Info Area

12 Toko Oleh-Oleh Makassar, Lengkap dengan Harga Murah!

Makassar punya beberapa tempat wisata ikonik yang jadi daya tarik para wisatawan. Misalnya menikmati Pantai Losari atau menelusuri tempat bersejarah Fort Rotterdam. Tak hanya itu, di Makassar kamu juga bisa berkeliling mencicipi kulineran yang khas dari kota ini. Nah, setelah berlibur dari kota ini tentu kamu ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman di rumah, bukan? 

Tak usah bingung, di kota ini kamu terdapat banyak toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi. Berikut ini daftar 12 toko oleh-oleh Makassar yang lengkap dan bisa kamu kunjungi sebelum kembali ke kota asal. 

1. Baklave Makassar 

Baklave Makassar 
(wisatabaru.com) 

Toko oleh-oleh Makassar yang bisa kamu kunjungi pertama adalah Baklave Makassar. Toko ini menjual oleh-oleh khas Makassar, yaitu kue Baklave Makassar. Kue ini sebenarnya merupakan sejenis makanan ringan asal turki yang berupa pastry atau cake dengan toping kacang-kacangan dan manisan lainnya. Rasa manis dan renyahnya kue ini cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh Makassar. 

Alamat: alan Sultan Hasanuddin Nomor 31, Sawergading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar

2. Pasar Senggol 

Pasar Senggol 
(heraldmakassar.com) 

Buat kamu yang ingin membeli baju-baju di Makassar dengan harga yang terjangkau, kamu wajib banget mengunjungi Pasar Senggol. Di pasar ini, kamu bisa membeli baju mulai dari harga 20 ribu-an saja. Kamu bisa membelinya untuk oleh-oleh di rumah atau untuk kebutuhan pribadi. Pasar ini pun sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Kamu bisa mengunjunginya di malam hari saat pasar sedang ramai-ramainya.  

Alamat: Jalan Cenderawasih, Mattoangin, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90122.

3. Warung Raos 

Warung Raos 
(tripzilla.id) 

Jangan kaget mendengar Warung Raos di Makassar. Sebab, sebenarnya tempat ini merupakan warung masakan Sunda. Walau begitu, di tempat ini menjual oleh-oleh khas Makassar, yaitu Abon Raos. Abon ini memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Kamu bisa membelinya untuk oleh-oleh orang di rumah. 

Alamat: Jalan Andi Djemma No. 71, Banta-Bantaeng, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, 

4. Kopi Ujung 

Kopi Ujung 
(travelinkmagz.com) 

Buat kamu pecinta kopi, tidak afdol rasanya kalau mengunjungi Makassar tanpa membeli kopi khasnya. Kamu bisa mengunjungi Toko Kopi Ujung. Di tempat ini kamu bisa membeli Kopi Toraja khas Makassar. Kopi ini cukup terkenal karena rasanya yang kuat dan nikmat. Tentunya, selain kopi, kamu juga bisa membeli aneka makanan ringan dan souvenir lainnya di sini. 

Alamat: Jalan Somba Opu, Makassar, Sulawesi Selatan. 

5. Toko Kerajinan Unggul 

Toko Kerajinan Unggul 
(mapsus.net) 

Toko oleh-oleh Makassar selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Toko Kerajinan Unggul. Toko ini menyediakan berbagai macam kerajinan khas Makassar, mulai ari gantungan kunci, pajangan dinding, hiasan miniatur rumah Toraja, dan masih banyak lagi. Selain berbagai kerajinan tangan, kamu juga bisa membeli aneka makanan ringan, sirup, dan oleh-oleh khas Makassar lainnya. 

Alamat: Jalan Pattimura No. 8, Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 

6. Toko Aneka Sutra 

Toko Aneka Sutra 
(wikimapia.id) 

Seperti namanya, toko ini menjual aneka kain sutra. Kamu bisa membeli kain sutra dengan berbagai motif khas Makassar untuk dibuat baju, jilbab, dan lainnya. Selain membeli kain, kamu juga bisa membeli produk yang sudah siap pakai, seperti baju sutra, sarung, jilbab, dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa baju adat Bugis pun juga ada di sini. 

Alamat: Jalan Gunung Lompobattang 18, Pisang Utara, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar

7. Toko Oleh-Oleh Kota Daeng 

Toko Oleh-Oleh Kota Daeng 
(libur.co)

Masih bingung cari toko oleh-oleh di Makassar yang lengkap dengan berbagai pilihan? Ke Toko Oleh-Oleh Kota Daeng saja. Di toko ini kamu bisa membeli aneka makanan khas Makassar. Mulai dari otak-otak ikan tenggiri, kacang disco, keripik, dan masih banyak lagi. Selain makanan, kamu juga bisa membeli souvenir seperti gantungan kunci, kaos, topi, dan lainnya. Toko ini buka sejak pagi hingga pukul 11 malam. 

Alamat: Jalan Perintis Kemerdekaan KM 19 Ruko Nomor 17A, Makassar

8. Cahaya Oleh-Oleh 

Cahaya Oleh-Oleh
(merdeka.com) 

Cahaya Oleh-Oleh merupakan toko oleh-oleh Makassar yang cukup lengkap dan harganya ramah di kantong. Mulai dari aneka makanan ringan, souvenir, kaos, dan masih banyak lagi. Kalau kamu ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman, toko ini bisa jadi solusinya. Toko ini buka dari pagi hingga jam 10 malam. 

Alamat: Jalan Nusantara dan Jalan Perintis Kemerdekaan

9. Sirup DHT 

Sirup DHT 
(makassarterkini.com) 

Kalau ke Makassar, jangan lupa juga untuk membeli sirup DHT. Sirup ini merupakan sirup khas Makassar yang terbuat dari gula asli tanpa pemanis dan pewarna buatan. Sirup ini memiliki cita rasa yang manis dan cocok untuk minuman segar atau campuran es campur dan jus. Jika kamu ingin membeli sirup ini untuk oleh-oleh, kamu bisa langsung mengunjungi tokonya di Makassar. 

Alamat: Perum Citra Sudiang Estate, Blok D2/49 Suite 119 Sudiang, Sudiang Raya, Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90241.

10. Kaos Kareba 

Kaos Kareba 
(gosulsel.com) 

Toko Kaos Kareba merupakan toko yang menjual kaos khas Makassar. Seperti halnya di Bali ada Joger, Makassar juga punya Kaos Kareba. Desain-desain kaos yang ditawarkan cukup menarik dan unik, sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Selain membeli kaos khas Makassar, kamu juga bisa membeli produk makanan, kopi, atau souvenir lainnya. 

Alamat: Jalan A.P. Pettarani Nomor 102, Ballaparang, Rappocini, Makassar

11.  Makassar Oishi 

Makassar Oishi 
(gigieatcake.com) 

Toko oleh-oleh Makassar yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Makassar Oishi. Toko ini menjual makanan khas Makassar kekinian, yaitu Japanese Cheese Cake. Kue ini merupakan soft cake dengan berbagai rasa dan topping, mulai dari coklat, keju, green tea, kopi, dan masih banyak lagi. 

Alamat: Jalan Andi Djemima No. 11 A, Banta-Bantaeng, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar

12. Toko Keradjinan 

Toko Keradjinan
(makassarguide.com) 

Toko oleh-oleh Makassar yang terakhir adalah Toko Keradjinan. Toko ini menjual aneka souvenir khas Makassar. Harganya pun tidak terlalu mahal, mulai dari 30 ribuan saja. Nah, selain membeli souvenir, di toko ini juga menjual aneka makanan khas seperti kacang disco, baje kacang, nennu-nennu, dan kue tori. Toko ini buka sejak pukul 8.00 hingga 22.00. 

Alamat: Jalan Somba Opu, Makassar. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.