km saja dari sana.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk WAGOS

(Kompas)

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB.  Biaya tiket masuknya gratis, asyik banget kan? bila kamu berkunjung ke sana, maka hanya perlu membayar retribusi parkir saja. 

Untuk parkir motor seharga Rp 5.000, sedangkan untuk mobil seharga Rp 10.000. Selain itu wisata ini lumayan lengkap sebab tersedia pula cafe atau tempat makan bagi pengunjung yang ingin makan disini.

Di sekitar tempat wisata memiliki penginapan serta dipenuhi gazebo guna menikmati pemandangan hijau disekitarnya.

Ketika datang kesini pastikan cuaca mendukung. Sebaiknya datang di pagi hari agar tidak terlalu panas. Gunakan pakaian yang nyaman dan tipis sebab area Gresik lumayan panas.

Yuk cobain wisata Alam Gosari Gresik yang terkenal murah namun menyenangkan ini bersama keluarga, pasangan dan sahabat. Ingat pula untuk menjaga kebersihan destinasi wisata alamnya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga : Pantai Delegan Gresik, Foto, Lokasi dan Tiket Masuk


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Pexels